16 Penyebab dan Cara Mengatasi iPhone Mati (Bootlop) Terbaru 2022

Penyebab dan Cara Mengatasi iPhone Mati (Bootlop) Terbaru 2022 – Perlu diperhatikan untuk semua pengguna iPhone bahwa smartphone besutan Apple ini sering mengalami mati mendadak atau biasa disebut sebagai bootlop. Meskipun iPhone dikenal sebagai smartphone kelas atas dengan iOS yang stabil dan kualitas HP yang tinggi, tetapi masalah bootlop bisa terjadi di smartphone apapun itu.

Karena itu, sangat penting untuk mengetahui apa saja penyebab dan cara mengatasi iPhone mati atau bootlop.

16 Penyebab dan Cara Mengatasi iPhone Mati (Bootlop) Terbaru 2022

Apa Itu Bootlop?

Mati mendadak atau bootlop merupakan kondisi di mana smartphone tidak dapat hidup kembali meskipun sudah menekan tombol power, tetapi smartphone tidak kunjung menyala. Meskipun begitu, Bootlop bukan berati smartphone mati total, tetapi masih bisa masuk sampai ke loading logo saja. Setelah itu, tidak terjadi apa-apa. Beberapa user mengalami bootlop yang hanya tersangkut di loading logo bahkan jika ditunggu sampai kapan pun.

Walaupun terdengar mengerikan, faktanya, bootlop pada umumnya tidak disebabkan oleh kerusakaan hardware, melainkan kecatatan atau kegagalan sistem operasi iOS dalam melakukan boot. Tetapi bootlop juga bisa disebabkan oleh hardware, paling umum adalah MMC atau tempat penyimpanan yang membuat mesin tak dapat mengambil data boot dari storage. Alhasil, sistem tidak dapat diload secara utuh yang mengakibatkan smartphone menjadi bootlop.

Selain bootlop, matot atau mati total juga berada di kasus yang berbeda karena mati total merupakan kondisi di mana smartphone benar-benar mati menyeluruh tanpa masuk ke loading logo atau pun safe mode dan lain sebagainya. Penyebab matot, biasanya karena kerusakaan hardware seperti prosessor, RAM, dan lainnya.

Cara Mengatasi Iphone Mati Sendiri (Bootloop) dan Mati Total

Kedua masalah iPhone mati ini benar-benar kompleks karena memiliki banyak faktor penyebab, bahkan susah ditebak. Contohnya, saat smartphone Anda mati total, Anda mungkin mengira bahwa baterainya yang bermasalah karena merasa akhir-akhir ini baterainya yang mulai rusak. Tetapi faktanya, mesin iPhone dapat mati tiba-tiba karena beberapa faktor seperti overheat tanpa adanya ciri-ciri atau peringatan sebelumnya. Namun, biasanya penyebab iPhone mati disebabkan oleh hal-hal umum yang kami jelaskan di bawah ini beserta solusinya.

1. Bawa ke Service Center

Cara pertama adalah cara mengatasi iPhone mati paling mudah dilakukan karena Anda hanya menyerahkan seluruh permasalahan kepada tukang service yang lebih berpengalaman di bidang perbaikan smartphone. Cara ini sangat ampuh dan hampir 95% dapat diselesaikan dengan membawanya ke service center, baik itu SC resmi atau pun bukan.

Tetapi siap-siap saja untuk menyediakan dana yang cukup besar apabila ingin memperbaikinya karena selain jasa SC, Anda mungkin membayar untuk pergantian part smartphone seperti mesin iPhone, MMC, baterai, dan lain sebagainya. Melihat iPhone merupakan smartphone yang cukup mahal dari smartphone lain, tentunya harga yang dikeluarkan tidak sedikit.

2. Menggunakan Mode Factory Reset

Factory reset merupakan menu khusus yang dapat diakses tanpa harus masuk ke sistem operasi terlebih dahulu. Menu ini biasanya digunakan untuk memperbaiki masalah-masalah iPhone seperti bootlop dengan cara melakukan reset atau install IOS ulang. Langkah ini biasa dilakukan untuk mengatasi iPhone mati yang disebabkan oleh kerusakan aplikasi atau terdapat virus di dalam iPhone Anda.

Sayangnya, menggunakan mode ini dapat menghapus seluruh data di iPhone sehingga perlu tindakan backup sebelumnya. Karena itu, kami sarankan untuk selalu rutin melakukan backup secara berskala di iTunes.

3. Menggunakan Recovery Mode

Selain iPhone mati, cara mengatasi iPhone mati yang satu ini juga dapat digunakan untuk mengatasi aplikasi iTunes yang stuck atau tersangkut di logo dan tidak dapat terbuka. Biasanya disebabkan karena beberapa faktor yang mengakibatkan iTunes tak dapat dideteksi oleh smartphone Anda. Adapun langkah-langkah penggunaan bisa dilihat sebagai berikut;

  1. Langkah pertama, matikan smartphone Anda dengan cara menahan tombol power sampai muncul toggle dan geser untuk mematikan perangkat.
  2. Siapkan kabel data (USB) yang sesuai dengan port iPhone dan pastikan menggunakan kabel data USB yang cepat.
  3. Siapkan PC atau laptop yang standby dan di dalamnya sudah tersedia aplikasi iTunes. Tetapi jangan colok kabel port lightning terlebih dahulu.
  4. Pada iPhone Anda, tekan tombol home hingga beberapa detik sampai muncul logo iTunes di layar.

4. Melakukan Restore IOS

Restore IOS jika dalam bahasa Android sama dengan reset pabrik atau mengembalikan sistem seperti semua kala ketika Anda baru membelinya. Dengan begitu, aplikasi pihak ketiga akan terhapus dan mengembalikan semua pengaturan yang telah disimpan sebelumnya ke pengaturan awal.

Smartphone akan menjadi lebih lega dan dapat mengatasi iPhone mati yang disebabkan oleh aplikasi tertentu. Untuk melakukan cara ini cukup sulit karena harus menggunakan aplikasi iTunes dan bantuan PC atau Laptop. Jika Anda tertarik untuk mencobanya, ikuti langkah-langkah di bawah ini secara tepat dan benar:

  1. Matikan layar iPhone terlebih dahulu dengan menekan tombol “Home + Power” secara bersamaan.
  2. Siapkan kabel data USB original atau kabel USB yang memiliki kualitas transfer yang bagus.
  3. Dengan kabel USB tersebut, sambungkan perangkat iPhone Anda dengan PC atau Laptop.
  4. Di smartphone, masuk ke mode DFU atau Device Firmware Update dengan cara menekan “Home + Power” secara bersamaan kurang lebih 10 detik, setelah itu lepaskan tombol “Power” tetapi tombol “Home” masih ditekan hingga 10 detik ke depan.
  5. Jika semua langkah di atas diikuti dengan benar, maka akan muncul notifikasi oleh iTunes dan secara otomatis, iTunes akan memproses iPhone untuk melakukan reset pabrik.
  6. Setelah itu, secara otomatis, iPhone akan melakukan restart kemudian iTunes akan memberikan beberapa opsi kepada pengguna dan pilih ingin melakukan restart dari backup yang pernah dilakukan apabila Anda memiliki file backupnya. Proses ini akan memakan waktu yang cukup lama yaitu, 2-3 jam, jadi jangan panik untuk tiba-tiba mematikan smartphone dan menyalakannya kembali.
  7. Setelah proses tersebut, akan muncul notifikasi yang meminta Anda untuk melakukan restart. Setelah itu, Anda tinggal melakukan sinkronisasi ulang pada iTunes Anda.

5. Menggunakan Metode Hard Reset

Terkadang setelah kita menginstall aplikasi tertentu pada iPhone kita, sering kali terjadi ketidakseimbangan sistem yang membuat iPhone menjadi matot. Tidak hanya aplikasi, matot juga bisa disebabkan oleh tema yang diunduh terlalu banyak sehingga mempengaruhi sistem operasi dan hardware. Untuk mengatasinya, gunakanlah mode hard reset yang akan menghapus aplikasi yang menyebabkan iPhone menjadi mati total. Caranya bisa dilihat berikut ini;

  1. Pertama, Anda tekan tombol “Home” dan “Power” secara bersamaan hingga muncul logo Apple.
  2. Saat proses boot sedang berlangsung, segera lah untuk menekan tombol “Volume Up” dan Anda harus masuk ke menu Springboard dan bukan menu Cydia.
  3. Di dalamnya, Anda harus mengingat sekiranya aplikasi apa saja yang menyebabkan IOS menjadi tak stabil dan mengalami mati total kemudian hapus aplikasi tersebut.
  4. Selanjutnya, Anda bisa melakukan reboot pada iPhone untuk kembali ke menu utama maka proses ini sudah berhasil dilakukan dan iPhone Anda sudah bisa dioperasikan seperti sediakala.

6. Melakukan Pengecekan Pada Baterai

Jika Anda mengalami kondisi iPhone di mana smartphone Anda sering mengalamai restart sendiri maka bisa jadi disebabkan oleh konektor baterai yang tidak baik sehingga mengakibatkan daya yang masuk menjadi putus nyambung. Anda bisa mengeceknya secara manual dengan cara membuka casing iPhone dan mengecek konektor baterai yang kemungkinan longgar atau terputus. Tetapi jika Anda tidak memiliki keahlian membongkar smartphone, bawa saja ke service center. Jangan memaksakan diri untuk membongkar smartphone sendirian karena bisa terjadi lecet pada casing iPhone.

7. Charge Baterai iPhone

Baterai merupakan salah satu komponen penting pada perangkat smartphone. Tanpa baterai, smartphone tidak akan bisa dioperasikan. Karena itu, sangat penting untuk tetap memperhatikan kesehatan baterai iPhone. Baterai yang rusak juga bisa menyebabkan iPhone sering restart sendiri.

Restart merupakan kondisi di mana perangkat sering mati sendiri dan hidup kembali secara otomatis. Hal ini bisa disebabkan oleh konektor baterai yang rusak atau pun kualitas baterai yang sudah jelek seperti baterai bocor, bengkak, dan lainnya.

Tips yang bisa kami berikan terkait dengan charging baterai adalah jangan pernah keseringan untuk mengcharge baterai pada posisi kosong total. Pastikan baterai tetap memiliki daya yang cukup. Kalau perlu, isi daya baterai ketika dayanya sudah mencapai 25% untuk menjaga baterai agar tidak pernah kosong.

Kemudian jangan melakukan charging ketika cuaca sedang panas atau apapun yang bisa menyebabkan baterai menjadi panas seperti meletakkannya di atas kasur, sambil bermain, menyalakan senter, dan lainnya.

8. Hindari Penggunaan Berlebih dan Overheat

Mati atau restart secara tiba-tiba bisa disebabkan oleh prosessor yang mengalami panas berlebih atau disebut sebagai overheat. Perangkat yang overheat umumnya tidak akan mengalami mati secara mendadak, tetapi apabila diteruskan, mesin bisa mengalami kerusakaan dan ini lah yang menyebabkan smartphone tiba-tiba mati.

Untuk mengatasi overheat ada beberapa cara, seperti menggunakan fan cooler apabila Anda sedang bermain game. Pastikan juga untuk tetap melakukan update pada sistem operasi karena IOS yang stabil akan mengoptimalkan kinerja mesin sehingga tetap dingin. Kemudian hindari penggunaan smartphone di tempat yang terlalu panas.

Cara ini dan cara-cara di atas dapat diterapkan pada semua varian iPhone seperti iPhone 7, 8, 9 X, 11, 12, 13, dan lain sebagainya. Pada dasarnya, sistem yang mati tiba-tiba disebabkan oleh software, apalagi jika kasusnya hanya bootlop saja di mana logo masih tampil.

Kesimpulan : Mati total atau restart sendiri merupakan kondisi yang sangat merugikan, baik dari diri sendiri atau pun smartphone tersebut. Dengan mengetahui bagaimana cara mengatasi iPhone mati beserta penyebabnya, Anda dapat lebih sigap dalan menyikapi apabila iPhone Anda tiba-tiba mati. Pertama, cari penyebabnya, apakah disebabkan oleh software atau hardware.

Baca Juga: 10 Penyebab dan Cara Mengatasi iPhone Lemot Terbaru 2022

Jika disebabkan oleh software, Anda dapat memperbaikinya sendiri, tetapi jika disebabkan oleh hardware seperti kerusakan pada baterai, konektor baterai, prosessor, RAM, MMC, dan lain sebagainya, lebih baik bawa saja ke service center karena memperbaiki sendiri bukan lah perkara yang mudah. Anda bisa dengan mudah membuat smartphone Anda lecet apabila tidak mengetahui teknik membuka casingnya.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin