Kenali 5 Cara Mengatasi Memori Internal Penuh Pada Smartphone!

Cara Mengatasi Memori Internal Penuh

Kenali 5 Cara Mengatasi Memori Internal Penuh Pada Smartphone! – Pada saat ini, smartphone telah memiliki banyak fungsi seperti komunikasi, media pembayaran, game, browsing, nonton video, foto, dan lain-lain. Hal ini membuat memori internal smartphone  menjadi cepat penuh. Namun jangan khawatir karena ada cara mengatasi memori internal penuh pada smartphone yang dijelaskan berikut ini:

Kenali 5 Cara Mengatasi Memori Internal Penuh Pada Smartphone!

1. Menghapus Data Cache

Cara Mengatasi Memori Internal Penuh

Pada saat membuka sebuah aplikasi ataupun melakukan browsing, maka smartphone akan melakukan penyimpanan data sementara dalam bentuk cache. Cache berfungsi supaya kinerja smartphone bisa lebih cepat dan tidak terlalu banyak menghabiskan daya baterai. Namun, data cache smartphone yang menumpuk bisa memenuhi memori. Maka dari itu, perlu menghapus data cache.

Smartphone Android biasanya memiliki aplikasi khusus, seperti aplikasi i-Manager yang bisa menghapus data cache secara otomatis dengan sekali klik. Apabila tidak ada aplikasi seperti ini, maka pengguna bisa melakukannya secara manual melalui menu pengaturan. Setelah itu cari pengelola aplikasi, pilih aplikasi yang ingin dibersihkan, kemudian pilih penyimpanan dan bersihkan cache.

2. Pakai Memori Eksternal dan Pindahkan ke Memori Eksternal

Cara Mengatasi Memori Internal Penuh

Cara mengatasi penuh memori internal juga bisa dengan cara memakai memori eksternal. Apalagi saat ini, sudah banyak smartphone yang memiliki kapasitas memori eksternal sampai 256GB. Dengan memakai memori eksternal, maka bisa menambah kapasitas penyimpanan pada smartphone.

Supaya memori internalnya tidak penuh, maka pindahkan saja data-data besar pada memori internal ke memori eksternal. Data-data besar itu seperti: video, musik, foto, dokumen, dan lain-lain. Dengan begitu, kapasitas penyimpanan pada memori internal bisa bertambah dan juga bisa membuat kinerja smartphone menjadi stabil.

3. Hapus Aplikasi yang Jarang Dipakai

Cara Mengatasi Memori Internal Penuh

Banyaknya aplikasi pada smartphone juga bisa memenuhi memori internal. Apalagi jika aplikasinya sering melakukan update, maka semakin besar pula kapasitas memori internal yang dipakai. Maka dari itu, pilih saja aplikasi yang memang dibutuhkan dan sering digunakan. Sedangkan aplikasi yang jarang dipakai, lebih baik dihapus saja.

Cara menghapus aplikasi yaitu dengan cara melakukan uninstall. Proses ini bisa melalui pengaturan pada smartphone kemudian pilih pengelola aplikasi, dan pilih aplikasi yang ingin dihapus. Kemudian klik copot pemasangan atau uninstall.

4. Cara Mengatasi Memori Internal Penuh, Mendownload File Besar Jangan Terlalu Sering

Salah satu penyebab memori internal cepat penuh yaitu pengguna sering mendownload file dengan ukuran besar. File tersebut seperti, video, musik, dan lain-lain. Lebih baik lakukan streaming saja. Seperti pada saat menonton Youtube, maka pengguna bisa melakukan streaming. Melakukan download itu jika memang diperlukan saja.

5. Pindahkan Data Memori Internal ke PC

Cara memperbaiki memori internal penuh juga bisa dengan memindahkan data yang ada di memori internal ke memori penyimpanan PC. Dengan dipindahkan ke PC, memori internal pada smartphone bisa berkurang dan data tidak perlu hilang, karena data tersebut bisa dipindahkan kembali ke smartphone.

Selain itu, data-data dari memori internal smartphone juga bisa terbaca di PC. Seperti, data-data video, musik, dokumen, dan foto masih bisa dibuka di PC. Dengan begitu, pengguna bisa menonton video, mendengarkan musik, dan melihat foto dan dokumen di PC. Hal ini tentu saja membuat memori internal menjadi tidak penuh lagi.

Cara-cara yang sudah dijelaskan tersebut bisa mengatasi memori internal smartphone yang penuh. Gunakan sebaik mungkin kapasitas memori internal yang ada. Hal ini supaya data-data tetap bisa digunakan dan juga kinerja smartphone tetap stabil tanpa hambatan.

Baca Juga : Rekomendasi Aplikasi Memperbaiki Kartu Memori

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

twenty − 15 =