Mengenal dan Mengetahui Perbedaan Xiaomi Mi Pad 5 dan Mi Pad 5 Pro

Perbedaan Xiaomi Mi Pad 5 dan Mi Pad 5 Pro

Mengenal dan Mengetahui Perbedaan Xiaomi Mi Pad 5 dan Mi Pad 5 Pro – Setelah mengeluarkan produk unggulan pada tahun 2018 lalu, untuk pertama kalinya Xiaomi meluncurkan sekaligus dua tablet baru pada Agustus 2021. Kedua produk baru ini yaitu Xiaomi Mi Pad 5 dan Mi Pad 5 Pro. Meskipun salah satunya diberi kata ‘pro’ yang berarti lebih unggul, keduanya tetap memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk lebih mengenal produk baru Xiaomi ini, berikut beberapa ulasan perbedaan Xiaomi Seri Mi Pad 5 dan Mi Pad 5 Pro. 

Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mi Pad 5

  1. Desain

Perbedaan Xiaomi Mi Pad 5 dan Mi Pad 5 Pro

Salah satu yang paling menonjol dari perbedaan Mi Pad 5 dan Mi Pad 5 Pro adalah desainnya. Pada Xiaomi Mi Pad 5 memiliki desain yang sederhana tanpa menambahkan apa-apa kecuali brand dan tiga opsi warna penutup belakang. Warna yang ditawarkan sendiri adalah putih, hijau, dan hitam. Meskipun sederhana, namun desainnya memberikan kesan elegan dan seperti premium.

Dengan bobot 551 gram, dimensi pada tablet ini 254,7 x166,3 x 6,9 mm. Modul kamera tampak seperti Xiaomi Mi 11 yang menjadi ciri khasnya. Material untuk rangka dan penutup belakang terbuat dari alumunium. Bentuknya datar dengan keempat sudut membulat.

  1. Perbedaan Xiaomi Mi Pad 5 dan Mi Pad 5 Pro, Audio

Perbedaan Xiaomi Mi Pad 5 dan Mi Pad 5 Pro

Speaker pada Xiaomi Mi Pad 5 sudah menggunakan konfigurasi stereo. Terdapat dua speaker yang berada di rangka atas, dua speaker lainnya ada di rangka bawah. Keempat speaker yang mumpuni ini juga sudah memiliki teknologi Dolby Atmos.

Dengan teknologi tersebut membuat suara yang ditimbulkan menjadi lantang. Elemen bass juga sangat kuat sehingga tidak perlu lagi menggunakan speaker eksternal jika ingin menonton film atau bermain game menggunakan Xiaomi Mi Pad 5 ini.

  1. Kamera

Meski memiliki dua lingkaran untuk lensa, Xiaomi Mi Pad 5 hanya memiliki satu lensa kamera saja. Sedangkan satu lingkaran lensa yang lainnya hanyalah hiasan. Resolusinya 13 MP, bukaan f/20.0 yang terbilang bagus untuk sekelas elektronik berbentuk tablet. Dengan resolusi ini, memungkinkan Anda mendapatkan hasil yang bagus ketika menjepret dokumen atau sejenisnya.

Menariknya, kamera belakang ini juga dapat merekam video dengan resolusi 4K dengan 30 fps. Resolusi ini termasuk besar sehingga akan sangat membantu pembuatan konten. Editing seperti cropping juga tidak akan membuat video pecah.

Sementara itu, kamera depan memiliki resolusi 8 MP bukaan f/2.0. Kamera depan ini tidak hanya cukup bagus untuk mengambil gambar, namun juga dapat merekam video dengan menggunakan resolusi Full HP atau 1080p dengan 30 fps.

  1. Baterai

Perbedaan Xiaomi Mi Pad 5 dan Mi Pad 5 Pro

Kapasitas pada Xiaomi Mi Pad 5 berukuran 8720 mAh yang termasuk lebih tinggi jiia dibandingkan dengan jenis produk lainnya, termasuk Pad 5 Pro. Baterai ini juga sangat awet dan dapat digunakan seharian dengan berbagai aktivitas aplikasi. Pengisiannya juga cepat, yaitu 33 W karena memang telah dibekali dengan teknologi yang bagus.

  1. Perbedaan Xiaomi Mi Pad 5 dan Mi Pad 5 Pro, Fitur Lain

Xiaomi Mi Pad 5 juga memiliki fitur-fitur lainnya yang cukup menarik. Salah satu fitur adalah dukungan stylus yang dapat digunakan untuk menulis, menggambar, maupun navigasi. Pena digital ini juga memiliki resolusi yang tinggi yaitu 240 Hz dan diklaim dapat digunakan untuk menulis hingga 8 jam lamanya. Pengisian baterai cukup sederhana, hanya tinggal menempelkannya di konektor magnetik pada pengisian daya di sisi kanan rangka ipad.

Selain itu, terdapat juga fitur lain berupa keyboard eksternal yang dapat menunjang aktivitas seperti mengetik. Bersifat wireless, namun keyboard ini juga harus ditancapkan pada konektor di sisi kiri rangka tablet. Keyboard ini juga daoat digunakan untuk case maupun penyangga. Untuk mendapat fitur-fitur ini, harus membelinya secara terpisah.

  1. Kekurangan

Perbedaan Mi Pad 5 dan Mi Pad 5 Pro juga dapat dari kekurangan yang dimiliki. Untuk Xioami pad 5 ini, kekurangan pertama terletak pada  Slot MicroSD yang tidak tersedia sehingga pengguna tidak dapat menambah ruang simpan. Memori internal sendiri sudah mencapai 128 GB yang cukup bagi pengguna yang tidak terlalu membutuhkan banyak ruang simpan.

Kekurangan selanjutnya adalah bentuknya yang ramping dan tipis sehingga tidak memungkinkan adanya jack audio. Artinya, pengguna tidak dapat mendengarkan musik dengan earphone maupun headphone. Selain itu, tidak tersedia juga slot SIM sehingga hanya dapat menggunakan varian WiFi Only. 

Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mi Pad 5 Pro

  1. Dapur Picu Bertenaga

Perbedaan Xiaomi Mi Pad 5 dan Mi Pad 5 Pro

Xiaomi Mi Pad 5 Pro sudah memiliki Snapdragon 870 untuk chipsetnya. Hal ini sangat mempengaruhi performa pada tablet menjadi lebih bagus, terutama bagi pengguna yang melakukan pekerjaan atau bermain dengan game 3D yang memiliki grafis tinggi.

  1. Varian

Terdapat 2 varian Mi Pad Proyang menjadi perbedaan Xiaomi Mi Pad 5 Serta Mi Pad 5 Pro. Tablet dengan spesifikasi ini sudah memungkinkan pengguna untuk menggunakan WiFi 6 yang sudah tentu kecepatan internet yang lebih dari sebelumnya. Xiaomi ini juga memiliki versi WiFi Only atau jaringan seluler yang mendukung perangkat dengan 5G.

  1. Perbedaan Xiaomi Mi Pad 5 dan Mi Pad 5 Pro, Baterai

Baterai pada Xiaomi Mu Pad 5 Pro memiliki kapasitas 8600 mAh sehingga dapat terlihat perbedaan Mi Pad 5 dan Mi Pad 5 Pro. Meskipun kapasitas lebih kecil, namun daya fast charging sudah sampai 67 W, dengan demikian hanya butuh waktu 49 menit saja untuk mengisi baterai dari 20% ke 100%. Hal ini cukup jarang ditemui pada tablet-tablet yang lainnya.

  1. Audio

Xiaomi Pad 5 Pro memiliki beberapa varian yang menawarkan stereo speaker dengan jumlah yang berbeda pula. Jika menggunakan model WiFi, terdapat empat buah speakaer, sementara varian 5G memberikan delapan speaker. Dirancang menggunakan setelan Dolby Atmos, suara yang dihasilkan juga sangat jelas, lantang, dan juga jernih.

  1. Kamera

Kamera utama pada Xiaomi Pad 5 Pro dengan varian 5G adalah 50 MP sementara ukuran sensor 1/2.5 inci. Sementara itu, untuk varian WiFi memiliki resolusi 13 MP bukaan f/2.4. Untuk kamera depan sendiri memiliki resolusi hingga 8 MP bukaan f/2.0, didukung dengan resolusi 1080p pada 30 FPS untuk merekam video.

  1. Fitur Lainnya

Xiaomi Mi Pad 5 Pro juga memiliki fitur lainnya berupa stylus dengan 240 Hz sehingga menghadirkan responsivitas yang tinggi. Selain itu, juga tersedia keyboard yang mempermudah pengguna jika ingin mengetik.

  1. Perbedaan Xiaomi Mi Pad 5 dan Mi Pad 5 Pro, Kekurangan

Perbedaan Xiaomi Mi Pad 5 dan Mi Pad 5 Pro

Pada Mi Pad 5 Pro tidak tersedia jack audio sehingga tidak memungkinkan untuk menancapkan earphone atau headphone. Tablet ini juga tidak memungkinkan adanya Video Output, meski begitu pengguna masih dapat menggunakan split-screen untuk memudahkan multi-tasking. Kekurangan yang terakhir adalah tidak adanya charger pada boks pembelian, sehingga mengharuskan pengguna membeli charger secara terpisah.

Membeli sebuah barang elektronik haruslah disesuaikan dengan kebutuhan, oleh karena itu perlu untuk mengetahui kelebihan maupun kekurangan dari produk tersebut. Apalagi kali ini Xiaomi mengeluarkan dua produk sekaligus, sehingga diperlukan pertimbangan. Dengan mengetahui perbedaan Mi Pad 5 dan Mi Pad 5 Pro, Anda dapat lebih mudah dalam menentukan pilihan.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi 11T Pro

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

3 × 4 =