Yuk, Ketahui Cara Agar Jaringan Tidak Lemot di Bawah Ini!

Cara Agar Jaringan Tidak Lemot

Yuk, Ketahui Cara Agar Jaringan Tidak Lemot di Bawah Ini! – Jaringan internet saat ini menjadi kebutuhan yang penting bagi manusia. Hal tersebut dikarenakan semua sektor kehidupan seperti sekolah, bekerja, hingga bersosial semuanya berhubungan dengan internet. Masalahnya terkadang terjadi gangguan jaringan yang menyebabkan kinerja perangkat menjadi lemot. Untuk itu berikut cara agar jaringan tidak lemot yang bisa menjadi solusi efektif:

Yuk, Ketahui Cara Agar Jaringan Tidak Lemot di Bawah Ini!

1. Menggunakan Aplikasi UC Browser

Cara Agar Jaringan Tidak Lemot

Cara agar jaringan tidak lemot yang pertama adalah dengan menggunakan aplikasi UC Browser. Aplikasi tersebut tidak hanya sekedar aplikasi browser biasa namun juga dilengkapi dengan fitur adblock. Fitur tersebut sangat penting untuk dipakai ketika ingin melakukan pencarian di web browser. Hal tersebut dikarenakan penyebab jaringan lemot ketika melakukan pencarian adalah iklan.

Iklan – iklan yang dipasang di web menjadi salah satu penyebab jaringan internet dan kinerja pencarian menjadi lemot. Hal itu karena ketika membuka suatu web maka akan menguras data atau jaringan internet lebih banyak. Tidak hanya untuk menampilkan isi dari web atau aplikasi saja namun juga untuk menampilkan iklan yang dipasang. Selain membuat kerja jadi lama , iklan yang ditampilkan terkadang juga sangat mengganggu dan tidak penting.

2. Gunakan Aplikasi Anti Lemot & Anti Lag Fixer

Cara Agar Jaringan Tidak Lemot

Aplikasi tersebut adalah aplikasi yang mampu mengontrol kinerja hp dan jaringan internet di android. Tidak hanya untuk sekedar browsing atau menonton youtube, tapi bermain game bisa menjadi lancar dengan menggunakan aplikasi tersebut. Jaringan internet akan lebih dimaksimalkan sesuai kebutuhannya dan akan diprioritaskan kepada aplikasi atau browser yang sedang digunakan.

Cara penggunaannya cukup mudah sekali. Pengguna hanya perlu untuk mendownload dan menginstal aplikasi berikut dari Play Store. Selanjutnya akan terdapat sebuah tombol di halaman utama aplikasi. Ketika pengguna ingin mengaktifkan dan menjalankan aplikasi berikut hanya perlu menekan tombol tersebut. Maka selanjutnya aplikasi akan mengontrol kinerja jaringan agar menjadi lancar dan cepat.

3. Menggunakan Aplikasi Clean Master

Salah satu penyebab jaringan menjadi lelet atau lemot adalah terlalu banyaknya jumlah cache dalam browser. Tidak hanya browser saja, namun juga cache dari aplikasi lain yang tersimpan di dalam penyimpanan internal hp. Salah satu cara efektif untuk meningkatkan kecepatan jaringan adalah dengan membersihkan cache dan berkas sampah yang membebani hp.

Untuk itu bisa menggunakan aplikasi Clean Master atau aplikasi pembersih cache lain yang tersedia di Play Store. Aplikasi berikut sangat mudah untuk digunakan karena pengguna hanya perlu menekan satu tombol saja. Tombol tersebut biasanya bertuliskan “Bersihkan Cache” yang jika ditekan akan memulai sistem pembersihan pada hp. Setelah itu, maka kinerja jaringan internet menjadi lebih cepat dan ringan.

4. Via Aplikasi VPN

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi VPN atau Virtual Private Network. Hal tersebut bertujuan untuk mengatur jaringan pribadi bisa digunakan berkoneksi ke jaringan publik. Manfaatnya ketika menggunakan vpn adalah kinerja jaringan internet menjadi lebih cepat. Hal tersebut dikarenakan jaringan pribadi yang digunakan dapat mengakses internet dengan jalur khusus.

Tidak tercampur dengan jaringan internet publik lainnya sehingga tidak akan menjadi lemot. Banyak aplikasi vpn yang bisa dipakai di hp. Seperti aplikasi VPN Master dan banyak lagi. Aplikasi – aplikasi tersebut dapat didownload dan diinstal dengan mudah melalui Play Store. Selain meningkatkan kinerja jaringan, menggunakan vpn juga membantu menjaga keamanan jaringan perangkat ketika mengakses internet.

5. Cara Agar Jaringan Tidak Lemot, Mengatur Mode Jaringan Hp

Biasanya di menu pengaturan jaringan android terdapat fitur untuk mengatur mode jaringan. Mode jaringan yang bisa dipakai saat ini diantaranya 2G/3G/4G . Saat ini sudah ada jaringan 5G namun masih belum tersebar di banyak daerah. Semakin tinggi tipe jaringan yang diatur dan digunakan maka semakin cepat kinerja jaringan internet yang dirasakan.

Berikut 5 cara agar jaringan tidak lemot yang dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja jaringan internet dengan efektif. Tentu masih banyak cara lain yang bisa digunakan seperti memakai kartu perdana yang paling cepat, memasang dan mengatur wifi sendiri, hingga meningkatkan bandwith sinyal internet. Cara-cara di atas dapat digunakan sebagai solusi alternatif untuk jaringan internet yang lemot.

Baca Juga : Telkomsel 5G, Begini Cara Ganti Jaringan 4G ke 5G Tanpa Ganti Kartu

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen − eight =