7 Langkah Cepat Cara Daftar GoFood Terbaru 2022

Cara Daftar Go Food

Langkah Cepat Cara Daftar GoFood – GoFood adalah salah satu layanan yang bisa Anda temui di dalam Gojek aplikasi. Menu GoFood tersebut adalah layanan yang biasa digunakan untuk memesan minuman atau makanan secara online. Tentunya kemudahan layanan tersebut menjadikan banyak yang menggunakan. Nah bagi Anda pemilik resto ada baiknya mengetahui bagaimana cara daftar GoFood untuk mengembangkan bisnis Anda.

Perkembangan inilah yang membuat semua kalangan harus mengikuti zaman, sebab jika tidak, maka akan kalah dan tertinggal. Kini meski hanya mengandalkan pesanan online saja, omset suatu bisnis kuliner tidak main-main. Bahkan hanya bermodal ghost kitchen saja, keuntungannya melebihi resti besar dan ternama.

Syarat Mendaftar Gerai Di GoFood

Sebelum Anda mengetahui cara daftar GoFood, Anda harus tahu terlebih dahulu bagaimana dan syarat apa saja agar bisa mendaftar pada layanan GoFood. Mendaftarkan gerai makanan atau minuman di layanan Go Food, Anda harus memenuhi syarat terlebih dahulu.

Supaya dengan begitu akan mudah mendaftarkan gerai tersebut. Sebelumnya Anda harus mendaftar dengan tipe usaha yang sesuai. Syaratnya adalah seperti di bawah ini.

1. Jenis Usaha Milik Pribadi

Untuk usaha milik pribadi ini adalah jenis usaha yang kepemilikannya adalah milik perorangan. Pastikan bahwa usaha tersebut sebelumnya belum pernah didaftarkan di GoBiz. Untuk syarat mendaftar jenis usaha ini adalah sebagai berikut.

1) Untuk usaha nya merupakan outlet yang aktif, tentunya yang menjual minuman ataupun makanan. Misalnya saja kedai, cafe, home industri, restoran atau yang lainnya.

2) Memiliki email yang aktif dan juga menyertakan nomor handphone dari pemilik usaha tersebut.

3) Memiliki alamat lengkap tentunya yang dilengkapi dengan nomor telepon dari outlet tersebut.

4) Menyertakan KTP dari pemilik usaha tersebut.

5) Memiliki dan disertakan nomor rekening dari pemilik usaha. Hal ini untuk wadah pencairan dana ketika ada pembeli yang melakukan transaksi digital untuk pembayarannya.

6) Memiliki NPWP, hal ini berlaku untuk usaha yang memiliki PB1 yaitu sudah bertarif pajak untuk restoran tersebut.

7) Memiliki dokumen-dokumen pendukung. Dokumen tersebut diantaranya adalah buku tabungan dan e-banking. Apabila pemilik rekening dengan pemilik usaha adalah orang yang berbeda, maka harus menyertakan rekening koran.

2. Jenis Usaha Milik Perusahaan

Untuk jenis usaha yang milik perusahaan, merupakan usaha yang bukan milik perorangan. Sifat dari usaha ibindalah telah berbadan hukum. Untuk usaha jenis ini maka masuk dalam kategori jenis Mitra usaha GoFood Perusahaan. Untuk syarat mendaftar jenis perusahaan ini adalah sebagai berikut.

1) Usaha tersebut berbentuk outlet aktif yang tentunya menjual baik makanan maupun minuman. Misalnya seperti cafe, kedai, resto, home industry dan lain sebagianya.

2) Memiliki email aktif dan juga nomor handphone dari wakil atau direktur yang telah ditunjuk perusahaan.

3) Memiliki alamat yang lengkap dan outlet tersebut memiliki nomor telepon

4) Direktur dari perusahaan tersebut memiliki KTP atau ialah Warga Negara Indonesia. Sedangkan jika orang luar negeri atau Warga Negara Asing maka harus memiliki PASPOR.

5) Membuat surat kuasa yang sudah ditandatangani direkturnya. Jika pendaftaran dilakukan oleh wakilnya, maka harus menyertakan KTP atau PASPOR dari wakil yang sudah ditunjuk.

6) Memiliki dokumen yang berhubungan dengan izin usaha.Baik itu NIB atau SIUP atau TDUP atau TDY.

7) Dokumen harus sesuai dengan akta pendirian tahun 2007 ataupun berdasar perubahan terbarunya.

8) Memiliki nomor rekening sebagai sarana untuk pencairan dana jika melakukan transaksi secara digital.

9) Perusahan tersebut harus memiliki NPWP untuk kepentingan pembayaran pajak sesuai dengan peraturan

10) Memiliki dokumen-dokumen pendukung. Misalnya saja buku tabungan dan e-banking. Apabila nama dari pemilik rekening berbeda dengan nama dari perusahaan maka harus menyertakan rekening koran.

Cara Daftar GoFood Untuk Para Pebisnis Kuliner

Apabila sudah mengetahui tentang syarat-syarat mendaftar Go Food, segera siapkan untuk mendaftar. Berikut adalah cara daftar GoFood dengan gampang.

  • Cara daftar GoFood pertama adalah unduh terlebih dahulu aplikasi “Go Biz”. Masuk ke Play Store untuk mengunduh aplikasi tersebut, kemudian pilih option “Daftar GoBiz”.
  • Langkah daftar GoFood selanjutnya adalah mendaftar dengan memilih usaha sesuai dengan tipe usaha yang sudah diterangkan di atas tadi. Apakah usaha jenis perseorangan atau jenis usaha yang milik perusahaan.
  • Isilah data-data yang dibutuhkan. Data tersebut adalah data-data dari penyiku atau data penggunanya. Jika perorangan berarti adalah datanya, sedangkan jika merupakan milik perusahaan berarti data dari direktur ataupun wakilnya. Apabila semua datanya sudah sesuai, maka pilih menu “Kirim data pengguna/pemilik”.
  • Cara daftar Go Food berlanjut dengan mengisi email dan juga nomor handphone pada kolom yang harus diisi. Hal tersebut berguna sebagai alat menerima pesan terkait perihal pendaftar yang dilakukan. Selain itu juga sebagai alat untuk masuk ke GoBiz.
  • Selain itu juga digunakan untuk menerima laporan baik pendapatan dan juga validasi terkait perubahan-perubahan yang mungkin terjadi. Misalnya saja perubahan data dari rekening, data diri ataupun data yang lainnya.
  • Cara daftar GoFood selanjutnya adalah memasukkan kode OTP. Untuk kode OTP ini akan dikirimkan via SMS melalui nomor handphone yag sebelumnya sudah didaftarkan. Jika sudah mwmasukkan kode OTPnya baru klik “Konfirmasi”.
  • Selanjutnya langkah anda adalah melengkapi data-data dari usaha tersebut. Lengkapilah sesuai dengan tipe usaha yang sudah Anda pilih sebelumnya.
  • Apabila data tersebut sudah dilengkapi, cara daftar Go Food selanjutnya ceklis (centang) pada kolom bertuliskan “Pelajari Syarat dan Ketentuan”. Selanjutnya lanjutkan dengan mengklik “Verifikasi Data Usaha Saya”. Kemudian pilih option “Kirim”.
  • Data-data yang sudah Anda kirim tadi akan diverifikasi pihak GoFood kurang lebih sekitar 48 jam.
  • Jika proses verifikasi sudah berhasil, selanjutnya adalah melakukan aktivasi dari layanan GoFood Anda. Lengkapi data-data seperti profil dari restoran, daftar menu,dan juga jam operasional dari outlet tersebut.
  • Anda harus melakukan checking berkala pada email atau pada aplikasi GoBiz. Hal agar dapat mengetahui langkah-langkah apa saja yang selanjutnya harus dilakukan. Untuk biaya pendaftaran GoFood ini gratis alias free, jadi tidak dipungut biaya.

Saat ini, GoFood memberlakukan biaya layanan terhadap segala transaksi. Untuk daerah Jabodetabek akan dikenakan biaya tambahan sebesar 20 persen kemudian akan ditambahkan Rp 1.000 rupiah untuk tiap transaksi. Sedangkan untuk daerah diluar Jabodetabek maka akan dikenakan biaya 20 persen dan ditambah Rp 800 rupiah.

Seputar GoBiz

Sudah diterangkan di atas tadi, bahwasanya GoFood ini merupakan layanan yang terdapat di dalam aplikasi Gojek. Yang mana layanan tersebut digunakan untuk mencari atau pun memesan makanan secara online.

Nah sedangkan untuk GoBiz itu sendiri adalah aplikasi yang merupakan partner dari Go Food. Yang mana GoBiz digunakan untuk mengatur operasional dari restoran atau tempat makan yang ada di dalam GoFood.

Dengan demikian jika ada pesanan dari customers, maka otomatis akan masuk ke aplikasi Gojek. Nantinya driver dari Gojeklah yang memiliki peran untuk mengambil dan mengantarkan pesanan tersebut.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur status buka dan tutup restoran. Dengan demikian pemilik dari usaha yang bekerjasama dengan GoFood akan lebih fleksibel dalam mengatur jam buka tutup restoran.

Selain itu ada juga fitur ketersediaan menu. Dengan demikian pemilik usaha juga lebih gampang untuk mengatur menu apa saja yang ada ataupun menu yang stoknya sudah habis.

Lengkapnya fitur yang ada di GoFood membuat ada yang memiliki usaha terutama kuliner pasti berlomba lomba ingin mendaftar. Pelajari dan ikuti langkah-langkah di atas jika anda ingin mengetahui cara daftar GoFood dengan mudah. Disisi lain selain banyaknya Gojek dengan anda menggunakan fitur tersebut maka usaha anda makin laris.

Baca Juga: 5 Cara Top Up GoPay Lewat BTN Mobile, Bagaimanakah Itu?

Demikianlah cara daftar GoFood, bagi Anda pemilik usaha kuliner yang belum bergabung dengan mitra dari Go Food segera daftar ya. Selain merupakan promosi marketing bagi usaha, tentunya akan menambah customer juga. Jadi bukan hanya dari offline saja namun juga dari kalangan customers online.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin

Leave a Reply

Your email address will not be published.

16 − 9 =