14 Cara Membatalkan Pesanan di JD.ID Anti Ribet

14 Cara Membatalkan Pesanan di JD.ID Anti Ribet

Cara Membatalkan Pesanan di JD.ID – Pandemi yang berlangsung selama kurang lebih 2 tahun menjadi awal suburnya ekonomi online shop. Bagaimana tidak semenjak virus yang melanda indonesia bahkan dunia ini menjadikan seseorang lebih banyak menghabiskan waktu dirumah.

Apa Itu JD.ID

JD.ID adalah satu dari sekian banyak belanja elektronik yang dipercaya perkembangannya akan meningkat semakin tajam dari tahun ke tahun. Bukan tanpa sebab hal ini dapat terjadi disinyalir akibat pandemi covid19 yang belum usai orang jadi malas untuk keluar rumah. 

Ini berpengaruh dengan tingkat seseorang yang biasanya belanja secara offline kini beralih kepada belanja online. Tetapi ada satu hal yang membuat orang bingung belanja di online shop yaitu bagaimana saat barang yang dipilih tidak jadi di pesan bagaimana cara membatalkan pesanan di JD.ID khususnya.

Semakin banyak seseorang yang beralih ke belanja online semakin banyak pula platform sejenis ini terus tumbuh muncul dan berkembang semakin banyak dari hari ke hari. Tak bisa dipungkiri bahwa sebagai pengguna media sosial yang haus akan informasi belanja online menjadi solusi bagi sebagian orang.

Maka jelaslah kini pusat perbelanjaan tak lagi seramai dahulu. Karena mindset seseorang yang saat ini berubah kepada belanja yang praktis dalam hal ini JD.ID namun ada pula yang masih nyaman belanja secara offline di pasar tradisional maupun modern.

Memang benar bahwa belanja offline itu lebih mudah seperti hal nya berbelanja sesuatu memakai troli memasukkan barang sesuka hati mudah saja dilakukan. Bila tidak jadi dibeli tinggal barang yang dimasukkan ke troli tadi ambil dan tempatkan sesuai barang yang diambil tadi.

Namun bagaimana bila belanja di online shop. Pasti banyak yang bertanya tentang cara membatalkan pesanan di JD.ID. Dalam hal ini yang dipilih online shopnya adalah platform di atas. Seseorang akan bingung dan kurang memahami tata cara dan pengembalian pesanannya. 

Hal demikian paling sering terjadi bukan hanya dialami pelanggan yang awam akan hal ini tetapi pelanggan yang sudah terbiasa pun masih sering kebingungan. Wajar apabila tidak tahu dan kebingungan manusia tempatnya salah dan lupa.

Cara Membatalkankan Pesanan di JD.ID 

Termasuk sarana atau wadah bagi penjual untuk mempromosikan barang dagangan yang dimilikinya apapun itu bentuknya. Berbelanja di online shop khususnya di JD.ID memang sangat mengasikkan dan membuat lupa waktu. Iya, memang terjadi dan seperti itu fakta di lapangan. 

Sama hal nya di pasar modern seperti Mall, retail kecil seperti indomaret maupun alfamart. Disini juga disediakan troli untuk berbelanja hanya bedanya troli di online shop hanya berbentuk sebuah picture. Tetapi tetap sama saja guna dan fungsi nya untuk menyimpan barang yang akan dijadikan pilihan untuk di beli.

Jadi sebenarnya sama saja cara membatalkan pesanan di JD.ID dengan pasar modern maupun online shop. Hanya memang berbeda dari cara pengembaliannya. Bila di pasar modern membatalkan pesanan hanya dengan meletakkan kembali di rak yang sudah di atur tadi. Di online shop cara nya sedikit berbeda.

Nah, berikut ini adalah cara bagaimana membatalkan pesanan khususnya di online shop JD.ID cara ini harus di lihat dan dipahami satu persatu agar tidak salah dalam setiap stepnya langsung saja di cek tata cara nya.

1. Membatalkan Pesanan di JD.ID Secara Langsung

Sebagai pengguna anda akan mendapatkan hak anda bila akan membatalkan pesanan tetapi syaratnya belum menerima produk yang anda pesan sebelumnya. Cara nya adalah seperti di bawah ini :

  1. Pertama terlebih dahulu log in di JD.ID lalu klik pesanan saya.
  2. Selanjutnya touch pesanan tadi yang belum akan dikirimkan atau yang akan anda batalkan. Setelah itu klik batalkan.
  3. Disana anda akan diminta untuk memilih alasan kenapa membatalkan pesanan. Lalu lanjutkan untuk pembatalan pesanannya. 
  4. Apabila pengajuan pembatalan pesanan anda disetujui maka anda dapat mengisi pertanyaan yang diajukan oleh sistem. Isi sesuai keresahan anda.
  5. Jikalau barang yang sudah anda pesan on progres pengemasan atau lebih jauh dalam antrian pengiriman maka dengan berat hati pengajuan anda akan ditolak oleh admin atau mungkin sistem di JD.ID.
  6. Apabila hal itu benar terjadi anda dapat meminta bantuan kepada call center JD.ID secara langsung via panggilan telepon.

Itu tadi adalah cara membatalkan pesanan di JD.ID apabila masih kurang paham dapat ditanyakan pihak JD.ID nya sendiri atau juga bisa seseorang yang sudah pengalaman di bidangnya.

Mudah bukan untuk tutorial cara pembatalannya. Untuk orang yang baru pertama kali menggunakan online shop hal seperti ini  biasanya membingungkan. Hingga harus ada yang jadi pembimbing di sampingnya. Membantu seseorang harus dilakukan secara ikhlas karena dapat membuat anda mendapatkan pahala dan tentunya mencerahkan pemahaman orang tentang online shop.

Online shop sangat dibutuhkan saat ini tidak hanya untuk belanja online saja namun juga dijadikan wadah untuk berbisnis dan menghasilkan pundi-pundi rupiah. Sekarang anda paham bukan bahwa cara membatalkan pesanan di JD.ID segampang itu tidak memerlukan waktu yang lama hanya sekitar beberapa menit saja sudah langsung disetujui.

2. Membatalkan pesanan dengan Status Selesai di JD.ID

Ada juga pembatalan pesan dengan status pembayaran sudah dilakukan. Jangan gugup apalagi panik JD.ID online shop besar pasti memiliki fitur terkait permasalahan di atas. Berikut ini step by step nya :

  1. Masuk akun JD.ID lalu cari tulisan menu akun saya atau order saya. 
  2. Lalu pilihlah pesanan mana yang ingin anda batalkan. Selanjutnya tekan tombol batalkan untuk proses selanjutnya.
  3. Tunggu beberapa menit lalu akan muncul alasan kenapa anda membatalkan pesanan. Tulislah dengan  detail alasan anda membatalkan  pesanan.
  4. Sentuh dan tekan metode refund dana. Atau pengembalian dana secara penuh. Lalu klik selanjutnya
  5. Anda akan diminta oleh sistem untuk melengkapi data rekening untuk pengembalian dana anda.
  6. Akan diproses oleh sistem untuk pengembalian penuh dana anda. Lalu tekan ok.
  7. Pesanan anda yang dibatalkan tadi telah selesai . Anda hanya harus menunggu kurang lebih hingga 14 hari kerja.
  8. Sebaiknya anda tetap melakukan pengecekan secara berkala pada mutasi rekening. Ini dilakukan supaya pengembalian dana yang diajukan sudah diproses oleh sistem dan anda sudah menerima kembali dana itu.

Catat mana saja Online shop yang menguntungkan dan memiliki banyak kelebihan di dalamnya. Terkadang ada juga belanja online yang bermasalah dan malah membuat kantong anda kering alih alih ingin mendapatkan keuntungan malah anda yang dirugikan sebagai pengguna layanan online shop.

Ketentuan Pengembalian Dana di JD.ID

Untuk pengembalian dana penuh secara elektronik seperti COD, Bank Transfer, VA, LinkAja, Toko Ritel, JD Balance, One Klik & Jenius Pay akan dikirimkan secara langsung melalui JD Balance sedangkan untuk mengambil uang tunai di jd balance nasabah akan di informasikan bahwa hal itu akan diproses dalam waktu 1-3 hari saat jam kerja.

Yang kedua terutama untuk pengembalian dana secara manual dari rekening bank yang dilakukan oleh pihak bank finance bila terjadi perbedaan nama dalam rekening bank yang anda ajukan ke sistem maka pihak bank akan meminta informasi data anda seperti 

  • Kwitansi yang sah atau virtual account JD.ID.
  • Foto kopi KTP asli saat pendataan pertama kali dan foto KTP asli di rekening yang anda daftarkan pertama kali.
  • Foto asli tampak depan dengan ktp asli diikuti nama yang telah terdaftar dan foto asli ktp dengan rekening yang telah anda ajukan ke sistem.

Jika cara membatalkan pesanan di JD.ID secara manual ke rekening bank ini juga berlaku untuk pengembalian uang yang disebabkan karena kesalahan nominal/kode unik yang telah dibayarkan ke JD.ID.

Khusus metode pengembalian uang digital secara elektronik akan dilakukan dalam tempo waktu 1-3 hari saat kerja yang sudah ada di dalam aturan pembayaran elektronik digital. Atau anda dapat menghubungi langsung call center JD.ID.

Sedangkan untuk cara membayar elektronik melalui GoPay uang digital akan dikembalikan dalam bentuk rupiah dalam jangka waktu 45 hari setelah pembayaran diterima oleh pelanggan. Jika pengembalian uang digital melebihi dari waktu di atas akan dialihkan melalui rekening bank. Dimohon untuk menghubungi call canter JD.ID bila memang terjadi.

Lalu untuk cara bayar secara ovo uang digital akan dikembalikan ke ovo dalam jangka waktu 14 hari setelah pembayaran diterima. Jika pengembalian uang digital melebihi dari waktu di atas akan dialihkan melalui rekening bank. Dimohon untuk menghubungi call center JD.ID bila memang terjadi.

Dikhususkan untuk Bank DBS dan CIMB Niaga jika pengembalian uang digital untuk pembayaran menggunakan debit online belum diterima melebihi batas waktu yang ditentukan, Anda dapat mengajukan surat sanggahan kepada pihak bank penerbit. Khusus untuk Bank DBS pengajuan surat sanggahan dapat dilakukan melalui aplikasi Digibank.

Untuk cara bayar memakai Kartu Kredit/CC, saat terjadi kegagalan ataupun penagihan ganda dari sistem bank, dimohon untuk segera menghubungi pihak bank penerbit terkait. Apabila bank penerbit menyatakan bahwa kegagalan bukan dari pihak bank, pastikan untuk mendapatkan surat sanggahan dari bank yang bersangkutan dan silahkan menghubungi JD.ID kembali.

Untuk pembayaran menggunakan Atome, bila terdapat masalah pembayaran dan pengembalian uang digital silakan menghubungi langsung pihak Atome melalui email [email protected].

Untuk pengembalian dana dari pembayaran yang menyertakan JD Poin, maka JD Poin yang digunakan akan secara otomatis dikembalikan ke saldo JD Poin Anda, yang dapat dilihat di  menu Akun Saya.

Nah, begitulah cara membatalkan pesanan di JD.ID baik itu proses maupun tata cara yang benar dilakukan. Tetapi anda perlu waspada karena tidak semua marketplace memberikan fitur pembatalan pesanan. Untuk berjaga jaga saja anda juga harus menyimpan nomor call center atau bantuan di online shop JD.ID.

Baca Juga: 25 Cara Membatalkan Pesanan di Zalora Anti Ribet

Untuk yang bertanya mengenai proses pengembalian dana, sudah kami jelaskan secara detail di atas. Jadi anda tidak harus bingung, apakah pada saat pengembalian dana, dananya akan sampai atau tidak. Pasti dana tersebut akan dikembalikan cuman memakan waktu yang lumayan lama.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin

Leave a Reply

Your email address will not be published.

4 × 2 =