Cara Menambah Router Wifi di Rumah, Kantor, Hingga Sekolah

Cara Menambah Router Wifi

Cara Menambah Router Wifi di Rumah, Kantor, Hingga Sekolah – Penambahan router wifi biasanya diperlukan untuk memperluas jangkauan internet pada tempat atau wilayah yang luas. Biasa diterapkan pada tempat seperti sekolahan, kampus, kantor yang besar, hingga suatu daerah. Hal tersebut bertujuan agar sinyal internet tidak semakin hilang jika dijangkau atau diakses dari tempat yang jauh dari sumber internet. Berikut cara menambah router wifi yang bisa dipraktekkan dengan mudah:

Cara Menambah Router Wifi di Rumah, Kantor, Hingga Sekolah

1. Siapkan Router Utama dan Sekunder

Cara Menambah Router Wifi

Cara menambah router wifi yang pertama adalah mempersiapkan dan menetapkan router utama dan sekunder. Router utama adalah router yang nanti akan dihubungkan kepada modem dan stopkontak. Penggunaan router yang lebih lengkap dan memadai sebagai router utama sangat dianjurkan. Hal itu dikarenakan untuk meningkatkan kualitas ketahanan perangkat sebagai penyalur utama.

Router sekunder adalah router yang berfungsi untuk memperluas jangkauan internet. Nantinya internet akan disalurkan atau disebarkan kepada perangkat lain seperti komputer, laptop, hp, dan perangkat digital lainnya. Router sekunder bertugas untuk mengendalikan jaringan LAN atau WAN yang dibuat. Apabila memiliki dua atau beberapa router yang sama bisa memakai salah satu sebagai router utama.

2. Menentukan Jaringan Sekunder

Cara Menambah Router Wifi

Jenis jaringan sekunder atau jaringan yang akan disebarkan lebih luas lagi harus ditentukan terlebih dahulu. Apakah memakai jaringan LAN ke LAN atau LAN ke WAN. Kedua jenis jaringan tersebut memiliki sedikit perbedaan dalam penggunaannya. Jika ingin memperluas jaringan WiFi dengan menggunakan router kedua bisa menerapkan jaringan LAN ke LAN.

Jaringan LAN ke LAN juga dapat berfungsi untuk saling bertukar atau berbagi berkas kepada perangkat lain yang terhubung melalui kabel jaringan LAN. Sebaliknya jika ingin membuat jaringan kedua dalam jaringan utama maka lebih memungkinkan untuk menggunakan jaringan LAN ke WAN. Jaringan ini dapat memungkinkan untuk memberi batasan pada komputer dan perangkat lain yang terhubung.

3. Cara Menambah Router Wifi, Setting Router Utama

Sebelum disalurkan maka router utama disetting terlebih dahulu. Hubungkan router melalui kabel LAN pada komputer atau laptop. Lakukan pengaturan seolah hanya menggunakan satu router. Setiap model router punya pengaturan yang berbeda – beda. Jika masih bingung atau ragu bisa melihat buku panduan atau sumber informasi lainnya mengenai setting awal untuk router utama.

Lakukan pengubahan pengaturan DHCP. Jika ingin membuat jaringan LAN ke WAN maka bisa mengatur layanan DHCP router utama pada alamat IP antara 192.168.1.2 hingga 192.168.1.50. jika ingin membuat tipe jaringan LAN ke LAN maka bisa diatur default pada layanan DHCPnya. Jika pengaturan awal sudah selesai maka jangan lupa untuk memutuskan koneksi komputer dengan router.

4. Atur Router Sekunder

Hubungkan router kedua dengan komputer atau laptop. Atur agar alamat IP pada router kedua selaras dengan router utama. Alamat IP pada router sekunder harus dalam satu alamat jaringan yang sama dengan router utama. Jika menggunakan jaringan LAN ke LAN maka matikan layanan DHCP pada router sekunder.

5. Hubungkan Kedua Router

Kedua router dihubungkan menggunakan kabel LAN. Pada router utama akan terdapat slot LAN 1 hingga LAN4 untuk memasukkan kabel. Tempat slot bisa digunakan dengan menyesuaikan tujuan penggunaan atau penambahan kabel LAN masing – masing. Jika untuk penambahan router biasa maka bisa dipasang pada slot manapun,biasanya jumlah slot berbeda tergantung jenis dan model router yang dipakai.

Selanjutnya hubungkan kabel LAN pada router sekunder. Kabel dihubungkan pada bagian slot router. Sama dengan router sebelumnya disana terdapat beberapa lobang slot yang bisa dipakai dengan jenis atau nama slot masing – masing. Kabel LAN dihubungkan pada slot yang bertuliskan internet atau WAN. Biasanya terdapat 2 atau lebih slot tergantung dengan jenis router yang digunakan.

Berikut cara menambah router wifi yang dapat dilakukan jika ingin menambah dan memperluas jaringan internet di rumah , sekolah, atau kantor. Tentu cara diatas dapat digunakan dan diterapkan dengan mudah.

Baca Juga : Cara Mengetahui Password Wifi.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *