15 Cara Mencabut Charger HP yang Benar Agar Baterai Awet

Cara Mencabut Charger HP yang Benar Agar Baterai Awet

Cara Mencabut Charger HP yang Benar Agar Baterai Awet Terbaru 2022 – Baterai merupakan komponen penting yang ada dalam ponsel. Cara mencabut charger HP yang benar akan mempengaruhi umur baterai, sehingga Anda harus memperhatikannya. Selain itu, lonjakan listrik saat mencharger HP juga memiliki pengaruh.

Cara Mencharger HP yang Benar

Jika kapasitas baterai menurun, maka akan berdampak pada durasi pemakaian HP Anda. Walaupun sekarang ini telah banyak HP yang menggunakan baterai dengan kapasitas besar. Lengkap dengan teknologi fast charging sehingga pengisian daya baterai lebih cepat.

Akan tetapi kemampuan baterai bisa berkurang jika Anda tidak merawatnya dengan baik. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan cara mencabut charger HP yang benar. Simak beberapa tips merawat baterai HP pada saat mengisi daya berikut ini:

1. Lama Mengisi Daya

Pengguna HP perlu tahu aturan dasar pengisian ulang baterai. Anda bisa mengisi ulang baterai mulai dari 30 persen sampai 90 persen. Pada saat melakukan pengecasan, usahakan untuk mencabut cas HP sebelum mencapai 100 persen.

Sebab, memiliki baterai lithium ion dari 80 persen sampai 100 persen bisa merusak daya, sehingga kapasitas baterai cepat menurun.

2. Hindari Tempat Panas Saat Mengecas

Selanjutnya, Anda perlu menghindari mengisi daya baterai di tempat bersuhu panas maupun terlalu dingin. Sebab, kinerja baterai optimal berada di suhu ruangan mulai dari 20 derajat celcius sampai 30 derajat celcius. Jika suhu ruangan terlalu panas atau dingin, maka bisa merusak kapasitas baterai.

3. Gunakan Cas HP Fast Charging

HP baru telah mendapatkan dukungan pengisian daya cepat. Anda bisa membeli charger original. Pengisian baterai yang cepat tidak akan merusak masa baterai. Namun, Anda perlu berhati-hati ketika mengisi daya, sebab suhu HP bisa meningkat.

4. Mode Pesawat

Saat mengecas, Anda bisa menggunakan mode pesawat atau mematikan hp. Mode Pesawat akan menghentikan notifikasi HP sementara waktu, sehingga ketika mengisi daya tidak terjadi peningkatan suhu.

5. Hindari Mengecas Menggunakan Port USB

Hindari mengecas HP menggunakan port USB di laptop maupun komputer. Sebab, arus masuk cenderung melambat. Mengecas HP menggunakan port USB akan membuat pengisian daya lebih lama serta meningkatkan suhu ponsel.

Bagaimana Cara Mencabut Charger HP yang Benar?

Mana yang harus Anda colok terlebih dahulu saat mengisi daya, stop kontak atau HP? Hal ini nantinya juga akan menjawab bagaimana cara mencabut charger HP yang benar agar baterai ponsel tetap awet.

1. Awas Lonjakan Tegangan Listrik

Perbedaan kecil pada saat mengisi daya baterai HP akan mempengaruhi kesehatan HP itu sendiri. Anda juga harus memperhatikan lonjakan tegangan listrik, sebab memiliki kaitan yang erat.

Lonjakan tegangan listrik merupakan tegangan berlebih saat di luar tegangan kerja yang normal. Hal ini semacam denyut listrik yang sifatnya sementara dan hebat. Lonjakan tegangan listrik dihasilkan dalam waktu seperjuta detik. Sehingga perlu memperhatikan bagaimana cara mencabut charger HP yang benar.

Ketika mulai mengisi daya ponsel kadangkala terdengar suara seperti berdengung. Hal ini yang disebut sebagai lonjakan tegangan listrik.Lonjakan tegangan listrik tidak bisa dianggap remeh. Hal ini yang menyebabkan beberapa hal, mulai dari:

  • Kehilangan data
  • Penurunan performa
  • Mempersingkat umur pakai baterai
  • Terjadinya penghentian mendadak
  • Penyalaan ulang pada HP
  • Adanya kedipan di layar
  • Kebisingan
  • Kerusakan sirkuit
  • Masalah lainnya

2. Mencabut Charger HP

Jika Anda mencolokkan kabel data ponsel terlebih dahulu, maka bisa memunculkan arus yang besar saat menghubungkannya pada suplai listrik. Hal ini akan menimbulkan lonjakan tegangan berlebihan sehingga akan merusak ponsel.

Jika mencolokkan ke stop kontak terlebih dahulu, lalu menghubungkan ke ponsel meskipun ada lonjakan tegangan tidak bisa dihilangkan begitu saja. Namun, kontak langsung antara tegangan dan ponsel bisa Anda hindari.

Begitu juga dengan cara mencabut charger HP yang benar, berlaku hal yang sama. Sebab, pada saat mencabut pengisian daya, mudah sekali terjadi arus balik sesaat yang bisa menimbulkan rangkaian masalah. Misalnya, baterai lebih cepat rusak dan umur baterai lebih singkat.

3. Solusi Tepat

Anda bisa mencoba mode isi daya pintar untuk menjaga kesehatan baterai. Melalui adaptasi rutinitas pengisian daya ponsel Anda, maka menggunakan mode ini lebih disarankan.

Anda bisa menghentikan pengisian daya sementara waktu untuk menunda berangkat hingga 100 persen sampai dibutuhkan. Hal ini lebih efektif untuk memperpanjang umur pakai baterai.

Lalu kalau Bagaimana cara mengaktifkannya? Anda bisa mengikuti langkah-langkah mengaktifkan mode isi daya pintar, yaitu:

  • Anda bisa membuka pengaturan yang ada di HP.
  • Kemudian pilihlah baterai, lalu klik pengaturan baterai lainnya.
  • Anda bisa mengaktifkan isi daya pintar.

Dengan mengaktifkan isi daya pintar ini tidak akan mempengaruhi kecepatan pengisian baterai. Sehingga, penting juga untuk menerapkan cara mencabut charger HP yang benar.

Cara Merawat Kabel Charger

Kabel charger juga menjadi komponen penting selain baterai. Agar bisa mencharger HP lebih baik lagi, Anda juga harus memperhatikan kabel charger. Berikut ini beberapa hal untuk merawat kabel charger, antara lain:

1. Menghindari Tekukan Tajam

Bagian dalam charger putus menjadi masalah yang umum terjadi. Apalagi di bagian yang paling dekat dengan sambungan USB port, sebab bagian ini merupakan titik terlemah dari kabel.

Selain itu, pembengkokan pada sendi yang parah akan membuat lapisan luar kabel terkelupas sehingga mengekspos bagian dalam. Untuk menghindari hal ini, cobalah tidak menekuk kabel terlalu kuat.

2. Jangan Masukkan ke dalam Tas yang Penuh

Selain memperhatikan cara mencapai charger HP yang benar agar tetap awet, Anda juga perlu memperhatikan hal lain. Misalnya, jangan memasukkan kabel charger ke dalam tas yang penuh sesak dengan barang. Jika hal ini Anda lakukan, maka kata kemungkinan besar akan tertindih bahkan menekuk.

3. Jangan Diikat

Hal selanjutnya perlu anda perhatikan yaitu Saat mengikat kabel charger. Banyak orang mengikat kabel charger pada barang yang biasa Anda pakai, seperti power bank.

Padahal untuk mengikat kabel charger seperti itu akan menimbulkan lekukan pada kabel. Lekukan ini yang akan melukai kabel sehingga bagian dalamnya bisa muncul. Cara yang paling tepat untuk mengikat kabel yaitu menggunakan coil wrapping.

4. Gunakan Klip Kabel

Pada umumnya semua kabel charger telah mendapat pengikat kabel. Ini bukan hanya sekedar pengemasan kabel charger saja, melainkan menjadi alat bantu untuk mengikat kabel charger.

Khususnya pada saat Anda sedang travelling atau bepergian jarak jauh. Anda bisa memanfaatkan klip kabel untuk membentuk ikatan yang dan menghindari sudut-sudut lancip.

5. Gunakan Adapter Magnetik

Teknologi adapter magnetik bisa membantu anda merawat charger lebih baik lagi.  Sistem yang ada pada adapter magnet membuat pengisian daya baterai lebih cepat.

Selain itu, sistem ini memudahkan Anda saat menyambung atau melepaskan charger dengan aman. Sehingga mengurangi resiko kerusakan baterai. Selain itu, pada saat gelap Anda bisa dengan mudah menyambungkan kabel charger ke handphone.

Jika Anda bisa menerapkan cara mencabut charger HP yang benar, maka bisa menjaga umur baterai HP. Selain itu, Anda bisa menghindari kerusakan besar yang akan merugikan.

Baca Juga : 4 Cara Cek Kesehatan Baterai Tanam HP Android, ketahui Ciri dan Penyebab baterai Cepat Rusak

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin