5 Cara Cek Imei Iphone Terbaru 2022

Cara Cek Imei Iphone – Pasti Anda sudah tahu apa itu IMEI? Atau minimal pernah melihatnya. Biasanya IMEI ini bisa dilihat pada box smartphone atau gadget ketika dibeli, tidak terkecuali Iphone atau segala produk yang dikeluarkan oleh Iphone. Namun, sebagian besar pengguna menganggap rangkaian angka tersebut tidak berarti apa-apa karena memang di kotak tersebut, nomor IMEI tidak dijelaskan secara detail. Tetapi, IMEI sangat penting untuk diketahui. Karena itu, Anda harus tahu bagaimana cara cek Imei Iphone, fungsi, dan tujuannya.

5 Cara Cek Imei Iphone Terbaru 2022

Apa Itu IMEI?

Pada dasarnya, IMEI adalah rangkaian nomor yang dimiliki oleh setiap perangkat smartphone. Setiap smartphone dari berbagai merk dan sistem operasi memiliki IMEI yang berbeda satu sama lain. IMEI memiliki kepanjangan yaitu International Mobile Equipment Identity, karena itu bisa disimpulkan IMEI adalah nomor identitas yang membantu membedakan satu smartphone dengan smartphone lainnya. Nomor tersebut biasanya terdiri dari 14 digit angka, namun terdapat tambahan 1 digit lagi menjadi 15 sebagai verifikasi dari digit sebelumnya.

Fungsi Nomor IMEI

Kehadiran nomor ini sangat penting untuk membantu pengguna dalam berbagai urusan genting. Semuanya terdapat pada fungsi dan tujuan nomor IMEI, khususnya Iphone yang kami ringkas di bawah ini;

1. Membantu Melacak Iphone Hilang

Jika Iphone Anda hilang, mungkin terjatuh di tengah jalan atau dicuri oleh orang lain dan Anda bingung bagaimana cara menemukannya kembali, maka Anda bisa menggunakan nomor IMEI. Sayangnya, fungsi ini tidak bisa dilakukan sendirian, karena harus dibantu oleh provider kartu SIM di mana mereka akan membantu memblokir smartphone dengan nomor IMEI tertentu sehingga pencuri tidak bisa menggunakannya untuk hal negatif.

2. Untuk Mengetahui Identitas Iphone

Pengecekan informasi terkait identitas atau informasi penting lainnya terkait dengan spesifikasi Iphone sebenarnya bisa dilakukan di menu settings. Tetapi untuk lebih detail lagi, Anda bisa menggunakan nomor IMEI. Caranya cukup mudah yaitu mengakses situs cek IMEI www.imei.info kemudian memasukkan IMEI Anda dan informasi yang Anda cari akan muncul di halaman tersebut.

3. Berguna Mengecek Garansi Iphone

Fungsi yang paling penting ketika Anda ingin membeli Iphone atau smartphone lain. Anda bisa mengecek apakah gadget tersebut masih baru atau bukan dengan cara mengecek garansi melalui nomor IMEI. Hal ini akan sangat membantu apabila Anda membeli smartphone baru, baik secara offline atau online agar terhindar dari tindak penipuan dan menghindari barang bekas atau refurbish.

Cara Cek IMEI Iphone dengan Mudah

Bagaimana sih cara dan langkah cek IMEI HP iPhone?

1. Melalui Kode Dial

Kode dial terkesan memiliki keterbatasan pada merk smartphone, tetapi tenang saja, selain Iphone, cara cek IMEI dengan dial ini bisa diterapkan di semua merk HP. Caranya sangat mudah, Anda harus menuju ke menu telepon kemudian menghubungi atau mengetik nomor *#06# kemudian call atau panggil. Otomatis, nomor IMEI akan muncul pada layar dan Anda bisa melihatnya.

2. Cek IMEI Iphone di SIM Card Slots

Cara yang satu ini mungkin tidak banyak diketahui orang-orang karena slot SIM Card pada umumnya sangat kecil dan tersembunyi. Tapi di Iphone, Anda bisa melihat nomor IMEI yang tercatat dengan rapi di pinggiran slot SIM Card. Biasanya akan ada dua nomor yang terpampang di sana yaitu nomor IMEI dan nomo serial. Untuk melihatnya, Anda harus membuka SIM Card.

3. Cek IMEI di Body Belakang Iphone

Cara ini hanya dikhususkan untuk beberapa tipe Iphone saja. Jika Anda menggunakan Iphone tipe 5, 5c, 5s, 6, 6+, dan beberapa variant Iphone lainnya, Anda bisa melihat nomor IMEI di belakang body Iphone itu sendiri. Tepatnya di bagian bawah logo yang disertai dengan tulisan “Designed by Apple in . . .” kemudian pada akhir kalimat tertulis nomor IMEI. Cara ini sangat mudah diterapkan, cukup balikkan Iphone Anda dan semuanya akan terlihat.

4. Cek IMEI Iphone di Menu Pengaturan (Settings)

Semua sistem operasi IOS yang diluncurkan oleh Apple rata-rata memiliki tampilan menu settings yang hampir sama, jadi cara ini bisa diterapkan di seluruh jenis Iphone. Caranya sangat mudah, cukup masuk ke menu settings yang bisa diakses melalui menu atas atau menu utama. Jika sudah berada di halalam settings, cari menu “General” yang biasanya berada di menu paling atas. Kemudian selanjutnya, klik menu “About” yang juga berada di paling atas. Di halaman About, Anda akan melihat banyak informasi penting seperti model Iphone, nomor serial, Wi-Fi, Bluetooth, dan tentunya tidak ketinggalan nomor IMEI.

5. Cek IMEI di Box Iphone

Kemudian cara yang satu ini bisa diterapkan ketika Anda sedang membeli Iphone baru dan tidak memiliki kesempatan untuk membuka unitnya. Dengan mengetahui nomor IMEI tersebut, Anda memiliki kesempatan untuk mengeceknya terlebih dahulu apakah unit Iphone yang ingin dibeli aman atau tidak tanpa harus membuka unit. Cara mengeceknya bisa melalui situs www.imei.info.

Kesimpulan : IMEI merupakan nomor identitas yang menjadi pembeda satu smartphone dengan yang lain. Dengan IMEI, Anda bisa membedakan nama unit smartphone baru dan bekas serta mengatasi smartphone hilang atau dicuri dengan mengamankan data-data penting yang ada di dalamnya.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Aplikasi Foto Bergerak 3D di Android dan Iphone

Setelah mengetahui cara cek IMEI Iphone atau smartphone lain di atas, Anda telah mengetahui nomor IMEI HP masing-masing. Jangan lupa untuk dicatat agar IMEI tidak terlupakan atau hilang karena nomor ini memiliki banyak fungsi yang baik.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin