Begini Cara Daftar Kartu Indosat dan Penyebab Registrasi Indosat Gagal

Cara Daftar Kartu Indosat

Begini Cara Daftar Kartu Indosat dan Penyebab Registrasi Indosat Gagal – Pemerintah menetapkan peraturan tentang kewajiban untuk melakukan registrasi terhadap kartu provider termasuk Indosat. Hal ini diberlakukan sejak 2017 dengan cara mendaftarkan NIK serta nomor Kartu Keluarga. Menilik dari situasi inilah akhirnya banyak orang mencari cara daftar kartu Indosat untuk mengaktifkan nomor Indosat yang digunakan.

Cara untuk melakukan registrasi ini sebenarnya juga bisa dilakukan dengan mudah serta dapat dilakukan sendiri. Lalu, bagaimana cara untuk mendaftarkan kartu Indosat dengan mudah? Simak ulasan berikut ini:

Kenapa Harus Registrasi Kartu?

Bagi pengguna kartu prabayar seperti halnya Indosat melakukan pendaftaran identitas menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Apabila sebagai pengguna Indosat, tidak melakukan pendaftaran maka, secara otomatis kartu tidak akan bisa digunakan.

Melakukan registrasi kartu perdana mulai diwajibkan pada 2017 lalu. Aturan ini pun sebenarnya merupakan bentuk penyempurnaan dari aturan yang sebelumnya telah dibuat pada 2005. Pendaftaran ini dilakukan dengan menggunakan NIK serta Kartu Keluarga.

Nantinya pengguna diharuskan mencantumkan NIK dan juga nomor Kartu Keluarga sebagai identitas untuk melakukan registrasi kartu. Peraturan ini diberlakukan untuk semua pengguna kartu provider termasuk juga Indosat. Tentunya hal inilah yang akhirnya sempat membuat banyak orang mencari cara daftar kartu Indosat supaya nomor dapat digunakan kembali.

Pendaftaran ini sendiri bisa dilakukan dengan mudah oleh setiap pengguna kartu prabayar termasuk juga Indosat. Setiap provider biasanya akan menyediakan format khusus untuk melakukan pendaftaran. Begitu juga Indosat yang mengharuskan menggunakan mengirimkan pendaftaran ke nomor 4444 supaya registrasi dapat dilakukan.

Pemberlakuan registrasi ini sendiri dilakukan dengan tujuan untuk menjaga keamanan identitas dari pemilik kartu. Hal ini dilakukan juga untuk mengurangi tindak kejahatan dalam hal penipuan serta penyalahgunaan identitas yang marak waktu itu.

Registrasi kartu ini juga dimaksudkan supaya identitas dari setiap pengguna sistem operator seluler dapat terhubung secara langsung dengan data kependudukan nasional. Peraturan ini sendiri diberlakukan dan tercantum dalam Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika nomor 14 tahun 2017.

Lalu Bagaimana Cara Mendaftarkan Kartu Indosat?

Menilik dari alasan diatas lah akhirnya cara daftar kartu Indosat menjadi satu hal yang banyak dicari. Nah, lalu bagaimana cara mendaftarkan kartu Indosat? Berikut ini adalah cara yang bisa dilakukan untuk melakukan registrasi  Indosat:

1. Persiapkan Dokumen Penyerta

Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum melakukan pendaftaran kartu Indosat adalah terlebih dahulu mempersiapkan dokumen yang akan digunakan. NIK serta Kartu Keluarga dalam hal ini adalah dokumen yang akan digunakan. Pastikan bahwa KTP serta Kartu Keluarga yang akan digunakan merupakan dokumen yang aktif.

2. Cara Daftar Kartu Indosat, Registrasi secara Online

Cara Daftar Kartu Indosat

Cara daftar kartu Indosat yang pertama bisa dilakukan secara online menggunakan website remi dari IM3 Ooredoo. Nantinya pengguna hanya perlu menuju menu registrasi untuk selanjutnya mengisikan NIK dan nomor Kartu Keluarga. Pastikan bahwa kartu identitas yang akan digunakan merupakan kartu identitas yang aktif.

Langkah berikutnya silahkan konfirmasi proses registrasi. Namun, sebelum itu periksa terlebih dahulu data yang telah dimasukkan. Pastikan penulisan setiap nomor identitas yang dimasukkan sudah benar supaya registrasi bisa diterima. Tunggu beberapa saat hingga pihak IM3 menyetujui pendaftaran kartu yang telah dilakukan. Apabila registrasi telah disetujui maka, kartu Indosat bisa digunakan.

3. Cara Daftar Kartu Indosat, Registrasi Melalui SMS

Melakukan registrasi melalui SMS adalah cara berikutnya yang bisa dilakukan. Langkah ini merupakan merupakan cara mudah untuk melakukan registrasi. Registrasi melalui SMS ini juga bisa dibilang merupakan cara yang pertama kali diperkenalkan untuk melakukan registrasi kartu.

Pengguna hanya perlu menyiapkan Kartu Keluarga dan handphone untuk cara yang satu ini. Langkah berikutnya silahkan masukkan urutan SMS yang akan dilakukan. Silakan ketikkan nomor NIK# Nomor Kartu Keluarga dan selanjutnya kirimkan pada nomor 4444. Tunggu hingga beberapa saat sampai SMS mendapatkan konfirmasi dari IM3.

4. Cara Daftar Kartu Indosat, Registrasi di Gerai Indosat

Cara Daftar Kartu Indosat

Gerai Indosat juga bisa dijadikan solusi untuk melakukan pendaftaran kartu Indosat. Pengguna Indosat bisa langsung mendatangi Gerai Indosat terdekat bila mengalami kesulitan saat melakukan registrasi mandiri. Persiapkan terlebih dahulu KTP dan juga Kartu Keluarga saat akan mendatangi Gerai Indosat.

Pastikan bahwa kartu identitas yang akan digunakan merupakan kartu identitas yang masih aktif. Silahkan menuju customer service supaya registrasi bisa segera dilakukan. Nantinya customer service akan membantu registrasi kartu Indosat hingga kartu dapat kembali digunakan.

Alasan Kenapa Registrasi Indosat Gagal

Kegagalan dalam pendaftaran kartu Indosat bisa saja menjadi kendala saat melakukan pendaftaran. Hal ini biasanya disebabkan karena beberapa faktor yang tidak valid saat melakukan pendaftaran. Nah, kalau apa saja yang menyebabkan pendaftaran gagal? Simak ulasan berikut ini:

1. Kartu Identitas Tidak Valid

Penyebab pertama yang seringkali menjadi penyebab gagalnya kartu Indosat terdaftar adalah data yang tidak valid. Hal ini seringkali terjadi karena nomor dari Kartu Keluarga yang digunakan belum aktif atau mungkin belum terdaftar di DUKCAPIL.

Apabila memang penyebab utama karena hal ini maka, pengguna kartu Indosat harus terlebih dahulu melakukan pengurusan Kartu Keluarga ke DUKCAPIL supaya pendaftaran bisa dilakukan.

2. Salah Format

Hal lain yang bisa menjadi penyebab gagalnya registrasi adalah cara daftar kartu Indosat yang salah. Indosat sendiri memiliki format yang telah ditentukan untuk melakukan pendaftaran. Hal inilah yang kemudian harus diperhatikan pengguna Indosat saat melakukan pendaftaran melalui SMS.

Mencari tahu terlebih dahulu tentang format yang ditetapkan Indosat untuk melakukan pendaftaran adalah hal yang perlu dilakukan pertama kali. Pastikan bahwa format telah benar dan sesuai dengan aturan yang ditetapkan Indosat. Langkah berikutnya silahkan ketikkan nomor identitas dengan benar dan kirimkan ke 4444.

3. Nomor Salah Catat

Permasalahan lain yang menjadi penyebab gagalnya proses pendaftaran adalah kesalahan dalam pencatatan nomor NIK atau pun Kartu Keluarga saat melakukan pendaftaran. Penulisan yang salah saat memasukkan data sudah pasti akan menyebabkan identitas tidak diterima.

Apabila hal ini terjadi maka, pengguna harus kembali melakukan pendaftaran kartu Indosat supaya bisa segera aktif. Pastikan bahwa setiap nomor yang dicatatkan sudah benar supaya tidak kembali terjadi kesalahan.

4. Terjadi Masalah Jaringan

Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa cara daftar kartu Indosat bisa dilakukan melalui SMS atau bahkan online. Menilik dari hal ini tentunya jaringan menjadi faktor utama yang penting untuk melakukan pendaftaran. Tentunya apabila pada saat melakukan pendaftaran, jaringan tengah mengalami masalah maka, otomatis pendaftaran tidak dapat dilakukan.

Menunggu jaringan kembali pada performa yang baik selanjutnya adalah hal yang perlu dilakukan. Apabila jaringan sudah bisa digunakan maka, silahkan kembali lakukan pendaftaran kartu Indosat. Pastikan bahwa pencatatan nomor saat melakukan pendaftaran sudah benar. Jangan lupa untuk memastikan juga format serta nomor tujuan Indosat supaya registrasi dapat terkirim.

Nah, itulah tadi cara daftar kartu Indosat dengan mudah. Pastikan bahwa setiap melakukan pendaftaran kartu Indosat, nomor identitas yang digunakan masih aktif dan tidak melakukan kesalahan pencatatan. Memastikan bahwa nomor tujuan serta format pendaftaran yang tepat juga menjadi poin penting yang harus dilakukan supaya registrasi bisa dilakukan dan kartu dapat digunakan.

Baca Juga : Mengenal Jenis Kuota Gratis Indosat dan Cara Memperolehnya

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

twenty + nine =