Cara cek RAM laptop

Cara cek RAM laptop – Saat anda akan membeli komputer maupun laptop, hal pertama yang terlintas di benak sebagian besar orang yaitu mengenai kapasitas RAM pada laptop yang akan dibeli. Namun terkadang banyak juga yang membeli laptop atau PC karena modelnya sangat cantik atau kekinian, apalagi untuk para kaum perempuan. Namun berbeda dengan perempuan, biasanya para kaum laki-laki selalu memperhatikan software terutama kapasitas RAM dan dimensi ketika akan membeli laptop.

Mengetahui kapasitas RAM tentu saja bisa membuat anda lebih mudah menyesuaikan software atau aplikasi yang bissa dipasang pada laptop anda. Lalu, apa sebenarnya RAM itu? Dan bagaimana cara cek RAM laptop? Simak berikut ulasannya!

Sekilas Tentang RAM, Fungsi Dan Macamnya!





Cara Cek RAM Laptop

RAM atau Random Access Memory merupakan bagian dari hardware yang terdapat pada perangkat gadget seperti laptop, komputer hingga smartphone. Kapasitas RAM di setiap gadget pastinya berbeda-beda sesuai dengan fitur yang ditawarkan oleh masing-masing brand. 

Tentunya jika berbicara tentang RAM akan sangat erat kaitannya dengan peralatan yang digunakan untuk memproses dan menjalankan aplikasi, baik itu aplikasi ringan maupun aplikasi berukuran besar. Semakin besar kapasitas RAM, semakin banyak aplikasi yang bisa digunakan. Pada dasarnya, kapasitas RAM sangat mempengaruhi kecepatan pemrosesan data pada perangkat seperti laptop.

Dalam pemiilihannya biasanya akan disesuaikan dengan kebutuhan anda. Misalnya jika anda bekerja di bidang desain maupun pemograman maka anda membutuhkan laptop dengan kapasitas RAM besar.  Jika anda tidak menyeseuaikannya maka bisa terjadi penurunan kecepatan dan kinerja laptop seperti laptop anda akan mudah error karena diakibatkan oleh penggunaan RAM yang melampaui batas kinerja dan kemampuan RAM. 

Lalu, apa sebenarnya fungsi dari RAM sendiri? Nah, setelah anda melihat pengertian dari apa itu RAM seharusnya anda sudah tahu apa fungsi dari hardware satu ini. Fungsi dari RAM atau Random Access Memory yaitu mempercepat proses data yang ada dalam perangkat. Selain itu, RAM juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara dalam posisi laptop anda masih beroperasi atau hidup.

Jenis Dan Ukuran RAM 

RAM memiliki beberapa jenis dan beragam kapasitas yang pastinya berbeda-beda. Selain itu, masing-masing jenis serta ukuran juga memiliki spesifikasi performa yang berbeda juga. Setidaknya terdapat 4 jenis RAM yaitu: 

  1. RAM DDR2 
  2. RAM DDR 3 
  3. RAM DDR 4 
  4. RAM DDR 5 (Untuk generasi terbaru) 

Nah sedangkan untuk ukurannya tentu tergolong cukup beragam. Mulai dari ukuran paling kecil hingga terbesar seperti saat ini. Ukuran-ukurannya seperti 2GB, 4GB, 16GB, 32GB, 64GB dan beberapa ukuran lainnya. Anda juga bisa mengganti ukuran RAM yang anda miliki namun sebelum menggantinya tentu saja anda perlu mengetahui jenis serta batas ukuran yang bisa digunakan. Hal ini dikarenakan tidak semua laptop bisa menggunakan ukuran RAM yang besar.

Lalu, Bagaimana Cara Cek RAM Laptop? Simak Ulasannya Berikut Ini!

Setelah anda mengetahui apa itu RAM serta fungsinya tentu saja anda juga mulai penasaran mengenai bagaimana cara cek RAM laptop. Banyak sekali yang belum mengetahui bagaimana cara cek RAM laptop yang benar padahal sebenarnya hal ini menjadi bagian yang sangat mudah. 

Nah, berikut cara cek RAM laptop paling mudah serta cepat yang sebaiknya diketahui: 

  1. Cara Cek RAM Dari Dxdiag Tools 

Cara cek RAM Laptop pertama yaitu melalui Dxdiag Tools. DirectX Diagnostic Tools atau yang diketahui sebagai Dxdiag Tools adalah metode yang paling banyak digunakan untuk memeriksa jumlah RAM yang tersedia pada laptop anda. Caranya juga tentu saja sangatlah mudah, berikut langkahnya: 

  • Tekan windows + R di keyboard anda. 
  • Setelah itu jendela Run ajkan muncul, kemudian ketik “Dxdiag” lalu klik ok. 
  • Kemudian arahkan menuju DirectX Diagnostic Tools.
  • Nah kemudian dijendela itu anda bisa tahu jumlah RAM yang terpasang pada laptop atau komputer anda. 

2. Cara Cek RAM Laptop Melalui Control Panel.

Selanutnya cara merupakan salah satu cara yang mudah dilakukan. Anda hanya perlu masuk ke Control Panel – System and Security – Sistem. 

Atau alternatifnya anda hanya menekan tombol Windows + Pause Break di keyboard anda. Kemudian jendela baru akan muncul, nah disanalah anda akan mengetahui langsung kapasitas RAM yang ada pada laptop. 

3. Cara Cek Ram Laptop melalui Aplikasi Speccy 

Jika anda ingin mengecek RAM lebih mudah lagi, anda bisa menggunakan Speccy. Speccy adalah aplikasi yang bisa digunakan untuk mengetahui komponen-komponen apa saja yang terpasang didalam komputer anda, baik itu perangkat keras atau hardware atau Sistem Operasi (OS) yang anda pakai. 

Anda juga bisa melihat berapa kapasitas RAM pada laptop anda dimana caranya sangat mudah, ketika anda sudah instal aplikasi tersebut anda hanya cukup double click pada aplikasi. Secara otomatis anda bisa langsung mengetahui komponen apa saja yang ada didalam perangkat anda termasuk salah satunya kapasitas RAM laptop yang ada didalamnya. 

4. Cara Cek RAM Laptop dari Stiker 

Cara cek RAM laptop selanjutnya bisa dengan menggunakan stiker. Cara yang satu ini juga sangat mudah, namun tidak semua laptop memiliki stiker ini. Biasanya, stiker tersebut hanya akan terpasang pada laptop bekas yang sudah dijual karena tidak adanya kelengkapan dus.

Anda bisa mengecek informasinya pada stiker yang akan anda beli di toko melalui stiker. Umumnya stiker tersebut akan berisi tentang spesifikasi seperti kapasitas RAM. 

5. Melihatnya Dari RAM Laptop Rusak 

Terakhir, anda bisa mengetahui kapasitas RAM dari laptop rusak. Mengapa laptop rusak? Karena anda bisa membongkarnya untuk melihat kapasitas RAM. Ya, anda bisa mengeceknya sendiri pada bagian dalam laptop. Bukalah casing laptop lalu lihat spesifikasi RAM secara fisik. Biasanya akan terdapat informasi kapsitas dan juga jenisnya. Namun cara ini hanya direkomendasikan untuk laptop rusak atau tidak bisa diperbaiki. 

Nah itulah lima cara cek RAM laptop yang sebaiknya anda ketahui apalagi pada saat akan membeli perangkat tersebut. Seperti telah disebutkan diatas bahwa mengetahui kapasitas RAM menjadi bagian yang sangat penting karena RAM ini berperan penting dalam membantu kinerja proses perangkat dalam pengolahan data. Jadi semakin besar kapasitasnya maka akan semakin cepat prosesnya begitupun sebaliknya. 

Sebelum anda membeli laptop pastikan anda mengetahui hal-hal diatas terutama fungsi RAM, jenis dan cara cek RAM laptop. Hal tersebut tentu sangat penting agar laptop yang anda beli sesuai dengan kebutuhan. Anda bisa bertanya kepada sales-nya mengenai hal-hal tersebut. Namun, sebelumya anda juga perlu mencari tahu terlebih dahulu di internet agar anda lebih puas ketika memilih laptop atau PC yang dibutuhkan. Di masa pandemi sekarang ini, laptop menjadi salah satu barang yang sangat dibutuhkan apalagi jika anda harus terpaksa kuliah online atau kerja di rumah. Semoga bermanfaat!

Baca Juga : 5 Aplikasi Perekam Layar PC.

 

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *