7 Cara Kompres Ukuran File JPG dan PNG Online Gratis

Cara Kompres Ukuran File JPG dan PNG Online Gratis

Langkah Cara Kompres Ukuran File JPG dan PNG Online Gratis – Cara kompres ukuran file JPG dan PNG online gratis saat ini memang sangat dibutuhkan. Bukan tanpa sebab, dengan teknologi yang semakin  berkembang kirim file atau transaksi surat menyurat menjadi pilihan tepat. Namun yang menjadi masalah kini adalah untuk mengunduh suatu file, baik untuk email ataupun website tidak bisa serta merta.

Karena akan berpengaruh pada proses pengiriman dan juga pengunduhan menjadi lama. Oleh karenanya ketika akan mengirim atau upload harus dikompres agar menjadi lebih kecil. Untuk melakukan proses tersebut, sekarang juga semakin mudah sebab kini bisa dilakukan secara online bahkan gratis.

Namun sebaiknya tetap memilih cara kompres yang tepat, sebab akan berpengaruh terhadap hasil kompresan nanti. Supaya meski file atau gambar tersebut adalah hasil kompres, namun kualitas dan hasilnya juga tetap bagus dan tidak pudar.

Cara Kompres Ukuran File JPG dan PNG Online Gratis Dengan Optimizilla

Cara kompres ukuran file JPG dan PNG online gratis berikut ini bisa Anda terapkan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Yang perlu menjadi perhatian dalam memilih sebuah website untuk kompres sebuah file JPG adalah hasilnya. Bagaimana besar ukuran file tersebut setelah pengompresan dan kualitasnya tidak berkurang seperti file aslinya.

Berikut adalah langkah mengompres secara online yang bisa Anda ikuti.

1. Pilih Halaman Website Kompres JPG

Cara kompres ukuran file JPG dan PNG online gratis yang pertama dengan memilih terlebih website yang akan Anda gunakan. Atau bisa dengan mengklik link yang suda banyak terdapat di internet.

2. Unggah File Yang Akan Dikompres

Berikutnya adalah mengunggah file atau gambar yang akan dikompres. Unggah file tersebut baik dengan format file JPG ataupun sebaliknya. Caranya yaitu dengan “Drag and Drop”dari “Windows Explorer”. Kemudian silahkan klik menu “Unggah File”.

3. Atur File Unggahan

Selanjutnya adalah mengatur ukuran gambar ataupun filenya.Sekiranya nilai kompresi dan ukuran kurang besar bisa diatur. Caranya yaitu dengan masuk pada menu “Pengaturan”. Klik pada bagian gambarnya, lalu lanjutkan dengan klik bagian “Pengaturan”. Turunkan saja nilai sesuai dengan kebutuhan, bisa dinaikkan atau diturunkan nilainya. Namun untuk file yang bentuknya PNG hanya bisa diturunkan warnanya saja.

4. Simpan Hasil Kompres

Setelah selesai melakukan kompres dan pengeditan, baru klik menu “Unduh Semua”. jika sudah baru kemudian pilih menu “Save” untuk menyimpan gambar tersebut. Nantinya file yang sudah dikompres tersebut akan menjadi satu dalam bentuk file Zip.

Untuk ukuran gambar baik PNG ataupun JPG yang dihasilkan akan berkurang ukurannya sekitar 9 hingga 87 persen. Nilai tersebut dari bentuk ukuran asli sebelumnya. Meski demikian kualitas gambar yang dihasilkan tetap sama seperti yang asli.

Cara Kompres Ukuran File JPG dan PNG Online Dengan Compress JPG.com

Cara kompres ukuran file JPG dan PNG online gratis berikutnya bisa dengan menggunakan Compress JPG.com. Dengan menggunakan website ini, Anda bisa mengkompres gambar JPG hingga 20 gambar loh.

Cara untuk menggunakan website tersebut juga gampang. Berikut adalah langkahnya.

1. Masuk Website Compress JPG.com

Pertama yaitu Anda harus masuk terlebih dahulu ke dalam website dari Compress JPG.com. Klik atau cari linknya di Google.

2. Unggah Gambar

Selanjutnya tinggal tarik atau seret gambar yang akan dikompres ke kolom peletakan yang terdapat dalam websitenya.

3. Proses Kompresi

Tunggu beberapa saat sampai hasil kompresi tersebut selesai.

4. Lakukan Pengeditan

Masuk pada thumbnail kemudian pilih aktifkan “Kode Manual”. Cara ini bisa Anda gunakan untuk mengontrol kualitas kompresi dari gambar yang dikompres tersebut.

5. Simpan Hasil Kompresi

Setelah proses pengeditan ataupun kompresi yang Anda lakukan sudah rampung, baru kemudian simpan hasilnya. Caranya yaitu dengan mengunduh gambarnya yang dijadikan satu file dalam bentuk ZIP.

Cara Kompres File JPG Dengan TinyPNG

Untuk melakukan kompresing file secara gratis, Anda juga bisa menggunakan situs dari TinyPNG.com. Cara untuk menggunakan website adalah seperti  berikut:

  1. Masuk padawebsite TinyPNG.com terlebuh dahulu
  2. Untuk melanjutkan proses, masuk pada option “Drop your PNG or JPG files here”
  3. Berikutnya tinggal pilih foto lalu kecilkan ukuran dari foto tersebut.
  4. Tunggulah hingga proses kompresi selesai
  5. Ketika proses compressing sudah selesai, kemudian unduh hasilnya dengan mengklik bagian ‘Download’.
  6. Finish file Anda telah diperkecil namun dengan kualitas yang sama dengan aslinya.

Cara Kompres File JPG Dengan Iloveimg.com

Cara kompres ukuran file JPG dan PNG online gratis berikutnya yaitu dengan menggunakan website Iloveimg.com. Untuk mengompres menggunakan situs tersebut, Anda tinggal masuk ke website Iloveimg saja. Nanti akan muncul beranda tombol “Pilih Gambar” berwarna biru. Tinggal masukkan saja gambar baik JPG, SVG, GIF ataupun PNG.

Klik tombol tersebut dan tunggu hingga hasil kompresi tersebut selesai. Dengan menggunakan website Iloveimg Anda bisa mengkompres beberapa jenis file. File tersebut diantaranya yaitu JPG ke PNG atau sebaliknya, PNG ke GIF dan juga bentuk SVG.

Cara Kompres File Dengan IMGOnline

Cara kompres online gratis berikutnya yaitu dengan menggunakan website IMGOnline.  Berikut adalah cara menggunakan websitenya:

  • Yang pertama adalah dengan masuk pada website IloveIMG.com terlebih dahulu.
  • Jika sudah masuk pada berandanya, langsung pilih pada bagian ‘Compress Image’.
  • Untuk mengkompres foto dapat melanjutkan dengan mengklik tombol ‘Choose File”. Selanjutnya pilih opting “Compress file JPG to”. Pilih angka yang akan digunakan untuk mengecilkan ukuran foto. Kemudian baru klik “OK”.
  • Tunggu hingga proses compressing tersebut selesai. Jika sudah barulah lakukan pengunduhan dengan mengklik bagian “Opsi”.

Cara Kompres Foto Dengan PicResize

Cara kompres ukuran file JPG dan PNG online gratis file JPG dan PNG online gratis juga bisa juga menggunakan PicResize. Website ini juga salah satu pilihan untuk mengecilkan ukuran foto tanpa harus memiliki aplikasi.

  • Langkah pertama untuk menggunakannya adalah dengan mengklik website picResize.com.
  • Untuk mengunggah foto yang akan dikompres pilih option “Browse” kemudian berlanjut mengklik bagian “Continue”.
  • Untuk melanjutkan proses tersebut klik pada bagian kiri bawah ‘Resize Your Picture’. Ubah bagian tersebut menjadi “Custom Size”, lanjutkan memilih ukuran compress sesuai dengan kebutuhan.
  • Langkah selanjutnya yaitu mengklik bagian I Am Done, Resize My Picture. Baru kemudian tunggu hingga proses kompresing rampung. Untuk hasilnya dapat diunduh dan pilih lokasi penyimpanan pada perangkat.

Cara Kompres Foto Dengan Resize Image

Cara kompres ukuran file JPG dan PNG online gratis juga bisa menggunakan website Resize Image. Untuk menggunakan cara ini, bisa dengan:

  • Masuk terlebih dahulu pas website Resizeimage.net terlebih dahulu. Jika sudah berlanjut dengan mengklik option ‘Upload  and Image’ untuk memasukkan pilihan foto yang akan dikompres.
  • Cari menu ‘Resize Your Image’ dengan mengubah pilihan pixel sudah tersedia pada laman tersebut.
  • Lanjutkan dengan mengklik bagian ‘Resize Image and Download’, kemudian tunggu hingga kompresing tersebut selesai. Nantinya otomatis hasilnya akan terdownload otomatis.

Cara Kompres File Dengan Pixlr

Cara kompres ukuran file JPG dan PNG online gratis juga bisa dengan menggunakan Pixlr.com. Untuk mengkompres nya caranya seperti menggunakan website yang lainnya. MAsuk terlebih dahulu pada website pixlr.com.

Namun sebelumnya harus mengaktifkan lebih dahulu ‘Akses untuk perangkat lunak pada browser perangkat. Lanjutkan dengan mengklik “Browser”, pilihlah foto yang akan dikompres.

Lanjut dengan mengklik “Save” yang terletak pada kiri pojok atas. Beralih dengan bar pada option ‘Quality’, baru kemudian pilih ukuran foto ukuran foto yang dipilih. Untuk menyimpan hasilnya tinggal pilih di mana kan menyimpan.

Baca Juga: 4 Cara Memisahkan File PDF Online Gampang Banget

Cara memperkecil ukuran file JPG dan PNG online gratis di atas tentunya memudahkan seseorang untuk compressing. Selain memudahkan pengiriman tentunya dapat menghemat biaya, karena gratis tanpa harus berlangganan aplikasi. Anda bisa mencoba website mana yang sesuai dengan kebutuhan.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin