2 Cara Merekam Telepon WhatsApp di Hp Android

Cara Merekam Telepon WhatsApp

2 Cara Merekam Telepon WhatsApp di Hp Android – WhatsApp merupakan aplikasi yang banyak digunakan saat ini. Apps besutan Brian Acton dan Jan Koum ini sangat fungsional dalam menghubungkan seseorang dengan lingkup yang lebih luas. Tidak hanya untuk chat, WhatsApp juga dapat digunakan untuk menelepon. Cara merekam telepon WhatsApp semakin banyak dicari, karena hal ini sulit dilakukan dari telepon biasa. Apabila banyak hal penting yang disampaikan, jauh lebih praktis untuk merekamnya sebelum mencatat poin penting. Inilah beberapa opsi untuk merekam telepon dari WA:

Cara Merekam Telepon WhatsApp, Menggunakan Aplikasi Bawaan

Hp Android biasanya dilengkapi dengan fitur bawaan untuk melakukan perekaman suara. Apabila tidak ingin mengunduh aplikasi tambahan, pengguna bisa mengaksesnya langsung saat sedang melakukan panggilan. Metode ini juga cocok untuk darurat dan tidak memiliki aplikasi lain untuk merekam.

1. Memulai Panggilan dan Menjalankan Aplikasi

Buka aplikasi WhatsApp, kemudian pilih kontak yang ingin ditelepon. Tutup sejenak layar telepon kemudian masuk ke apps yang dimiliki hp untuk merekam. Pastikan bahwa panggilan masih berlangsung dan tidak tertutup. Tekan “Rekam” atau “Record” untuk memulai.

2. Mengaktifkan Speaker

Menyalakan loudspeaker atau speaker pada panggilan, supaya perekam suara bisa menangkap suara yang ada dengan lebih jelas. Hal ini cukup efektif, namun tetap ada kemungkinan bahwa suara yang dihasilkan lebih ramai. Setelah telepon berakhir, matikan aplikasinya kemudian tekan tombol “Save” untuk menyimpannya di perangkat.

Cara Merekam Telepon WhatsApp, Menggunakan Bantuan Aplikasi Tambahan

Cara Merekam Telepon WhatsApp

Aplikasi bisa memberikan kualitas suara yang lebih baik dibandingkan fitur bawaan hp. Ada cukup banyak apps yang bisa diunduh, namun rekomendasi kali ini adalah Call Recorder yang memiliki penilaian baik dan banyak digunakan untuk merekam panggilan.

1. Download Aplikasi

Kunjungi market Play Store, kemudian ketikkan aplikasi dengan nama Call Recorder yang dikembangkan oleh Cube Apps Limited. Apps berukuran 7.8 MB ini sudah diunduh sampai melebihi 10 juta kali. Selain digunakan dalam cara merekam telepon WhatsApp, Call Recorder juga mendukung aplikasi lainnya seperti Skype, LINE, Telegram, dan masih banyak lagi. Suara rekaman yang dihasilkan jernih dan bisa langsung disimpan di perangkat. Selesaikan unduhannya, kemudian jalankan aplikasi.

2. Memberi Akses Pada Aplikasi

Perhatikan halaman utama dari apps dengan logo kubus ini. Terdapat beberapa opsi seperti persetujuan untuk akses penyimpanan, audio, serta kontak. Pengguna perlu memberikan izin terlebih dahulu sehingga aplikasi bisa mengakses beberapa hal untuk melakukan perekaman telepon. Setelah memberi akses, tekan tulisan “Grant Permissions” yang ada di bawah. Call Recorder akan mengumpulkan data dari storage, kontak, dan lain-lain. Ikuti instruksi berikutnya sampai bisa mulai menggunakan aplikasi.

3. Cara Merekam Telepon WhatsApp Melakukan Panggilan Sambil Merekam

Buka aplikasi WhatsApp. kemudian hubungi nomor kontak orang yang ingin dihubungi. Setelah itu akan ada tombol shortcut menuju apps Call Recorder di layar. Cara merekam telepon WA selanjutnya adalah menekan tombol berbentuk mikrofon untuk memulai perekaman dalam panggilan tersebut.

Pengguna yang mengalami kendala bisa membuka pengaturan dalam aplikasi Call Recorder dan memilih opsi “Ignore VoIP” atau bisa juga “Force in call Mode”. Setelah selesai melakukan panggilan, tekan lagi pada ikon bentuk mikrofon. Otomatis rekaman panggilan akan disimpan dalam hp dan bisa didengarkan kembali.

Demikianlah pembahasan mengenai cara merekam telepon WhatsApp. Aplikasi yang rilis 12 tahun silam ini terus mengembangkan fiturnya sehingga mampu menggaet lebih banyak pengguna dari berbagai penjuru dunia. Penggunaannya yang mudah dan tampilan yang sederhana menjadikan WA masih mengungguli daftar aplikasi chat dengan pengguna terbanyak hingga kini.

Baca Juga : Ternyata Mudah! Inilah Cara Ganti Nomor WhatsApp Tanpa Menghilangkan Kontak dan Chat

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *