Cara Menyelamatkan Kontak Pada Android Yang Bootloop

Cara Menyelamatkan Kontak Android Yang Bootloop

Cara Menyelamatkan Kontak Pada Android Yang Bootloop – Ponsel pintar atau smartphone yang bersistem operasi Android memang sangatlah populer dan telah digunakan oleh hampir semua orang, hal ini dikarenakan perangkat mungil tersebut memiliki fungsi yang sangat beragam. Di samping fungsinya sebagai alat komunikasi, smartphone bersistem operasi Android juga telah bisa digunakan sebagai sarana hiburan maupun untuk menunjang produktivitas. Meskipun memiliki manfaat yang begitu banyak, namun smartphone Android juga tidak terlepas dari kekurangan.

Ya, sebagai sebuah perangkat elektronik, tentu saja smartphone Android bisa mengalami beberapa masalah. Salah satu masalah yang bisa terjadi pada smartphone Android adalah bootloop yang mana menjadi mimpi buruk bagi para penguna Android. Smartphone Android yang mengalami bootloop tentu saja tidak akan bisa digunakan sehingga ada banyak orang yang merasa khawatir jika kontak yang tersimpan di dalam smartphone akan hilang. Namun Anda tidak perlu merasa khawatir karena berikut ini akan kami ulas cara mengembalikan kontak pada Android yang bootloop.

Cara Menyelamatkan Kontak Pada Android Yang Bootloop

Pastikan Memiliki Akses ke Recovery CWM

Cara Menyelamatkan Kontak Android Yang Bootloop

Cara pertama yang harus Anda lakukan untuk menyelamatkan kontak yang ada pada Android yang mengalami bootloop adalah memiliki akses ke recovery CWM (Clock Word Mod). Anda bisa menginstal CWM terlebih dahulu di Android, apabila tidak bisa diinstal, Anda tidak perlu khawatir karena Anda masih bisa menggantinya dengan recovery yang lain asalkan bisa mengambil file database kontak, pemasangan CWM bisa dilakukan dengan cara diflash menggunakan PC.

Backup Seluruh Data Melalui CWM ke Memori Eksternal

Cara Menyelamatkan Kontak Android Yang Bootloop

Setelah selesai menginstal CWM, hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan yakni membackup seluruh data yang ada di memori internal ke memori eksternal melalui CWM. Pada umumnya Anda akan menemukan file data dalam bentuk file kompres, Anda bisa mengekstrak file data tersebut, kemudian carilah file database kontak dengan nama contact2.db pada folder hasil ekstrak yang mana direktorinya berada di data/data/com.android.providers.contacts/databases.

Cara Menyelamatkan Kontak Android Yang Bootloop, Mengconvert Kontak

Hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mengconvert kontak, perlu Anda ketahui bahwa data contact2.db tadi tidak hanya berisi nomor kontak saja, tetapi juga berisi log terakhir yang ada di smartphone. Pada umumnya database kontak ini berisi nomor kontak yang sangat banyak, oleh karena itulah Anda harus mengconvert file tersebut menjadi format .vcf sehingga Anda bisa mengimpor nomor kontak yang tersimpan di database menggunakan email.

Import Kontak ke Dalam Android

Langkah berikutnya yang harus dilakukan setelah mengconvert kontak adalah mengimport kontak tersebut ke dalam perangkat Android. Anda harus melakukan login terlebih dahulu ke akun Gmail, kemudian bukalah contacts.google.com. Pilih opsi More, dan pilih Import, kemudian pilih csv/ or vcard file untuk melakukan import. Setelah proses import selesai, maka secara otomatis file kontak tadi sudah masuk ke dalam akun Gmail milik Anda.

Apabila smartphone Android mengalami bootloop dan Anda ingin menyelamatkan kontak yang tersimpan di dalamnya, maka Anda bisa mengikuti beberapa cara yang ada di atas.

Baca Juga : Cara Memindahkan Kontak iPhone ke Gmail, Yuk Pahami Caranya!

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *