Cara Cek Keaslian dari Smartphone Samsung

Cara Cek Keaslian Smartphone Samsung

Cara Cek Keaslian Smartphone Samsung – Ketika mendengarkan nama Samsung maka kebanyakan orang akan mengingat sebuah teknologi komunikasi yang dikenal dengan nama ponsel pintar atau smartphone. Ini karena Samsung sudah mengeluarkan banyak sekali smartphone dan menjadi salah satu brand ponsel pintar atau smartphone yang sangat populer di dunia. Kali ini kita akan membahas tentang smartphone Samsung dan bagaimana cara cek keaslian smartphone Samsung tersebut.

Apa Itu Smartphone Samsung dan Bagaimana Cara Mengecek Keaslian dari Smartphone Samsung yang Sudah Anda Beli

  1. Samsung Electronics

Cara Cek Keaslian Smartphone Samsung

Samsung Electronics adalah sebuah perusahaan elektronik yang berasal dari Negara Korea Selatan. Samsung Electronics atau dalam bahasa korea bernama Samseong Jeonja yang jika diartikan kedalam Bahasa Indonesia berarti elektronik tiga bintang, dimana nama tersebut disingkat menjadi SEC dan kemudian ditulis menjadi Samsung.

Awal mulanya perusahaan ini didirikan di Suwon, Korea Selatan pada tanggal 19 Januari 1969. Pada saat itu Samsung dikenal sebagai sebuah perusahaan yang berfokus pada perdagangan pupuk dan pemanis. Samsung juga sempat bekerja sama dengan perusahaan asal Negara Jepang, namun karena demo anti Jepang membuat Samsung memutuskan kerja sama tersebut.

Pada tahun 1970 Samsung menjual beberapa peralatan elektronik seperti kulkas, pendingin udara, televisi, mesin cuci, dan kalkulator. Setelah mengeluarkan beberapa peralatan elektronik tersebut Samsung mulai mengembangkan bisnis elektronik mereka hingga pada bulan Februari 1983 Samsung akhirnya mengumumkan bahwa mereka akan memproduksi teknologi komunikasi bertepatan dengan Deklarasi Tokyo.

Kini Samsung sudah menjadi sebuah perusahaan elektronik dengan jaringan penjualan di 74 negara yang ada di dunia. Bahkan jumlah pekerja di perusahaan Samsung Electronics sudah mencapai 290.000 orang. Tidak hanya itu mayoritas pemegang saham Samsung berasal dari investor asing atau investor dari luar Korea Selatan.

Salah satu produk Samsung yang paling populer adalah ponsel pintar atau yang sering kita kenal dengan sebutan smartphone. Ponsel pintar milik Samsung dinamai Samsung Galaxy dan sudah dijual hingga ke berbagai pelosok dunia. Bahkan sampai ada beberapa oknum yang melakukan pemalsuan produk, oleh sebab itu anda perlu tahu bagaimana cara cek keaslian smartphone Samsung anda untuk menghindari penipuan.

  1. Samsung Galaxy

Samsung Galaxy merupakan seri ponsel pintar atau smartphone milik perusahaan Samsung Electronics. Terdapat beberapa tipe atau seri dari ponsel pintar Samsung Galaxy seperti seri Galaxy S yang smartphone high end, seri Galaxy A yang merupakan smartphone terdepan, selain itu ada seri Galaxy Tab yang merupakan Tablet dari Samsung.

Ponsel pintar atau smartphone Samsung Galaxy pertama kali dirilis pada tanggal 29 Juni 2009 dengan nama Samsung I7500 Galaxy yang didukung oleh OS Android 1.5 Cupcake. Selain seri Galaxy A, seri Galaxy S dan seri Galaxy Tab, Samsung juga memiliki beberapa seri smartphone dari seri Galaxy C, seri Galaxy Core, seri Galaxy Grand, seri Galaxy E, seri Galaxy J, seri Galaxy M, seri Galaxy Z, seri Galaxy Note, seri Galaxy Mega, seri Galaxy On, dan beberapa seri khusus lainnya.

Dari sekian banyaknya seri Samsung Galaxy membuat jumlah smartphone Samsung di masyarakat sangatlah banyak. Bahkan tidak sedikit orang yang menjual smartphone bajakan atau smartphone palsu dengan logo atau brand Samsung Galaxy. Tujuannya jelas untuk mendapatkan keuntungan yang berlimpah dengan menjual barang palsu sesuai harga barang asli

  1. Cara Mengecek Keaslian Ponsel Pintar atau Smartphone Samsung

Cara Cek Keaslian Smartphone Samsung

Ada beberapa cara untuk mengetahui apakah smartphone Samsung yang hendak anda beli atau yang sedang anda gunakan adalah smartphone asli atau tidak. Cara cek keaslian smartphone Samsung yang pertama adalah dengan menggunakan LCD test. Caranya adalah dengan memasukan kode *#0*# dan tunggu beberapa saat, jika hp Samsung anda adalah asli maka akan muncul beberapa tes seperti getaran, layar sentuh, suara, kamera, dan beberapa tes lainnya.

Selain itu, anda juga bisa memasukan kode *#*#4636#*#* untuk mengetahui informasi spesifikasi hp Samsung anda. Jika hp yang anda gunakan adalah asli maka kode tersebut akan bekerja, namun jika hp anda bajakan atau palsu maka kode tersebut tidak akan bekerja.

Cara cek keaslian smartphone Samsung selanjutnya adalah dengan mengecek tipe HP Samsung yang ada di box dan yang tertera di dalam hp. Caranya dengan menekan kode *#1234#* dan lihat kode yang dikeluarkan, samakan kedua tipe tersebut dari yang ada di box dan yang ada di hp. Selain itu anda juga bisa mencocokan nomor IMEI yang ada di box dan yang ada di hp dengan memasukan kode *#06*#.

Cara berikutnya adalah dengan melakukan body cek atau pengecekan kondisi luar hp Samsung.

Umumnya material pembuatan bahan hp bajakan atau palsu memiliki bahan yang semi plastik yang licin dan ketika diketuk akan terdengar suara yang nyaring. berbeda dengan hp Samsung asli yang menggunakan bahan yang tebal dan kuat sehingga ketika diketuk suara yang dihasilkan tidak terlalu nyaring.

Selanjutnya anda bisa melakukan pengecekan layar LCD hp Samsung. Dimana untuk hp Samsung yang asli pasti menggunakan teknologi Super AMOLED yang akan membuat layar LCDnya menghasilkan gambar yang jernih dan jelas. Berbeda dengan hp Samsung bajakan atau palsu yang layar LCDnya menggunakan IPS LCD atau TFT yang akan membuat tampilan layar hp tidak terlalu jernih bahkan buram.

Selain melakukan body cek dan pengecekan LCD anda juga bisa melakukan pengecekan keaslian hp Samsung melalui kamera. Untuk cara cek keaslian smartphone Samsung melalui kamera bisa anda tes dengan melakukan zoom, bagi hp Samsung asli jelas bisa melakukan zoom beberapa kali, namun untuk hp Samsung bajakan atau palsu hanya bisa melakukan zoom sebanyak dua kali saja.

Cara mengecek keaslian hp Samsung yang terakhir adalah dengan menghubungkannya ke Samsung KIES. Perlu diketahui bahwa KIES merupakan sebuah aplikasi yang bisa mengetahui spesifikasi sebuah smartphone Samsung hanya dengan menghubungkannya menggunakan kabel data.

Untuk caranya pertama-tama anda harus mendownload aplikasi KIES di laptop atau komputer anda. Selanjutnya install aplikasi tersebut dan hubungkan laptop atau komputer anda dengan hp Samsung menggunakan kabel data. Jika hp Samsung anda adalah asli maka akan muncul data spesifikasi secara detail, namun jika tidak muncul maka anda perlu meragukan keaslian hp Samsung anda.

Itulah penjelasan mengenai Samsung Electronics dan ponsel pintar atau smartphone Samsung Galaxy beserta cara cek keaslian smartphone Samsung. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan hanya menggunakan hp Samsung dengan memasukan beberapa kode dan lihat hasilnya. Ada juga cara pengecekan dengan melakukan pengecekan beberapa fitur yang ada pada hp Samsung dan ada juga pengecekan menggunakan aplikasi KIES yang merupakan sebuah aplikasi terpercaya milik Samsung.

Baca Juga : Ketahui Perbedaan Samsung Galaxy Tab A7 Lite & Galaxy Tab A7

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

four × 4 =