Cara Membuat Website Gratis

Cara Membuat Website Gratis untuk Pemula. Di zaman sekarang tentunya banyak sekali orang yang termotivasi membuat website sendiri namun gratis. Mungkin kamu salah satunya. Ketahuilah bahwa website pastinya dapat membuat apapun yang kamu inginkan tampak lebih meyakinkan.

Entah itu kamu seorang graphic designer, freelancer, fotografer, penulis artikel maupun blgger, pengusaha dan lain sebagainya. Maka website bisa membuat kamu semakin profesional atau serius dibidang yang sedang kamu tekuni. Apalagi jika hal tersebut dicapai tanpa harus merogok kocok sepersen pun ataupun gratis.

Apabila kamu berencana ingin meningkatkan reputasi serta personal branding, website tentunya tidak boleh diabaikan apalagi jika kamu memiliki tujuan utama untuk mendapatkan uang melalui internet. Mengingat kembali bahwa sebagian besar calon konsumen mencari kebutuhannya melalui internet.

Disaat mereka menemukan apa yang mereka butuhkan, maka umumnya mereka akan menghuungi toko maupun langsung membelinya pada website. selain itu juga sebiannya lagi mereka tidak percaya pada bisnis yang tidak memiliki website, jika sudah demikian apakah tidak masalah kamu kehilangan konsumen? Oleh karena itu website itu sangatlah penting di era digital ini. Berikut ini cara membuat website gratis dengan mudah.

Cara Membuat Website Gratis Dengan Mudah

  • Tentukan jenis website/situs yang ingin dibuat
  • Pilih platform
  • Atur hotin dan domain
  • Instal WordPress
  • Instal tema
  • Pasang plugin yang kamu butuhkan
  • Lakukan optimasi website

Selanjutnya kita bahas lebih dalam lagi dengan cara diatas tadi. Kamu bisa membuat websit menggunakan banyak platform, salah satunya adalah WordPress. Alasannya kini hampir 34,5% website di dunia menggunakan platform yang satu ini.

Cara Mudah Membuat Website untuk Pemula

1 . Menentukan Jenis Website Yang Ingin Dibuat

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan menantukan jenis website yang ingin dibuat, hal ini memang terbilang hal sepele dan klise, namun tentunya tidak boleh kamu lewatkan. Pada saat proses pembuatan website serta desain, nantinya kamu akan mendapatkan banyak sekali pilihan.

Baik itu dari segi teknis seperti paket disk space, paket hosting, bandwidth dan lain sebagainya. Begitu juga dari segi desain serta functionality seperti pugin, tema, slide, kolom, widget langganan newsletter dan lain- lain. Nah semua itu dapat saja membuat kamu bingug dan banyak untuk kamu.

Inilah jenis – jenis website secara umum

  • Website online shop : website ini akan digunakan untuk berjualan secara online, mulai dari produk digital, baang bahkan sampai jasa. Online shop tersebut sudah dilengkapi dengan fitur supaya memudahkan dalam melakukan transaksi online dan mengamankan pembayaran.
  • Website pribadi : untuk yang ini dimiliki satu orang untuk indentitas online. Biasanya websiter tersebut berisikan opini pribadi mengani berbagai hal maupun pengalamannya sehari – hari.
  • Website sekolah : saat ini banyak sekali sekolah yang mulai membuat website supaya memudahkan akses informasi. Bukan hanya itu saja, dengan adanya ini bisa mengetahui lokasi serta fasilitas yang dimiliki oleh sekolah tersebut dan disisi lain dimanfaatkan untuk berbagai kegiata belajar mengajar.
  • Blog : untuk jenis website ini akan menghadirkan berbagai informasi terkini. Ciri dari blog tersebut adalah tampilan informasi terbaru paling atas. Selain itu juga blog ini dapat dimiliki oleh pribadi maupun perusahaan.
  • Website berita : website ini akan menyuguhkan para audience berita terkini, berbagai berita yang ditampilkan bisa saja nasional dan berdasarkan berita atau topik tertentu.
  • Website Instansi : jenis ini kerap kali dimanfaatkan oleh instansi pemerintah untuk rangka keterbukaan informasi publik. Bukan hanya diisi dengan kegiatan instansi tertentu namun juga tmengenai transparansi anggaran.
  • Website Desa : biasanya jenis website ini digunakan oleh pemerintah desa supaya mendorong percepatan pembangunan dari desa tersebut. disisi lain isinya mengenai informasi desa, kegiatan desa serta penggunaan anggaran desa.

2 . Memilih Platform

Sebelum kamu lanjut ke cara membuat website gratis, alangkah baiknya kamu pilihlah platform yang nantinya akan digunakan. Kamu bisa menggunakan berbagai macam platform yang sudah ada. Kini sudah banyak platform gratis yang nantinya dapat membantu kamu untuk membuat website secara gratis.

Diantaranya seperti Drupal, Worldpress, Joomla dan lain sebagainya. Namun yang paling banyak digunakan adalah WordPress. Pasalnya platform tersebut sangat cocok jika digunakan oleh pemula yang memang ingin membuat website pribadi. Disisi lain platform tersebut memang gratis, baik itu menginstal, unduh maupun memodifikasinya.

Disisi lain, platform tersebut juga dapat kamu gunakan untuk membuat website kecil contohnya seperti blog untuk berbisnis maupun website besar yang dimiliki oleh lembaga maupun perusahaan.

3 . Memilih Domain & Layanan Hosting

Cara membuat website gratis selanjutnya yaitu membuat email melalui domain serta hosting. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memilih nama domain serta hosting yang memang sesuai dengan mudah untuk kamu ingat.

Ketahuilah nama domain yaitu nama website yang akan kamu buat, akan tetapi untuk membuatnya kamu akan dikenakan biaya, kamu dapat membeli domain di berbagai website yang disediakan serta kamu jugabisa mengunjungi beberapa tempat penjualan domain yang nantinya akan menggratiskan domain jika kamu membeli hosting seperti .org, .com dan .net.

Namun tidak perlu khawatir, pasalnya biaya yang nantinya akan dikeluarkan tidak perlu mengorog kocek dalam. Umumnya biaya pembuatan domain kurang lebih 100 ribu saja untuk satu tahun masa aktif.

Cara Mudah Membuat Website untuk Pemula

4 . Instal Platform Yang sudah kamu pilih

Sesudah kamu selelsai memasukkan paket hosing serta domain. Selanjutnya kamu instal platform yang kamu pilih untuk website. jika kamu memilih WordPress maka centang pada bagian gratis auto instal website WordPress. Selain itu centang juga fitur tambahan dibagian bawahanya WordPress Accelrator.

5 . Cara Membuat Website dengan Menginstal Tema

Harus kamu perhatikan dibawah halaman instalasi softaculous ada pilihan tema yang dapat kamu instal. Nah kamu dapat memanfatakan hal tersebut apabila ingin menginstal tema secara cepat dan mudah. Selain itu juga apabila kamu memiliki tema sendiri maka bisa add pada halaman tersebut.

6 . Pasang Plugin

Menggunakan plugin tentunya bisa membuat sesuatu menjadi mungkin. Salah satunya menambahkan fitur untuk keamanan bahkan fitr chat. Apapun tamabahan fitur yang kamu inginkan tentunya bisa kamu dapatkan melalui plugin baik itu mulai dari sifatnya secara teknis serta desain maupun tampilan macam galeri dan lain sebagainya.

7 . Cara Membuat Website yang Terakhir Adalah Optimasi Website

Ketahuilah bahwa cara membuat website diatas tadi saja website sudah dapat digunakan, baik itu mengisinya dengan berbagai konten seperti tulisan, portofolio, foto maupun video bahkan produk yang ingin kamu jual. Akan tetapi namanya juga website perlu optimasi. Dapat ditebak bahwa website dapat berjalan lebih bagus lagi baik itu dari rangking mesin pencarian maupun dari segi kecepatan.

Sekian informasi yang bisa disampaikan mengenai cara membuat website gratis menggunakan WordPress. Selain itu juga masih banyak lagi platform yang dapat kamu gunakan. Semoga dengan adanya hal ini bisa membantu kamu.

5/5 - (217 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

one × 3 =