Wajib Tahu Cara Hapus Cache di iPhone Tanpa Ribet

Cara Hapus Cache di iPhone

Wajib Tahu Cara Hapus Cache di iPhone Tanpa Ribet – Bagi pengguna android yang mulai beralih ke iPhone mungkin masih kebingungan menghapus sampah memori tidak berguna pada smartphone. iPhone memang memiliki beberapa fungsi tombol yang berbeda dengan android. Jadi, bisa dimaklumi pengguna barunya membutuhkan tutorial untuk menghapus penyimpanan meskipun hal itu terkesan sepele. Berikut akan dibahas mulai dari dasar pengertian cache hingga cara hapus cache di iPhone dengan cepat:

Mengulik Pengertian Cache Memory

Cara Hapus Cache di iPhone

Jika mencermati lebih lanjut terdapat keterangan cache data pada informasi aplikasi yang terpasang pada smartphone. Nah, meskipun sudah akrab membersihkan penyimpanan barangkali masih ada yang belum mengerti tentang cache. Mudahnya cache adalah memori yang bersifat sementara dan ukurannya kecil. Namun, kecepatan yang dimilikinya sangat tinggi dibandingkan RAM atau memori utama. Usai melakukan suatu aktivitas dalam aplikasi maka aktivitas itu akan tersimpan ketika diakses.

Terdapat beberapa fungsi cache memori yang tidak diketahui banyak orang. Fungsi-fungsi tersebut meliputi, mempercepat kinerja penyimpanan, memfasilitasi kerja prosesor, menyingkat waktu akses data di PC, dan menjadi jembatan antara perbedaan kecepatan yang dimiliki memori utama dan CPU. Dua tipe cache yang perlu diketahui yaitu memory cache dan disk cache.

Jika ada yang bertanya-tanya apakah cache boleh dihapus maka jawabannya tentu saja boleh. Justru menghapus cache memori dianjurkan karena membantu menghilangkan data-data tidak penting yang menumpuk pada memori internal. Cache yang dibiarkan menumpuk akan membuat kinerja smartphone menurun hingga menyebabkan kelemotan. Di bawah ini akan dijelaskan cara hapus cache di iPhone yang perlu dicoba.

Cara Hapus Cache di iPhone

Setelah mengetahui apa itu cache, langkah selanjutnya adalah mengetahui metode penghapusan cache pada iP. Tidak sulit dalam praktiknya karena terdapat beberapa alternatif pilihan yang dapat dicoba.

1. Menghapus Data Cache Lewat Browser Safari

Pengguna iPhone tentunya sudah akrab dengan browser satu ini. Safari merupakan aplikasi bawaan dari iPhone yang disukai oleh seluruh penggunanya. Pertama-tama, hal yang mesti dilakukan ialah membuka pengaturan lalu menggeser layar ke bawah hingga browser Safari ditemukan.

Kedua, di layar halaman akan ditunjukkan tab Privacy & Security dan terdapat sub menu Clear History & Website data. Ketiga, setelah mengklik menu clear maka muncul menu pop up lain yang berisi konfirmasi penghapusan. Pengguna dapat memilih menu Clear History and Data.

2. Cara Hapus Cache di iPhone, Menghapus Dara Cache Lewat File Apk

Aplikasi yang terinstall pada iP nyatanya menyimpan cache yang harus dibersihkan supaya memori lebih luang. Caranya cukup mudah yaitu cukup membuka pengaturan dan memilih menu General. Selanjutnya, terdapat opsi iPhone Storage yang memuat beragam aplikasi terpasang.

Pada opsi tersebut sejumlah aplikasi dapat dibuka satu per satu untuk mengetahui informasi. Lalu, untuk menghapus cache tinggal pilih aplikasi yang ingin dibersihkan. Nah, langkah terakhir tinggal mengklik opsi Offload App di bawah informasi aplikasi. Nantinya akan muncul layar untuk mengkonfirmasi pilihan.

3. Menghapus Cache Lewat Mulai Ulang Perangkat

Biasanya ketika memori sudah terlalu penuh maka dengan melakukan restart beberapa ruang penyimpanan kembali longgar. Nah, cara itu juga dapat dipraktekkan pada iPhone untuk membersihkan cache. Setiap versi iP memiliki cara memulai ulang yang berbeda. Jadi, lebih baik mengetahui cara memulai ulang pada iP masing-masing untuk membersihkan cache.

Nah, begitulah pembahasan mengenai pengertian cache dan langkah cara hapus cache di iPhone yang patut diketahui. Rutinkan menghapus data tidak penting agar kinerja smartphone semakin cepat. Selain itu, memori longgar dapat dimanfaatkan untuk menginstall aplikasi lain yang dibutuhkan.

Baca Juga : Cara Merekam Layar Untuk HP Android dan iOS.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

eighteen − one =