17 Cara Daftar Bantuan UMKM Online Terbaru 2022

Cara Daftar Bantuan UMKM atau Usaha Mikro Kecil dan Menengah Online Terbaru 2022 – Banyak cara yang dilakukan pemerintah untuk mendorong perkembangan  sektor UMKM saat ini. Salah satunya berisi informasi cara mendaftar bantuan online UMKM. Dukungan bagi UKM Indonesia untuk menerima bantuan tunai langsung.

Saat ini para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah dapat mendaftarkan usahanya secara online di link oss.go.id untuk mendapatkan bantuan langsung tunai (BLT) sebesar Rp 600.000. Proses pendaftaran UMKM BLT  2022 kini melalui sistem Online Single Submission (OSS) yang dapat diakses melalui tautan resmi oss.go.id.

 

Sistem OSS dan link oss.go.id akan sangat memudahkan kamu untuk mendaftar UMKM BLT 2022, bahkan dari rumah dengan ponsel Kamu  sekalipunCara Daftar Bantuan UMKM atau Usaha Mikro Kecil dan Menengah Online Terbaru 2022

Apakah Itu Bantuan UMKM?

Seperti namanya, dukungan online untuk usaha kecil menengah adalah dukungan yang diberikan langsung oleh pemerintah kepada para pelaku usaha. Tujuannya untuk meningkatkan aktivitas UMKM yang ada di Indonesia. Apalagi, sejak pandemik terjadi dimana-mana, bantuan yang satu ini semakin marak digencarkan.

Pasalnya, para pelaku usaha UMKM  Indonesia menjadi salah satu  korban terdampak paling parah selama wabah Covid-19. Dengan bantuan BLT, pemerintah dapat membantu Kamu  menjalankan bisnis Kamu  dengan cara yang membuat semuanya berjalan lancar.

Pemerintah dilaporkan telah memberikan bantuan sekitar Rs 2,4 triliun tahun lalu. Sementara itu, pada tahun ini, pemerintah memberikan bantuan kepada pelaku usaha UMKM sebesar Rp 1,2 juta dalam satu kali pembayaran.

Apabila usaha kecil ingin mendapatkan bantuan ini, maka usaha kecil harus mendaftar sebagai prasyarat jika ingin mendapatkannya. Pendaftarannya pun tidaklah sulit untuk dilakukan.

Syarat Umum Daftar Bantuan UMKM

  1. Warga Negara Indonesia (WNI), diverifikasi dengan KTP
  2. BPUM Pemohon memiliki usaha mikro yang dibuktikan dengan Usulan dari Calon Penerima BPUM dan lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan;
  3. Memiliki nomor induk usaha (NIB) atau surat keterangan usaha (SKU)
  4. Non ASN, anggota TNI/Polri dan pegawai BUMN atau BUMD
  5. Saat ini kamu tidak sedang menerima Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Cara Daftar Bantuan UMKM Online

Secara umum, ada dua cara yang dapat dilakukan untuk mendaftar ke Dukungan Pemerintah UMKM. Baik secara Online ataupun offline, semuanya bisa kamu lakukan. Apabila kamu memilih jalur online, ada beberapa syarat dokumen yang harus kamu penuhi yang berbeda jika kamu ingin melakukan daftar secara offline dan kemudian kamu serahkan langsung ke Dinas Koperasi atau  UMKM setempat.

Beberapa dokumen yang harus dilengkapi selama melakukan pendaftaran secara online diantaranya:

  • Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang bisa kamu ambil dari KTP sebagai bukti bahwa kamu benar-benar WNI atau warga negara Indonesia.
  • Memiliki surat kepemilikan usaha mikro.
  • Tidak sedang bekerja sebagai PNS, BUMN, BUMD
  • Tidak sedang menerima pinjaman lagi dari bank/KUR
  • Lampirkan SKU jika lokasi bisnis dan ID berbeda
  • Mengisi formulir Nomor Kartu Keluarga (KK)
  • Silakan juga masukkan nama lengkap Kamu dan informasi lainnya

Setelah Kamu melengkapi persyaratan tersebut, ikuti petunjuk pendaftaran UMKM BLT  2022 secara online di tautan oss.go.id sebagai berikut:

  1. Masuk ke situs https://oss.go.id/ dengan akun yang ada.
  2. Jika kamu tidak memiliki akun, silahkan daftar terlebih dahulu.
  3. Masukkan nomor ponsel Kamu , email atau nama pengguna dan kata sandi, dan kode captcha yang diperlukan, lalu klik Masuk.
  4. Kemudian klik menu Business License dan klik Personal.
  5. Pilih pendaftaran sesuai dengan sifat bisnis Kamu
  6. Lengkapi formulir data profil dan klik Simpan dan Lanjutkan.
  7. Pilih menu Tambah Bisnis, isi formulir dan simpan untuk melanjutkan.
  8. Usaha kecil mengajukan izin lokasi dan izin lingkungan di bagian Komitmen Infrastruktur Perusahaan dari formulir dan klik Berikutnya.
  9. Selanjutnya Kamu akan melihat ringkasan data yang dimasukkan
  10. Terakhir, centang “Pernyataan Diri” di kolom pencarian dan klik prosedur “NIB”

Cara Mengecek Bantuan UMKM di Bank BRI

Setelah memahami cara mendaftarkan perusahaan Kamu  untuk dukungan BLT UMKM. Kamu  juga akan mempelajari cara memeriksa apakah bantuan sedang dicatat di sini. Ada dua cara untuk memverifikasi, yang pertama adalah Bank BNI dan yang kedua adalah Bank BRI.

  • Untuk BNI, buka link https://banpresbpum.id
  • Kemudian masukkan nomor identifikasi nasional Kamu
  • Kemudian klik Cari.
  • Pemberitahuan ditampilkan terlepas dari apakah Kamu terdaftar sebagai penerima
  • Untuk Bank BRI, buka link https://eform.bri.co.id/bpum
  • Silakan juga masukkan nomor identifikasi nasional Kamu
  • Kemudian masukkan juga kode verifikasi
  • Kemudian klik Edit Permintaan.
  • Proses pemeriksaan bantuan selesai

Jenis-Jenis UMKM yang Dapat Bantuan

Secara umum, bentuk usaha UMKM ini sangat banyak dan umum di beberapa daerah di Indonesia. Namun, ada berbagai bentuk UMKM yang didukung  penuh oleh  pemerintah. Berikut  jenis perusahaan yang  didukung penuh oleh pemerintah dalam skala besar. ️

1. Model Bisnis UMKM Kuliner

Salah satu jenis usaha UMKM yang  saat ini sedang berkembang didukung penuh oleh pemerintah. Kamu  mungkin sudah tahu itu, mengingat toko ini selalu ada di setiap sudut jalan.

Dulu, begitu banyak jajanan  bahkan sajian kuliner yang menawarkan tarif berat, tapi itu menjadi semakin umum dan datang pada tahun 2021. Selain itu, variasi hidangan menjadi semakin  unik dan menarik. Mungkin juga ada jenis makanan  ala asing. ️

2. UKM di Sektor Pertanian

Jenis UKM binaan pemerintah selanjutnya adalah sektor pertanian. Tentu saja bisnis ini sangat penting dalam kebutuhan sehari-hari, sehingga hal ini didukung. Selain itu, perusahaan yang bergerak di bidang pertanian  membutuhkan modal berupa sebidang tanah yang cukup luas.

Seperti untuk menanam padi dan tanaman penting lainnya. Oleh karena itu, negara selalu mendukung usaha UMKM pertanian yang satu ini agar para pengusaha selalu dapat menjalankan usahanya dengan lancar dan tanpa hambatan. Dukungan diberikan dalam bentuk BLT. ️

3. Bisnis Busana

Jenis perusahaan yang terakhir adalah perusahaan yang bergerak di bidang industri fashion. Seiring dengan agribisnis, bisnis yang satu ini semakin populer dan  diminati oleh para pelaku ekonomi setiap tahunnya.

Hal itu karena didorong oleh hadirnya masyarakat yang semakin menyukai model-model trend fashion masa kini/modern. Tren fashion dan fashion yang selalu berubah memaksa banyak pelaku usaha UMKM  untuk memulai/memulai usahanya di bidang fashion. Tentu saja, Kamu  bisa berharap dapat menarik banyak pelanggan karena pesona bisnis yang Kamu  jalankan.

Manfaat Penggunaan Bantuan UMKM Online

Mengingat  maraknya  bantuan pemerintah dalam bentuk BLT (Bantuan Langsung Tunai), maka banyak pelaku usaha UMKM yang mendaftar untuk menerima bantuan ini. Tentu saja, manfaat menggunakan bantuan ini sangat besar.

Salah satunya dapat mendorong perkembangan UKM Indonesia. Apalagi sejak pandemi COVID-19, banyak pebisnis yang mengeluhkan tokonya tutup atau tidak seramai dulu. Banyak dari mereka menderita kerugian bisnis karena ini.

Dari sini, dukungan BLT menawarkan manfaat yang signifikan dengan mendaftar sebagai penerima dukungan UMKM online. Tentu kami akan menerima BLT dari  pemerintah. Tahun ini, masing-masing pelaku ekonomi akan diberi kesempatan untuk mendukung penyaluran sekitar Rp 1,2 miliar.

Demikian penjelasan rinci tentang topik diskusi informasi pendaftaran bantuan online UMKM, beserta pembahasan implikasi manfaatnya. Jika Kamu ingin  bantuan dengan BLT, kenali dulu istilahnya agar daftarnya lancar.

Baca Juga: 20 Cara Cek Dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) 2022 Terbaru

Jika syarat-syarat daftar sudah terpenuhi maka gampang kok untuk ada mendapatkan bantuan UMKM tersebut.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin