20 Cara Los Meteran Listrik Pulsa Secara Online dan Ofline Terbaru 2023

20 Cara Los Meteran Listrik Pulsa Secara Online dan Ofline Terbaru 2023
Rate this post

Cara Los Meteran Listrik Pulsa Terbaru 2023 –¬†Kebutuhan akan listrik semakin meningkat seiring dengan perkembangan teknologi dan populasi penduduk yang makin tak terkendali. Pemerataan aliran listrik menjadi tujan (goal) yang terus diupayakan oleh berbagai pihak yang terlibat dalam pembangunan dan pemerataan. Untungnya, banyak dari masyarakat yang sudah melek dengan upaya pemerataan dan penggunaan listrik secara maksimal tersebut.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan beralih ke meteran listrik pulsa. Perusahaan listrik Negara (PLN) telah memberikan layanan listrik prabayar (sistem token) dan layanan listrik pascabayar (meteran). Sistem listrik pulsa (sistem token) itu sendiri banyak diminati karena dalam proses pembayarannya hampir mirip dengan isi ulang pulsa pada smartphone. Pelanggan terlebih dahulu, harus mengisi pulsa listrik isi ulang, di loket-loket pembayaran tagihan listrik dan gerai ATM terdekat. Lantas apakah bisa jika pelanggan ingin menambah batas daya pada meteran listrik pulsa atau los meteran listrik pulsa? Tentu! Simak penjelasannya lebih lanjut di bawah ini.

Cara Los Meteran Listrik Pulsa

Perlu diketahui bahwa pada meteran listrik pulsa terdapat alat yang berguna untuk membatasi jumlah daya yang dapat dialirkan melalui meteran listrik tersebut. Sebagai contoh jika dalam satu rumah menggunakan daya 450watt, 900watt, 1.300watt, 2.200watt dan seterusnya jadi para pelanggan harus tahu dulu berapa watt listrik yang dipasang. Kemudian, jika pemilik rumah tersebut menggunakan daya yang berlebih (atau melebihi batas maksimum) maka secara otomatis meter listrik akan memutus aliran listrik pada rumah tersebut, dan akan kembali normal jika pemakaian sesuai dengan daya pada meteran listrik.

Los listrik atau sambungan sementara merupakan tindakan agar batas daya pada meteran listrik rumah dapat dibuka dan dapat digunakan sebanyak-banyaknya melebihi batas maksimum yang dipasang. Hal ini biasanya digunakan untuk berbagai tujuan tertentu, misalnya jika akan menggelar pesta hajatan, pengajian atau acara besar yang membutuhkan daya listrik yang banyak. Los listrik bukan tindakan yang permanen, dalam arti lain batas daya yang ditambah akan kembali ke normal sesuai dengan batas waktu yang ditentukan.

Lantas, apakah los meteran listrik merupakan tindakan yang legal? Iya. Jika sudah mendapatkan izin dari pihak PLN, maka tindakan tersebut merupakan tindakan yang legal ya. Lain halnya jika los meteran dilakukan secara sendiri, hal tersebut merupakan tindakan yang ilegal. Beberapa orang mungkin memang melakukan hal yang demikian karena berbagai alasan, bisa jadi karena terkendala oleh masalah biaya atau yang lainnya. Cukup dengan menggunakan Magnectic Kontraktor SK 12 yang dapat dibeli di toko-toko listrik terdekat, los meteran sendiri sudah dapat dilakukan, dan biasanya Magnetic Kontraktor SK 12 disembunyikan di tempat-tempat yang tersembunyi agar tidak diketahui oleh petugas PLN yang melakukan pengecekan.

Dan juga, cara los meteran listrik dilakukan dengan menyambungkan kabel dalam meteran listrik yang berisi kode-kode, kemudian dari kode-kode tersebut disambungkan ke Magnetic Kontraktor SK 12. Belum selesai sampai tahap itu, kabel yang sudah disambungkan ke Magnetic Kontraktor SK 12 harus disambungkan juga ke dalam jaringan PLN yang memiliki tegangan sangat tinggi. Untuk menutupi sambungan harus menggunakan isolasi dan bungkus menggunakan pipa PVC agar terlihat samar-samar. Bagaimana? Sulit bukan.

Tentu saja hal tersebut merupakan tindakan yang tidak dibenarkan, dan informasi ini hanya sebagai tambahan pengetahuan saja. Dan jika disalahgunakan, harus siap menanggung resiko yang dihadapi. Untuk itu, coba cara yang jauh lebih aman dan legal saja, walaupun memang membutuhkan biaya yang lebih tetapi jauh lebih aman jika menggunakan cara yang legal dari pihak resmi dan profesional, yaitu dengan cara mengajukan permohonan untuk los meteran listrik pulsa ke PLN. Nah, bagaimana cara mendapatkan izin dan mengajukan permohonan los listrik ke PLN? Berikut caranya:

Cara Los Meteran Listrik Pulsa Lewat PLN Secara Offline

Pelanggan dapat mengajukan los meteran listrik atau sambungan sementara ke pihak PLN dengan mendatangi kantor pelayanan PLN terdekat, berikut langkah-langkahnya:

  • Pelanggan mendatangi kantor pelayanan PLN terdekat
  • Membawa FC KTP
  • Kartu pelanggan PLN
  • Dan bukti pembayaran sebelumnya atau bukti pembelian pulsa listrik bulan sebelumnya
  • Ikuti instruksi dari pihak PLN hingga selesai

Untuk mengajukan los meteran listrik pada pihak PLN, pelanggan harus menyiapkan biayanya dan dapat melakukan pembayaran secara langsung atau di ATM terdekat. Untuk informasi yang lebih lanjut, pelanggan dapat menghubungi Call Center PLN.

Cara Los Meteran Listrik Pulsa Lewat PLN Secara Online

Nah, bagi pengguna yang tidak sempat untuk datang langsung ke kantor pelayanan PLN terdekat. Pelanggan dapat menggunakan aplikasi PLN mobile untuk mengajukan los meteran listrik pulsa. Berikut tahapan-tahapannya:

  • Download dan install aplikasi PLN Mobile di Smartphone
  • Buka menu aplikasi PLN mobile
  • Selanjutnya, pelanggan wajib memilih fitur penyambungan los meteran listrik sementara
  • Pilih ID pelanggan yang akan diperbesar daya listriknya, kemudian masukkan titik lokasi pelanggan
  • Lengkapi data-data yang dibutuhkan untuk mengajukan los meteran listrik sementara. Pastikan data yang diisi sudah benar, selalu check ulang saat melakukan pengisian data
  • Lakukan pembayaran sesuai dengan tagihan, pelanggan dapat melakukan pembayaran melalui aplikasi PLN mobile atau di ATM terdekat
  • Setelah melakukan pembayaran, petugas akan datang ke lokasi untuk melakukan los meteran listrik atau penyambungan listrik sementara

Biaya Los Meteran Listrik Pulsa

Untuk biaya los meteran listrik atau penyambungan sementara, tergantung pada berapa lama los meteran listrik akan dilakukan, semakin lama waktu yang ditetapkan biayanya juga makin mahal. Dan juga, jumlah daya yang dibutuhkan untuk los meteran listrik juga berpengaruh pada tagihan yang harus dibayarkan. Untuk itu, check terlebih dahulu di aplikasi PLN mobile untuk memilih akumulasi biaya los meteran listrik (sambungan sementara) agar dapat mengira-ngira biaya yang dibutuhkan, pada intinya jumlah biaya yang harus dikeluarkan menyesuaikan dengan waktu dan daya listrik tersebut.

Demikian penjelasan tentang cara los meteran listrik pulsa terbaru 2022. Pada intinya, los listrik dapat dilakukan dan terbukti legal jika para pelanggan mendatangi kantor pelayanan PLN terdekat atau dapat mengajukan secara online lewat aplikasi PLN mobile. Terlebih lagi, kebutuhan listrik para pelanggan juga berbeda-beda jadi selalu tanyakan pada pihak-pihak yang resmi dan benar-benar mengerti tentang los meteran listrik pulsa.

Baca Juga: Notifikasi WhatsApp Tidak Muncul? Atasi Dengan 10 Cara Berikut Ini

Dan perlu diingat bahwa los meteran listrik pulsa atau melakukan sambungan listrik hanya bersifat temporal (sementara) sebagaimana yang sudah dijelaskan secara lengkap dan detail di artikel ini. Poin terakhir, Jangan melakukan tindakan yang ilegal walau dalam kondisi yang mendesak, melakukan tindakan los meteran listrik pulsa sendiri tidak dibenarkan karena dapat merugikan banyak pihak dan diri sendiri tentunya.

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin