Cara Mendownload Game di Steam

Cara Mendownload Game di Steam

Cara Mendownload Game di Steam dari PC atau Laptop – Sudah taukah anda bagaimana cara mendownload game di Steam? Bagi anda yang selama ini belum pernah membeli game original melalui Steam, mungkin saja anda masih merasa bingung bagaimana proses mendapatkan file game yang sudah anda beli.

Sebenarnya, cara mengunduh file game original dari Steam itu tidak sulit. Jika anda sudah paham bagaimana cara membeli game original dari Steam, maka anda hanya perlu selangkah lagi untuk bisa mengunduh file game tersebut.

Anda bisa mempelajari lebih lanjut mengenai bagaimana caranya mengunduh file game original yang sudah anda beli dari Steam tersebut selengkapnya melalui artikel ini.

Apa Saja yang Harus Anda Persiapkan Untuk Mengunduh File Game di Steam?

Cara Mendownload Game di Steam

Sebelum membahas lebih lanjut cara mendownload game di Steam, anda harus mempersiapkan beberapa hal terlebih dahulu agar proses pengunduhannya bisa berjalan lancar.

Berikut ini merupakan beberapa macam hal yang wajib harus anda persiapkan untuk bisa mengunduh file game yang sudah anda beli dari Steam:

· Aplikasi atau software Steam

Hal pertama yang wajib harus ada di dalam PC ataupun laptop yang akan anda gunakan untuk mengunduh file game dari Steam adalah aplikasi atau software Steam itu sendiri.

Anda tidak bisa mengunduh file game melalui website resmi Steam. Pengunduhan file game hanya bisa anda lakukan melalui aplikasi Steam resmi.

Jika anda belum memasang aplikasi atau software resmi dari Steam, anda bisa mengunduh dan memasangnya terlebih dahulu di PC atau laptop anda.

Anda bisa mendapatkan aplikasi atau software Steam tersebut langsung dari website resminya.

· Akun Steam

Selain aplikasi atau software Steam, anda juga wajib sudah memiliki akun Steam jika ingin mengunduh game dari Steam.

Bila anda belum memiliki akun Steam, maka anda bisa membuatnya terlebih dahulu melalui link ini.

· Storage

Bila anda sudah memiliki akun Steam serta sudah memasang aplikasi atau software Steam di PC ataupun laptop, maka hal berikutnya yang juga wajib menyediakan storage untuk penyimpanan data file game yang mau anda unduh.

Pastikan bahwa storage PC maupun laptop yang anda miliki masih mencukupi untuk menyimpan file game yang mau anda unduh dari Steam.

Bila semua itu sudah anda penuhi, maka anda bisa lanjut mempelajari bagaimana langkah-langkah untuk mengunduh file game original dari Steam.

Langkah-Langkah Download Game di Steam

Cara Mendownload Game di Steam

Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa anda ikuti jika ingin mengunduh game original yang sudah anda beli ataupun game gratis di Steam:

  1. Login terlebih dahulu ke dalam akun Steam anda melalui aplikasi atau software Steam di PC atau laptop.
  2. Cari game yang mau anda beli atau mau anda unduh secara gratis di Steam.
  3. Jika game tersebut berbayar, maka anda bisa menekan tombol Beli dan melakukan pembayaran terlebih dahulu.
  4. Setelah itu, masuk ke dalam menu Library.
  5. Di dalam menu Library, anda bisa melihat beragam game yang sudah anda beli.
  6. Untuk mengunduh game yang sudah anda beli, maka anda hanya perlu klik pada judul game tersebut dan pilih menu Install di kolom bagian kanan.
  7. Kemudian, pilih dimana anda mau menyimpan file game tersebut di storage PC atau laptop anda.
  8. Selain itu, andapun bisa menentukan mau memasang shortcut game di desktop dan Start Menu atau tidak.
  9. Jika sudah, anda hanya perlu menekan tombol Next dan terakhir Finish.

Cepat lambatnya proses pengunduhan file game original dari Steam ini sangat ditentukan dari banyak faktor. Beberapa faktornya adalah seperti berapa besar ukuran file game yang anda unduh serta seberapa cepat koneksi internet anda.

Hanya saja, anda tetap bisa menggunakan PC ataupun laptop ketika proses pengunduhan file game di Steam. Hal tersebut karena proses pengunduhan file game berjalan di background task.

Cara Mempercepat Download di Steam

Lalu bagaimana jika anda ingin lebih mempercepat lagi proses download game original di Steam? Sebenarnya ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mempercepat proses download game di Steam.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa coba anda lakukan:

· Gunakan koneksi internet dengan kabel bukan melalui Wifi

Yang pertama, anda bisa gunakan koneksi internet dengan kabel. Jangan gunakan koneksi internet Wifi.

Kenapa? Karena secepat apapun koneksi internet dengan Wifi tetap kalah stabil jika anda bandingkan dengan menggunakan kabel.

Dengan mendapatkan koneksi internet yang stabil, tentunya proses pengunduhan file game original di Steam akan jauh lebih cepat selesai.

· Jangan browsing menggunakan PC atau laptop terlebih dahulu

Yang berikutnya, anda juga sebaiknya jangan menggunakan PC ataupun laptop anda untuk browsing terlebih dahulu.

Hal tersebut karena aktivitas browsing sedikit banyak bisa memperlambat proses download.

Jadi bagaimana? Sekarang anda sudah cukup paham bukan bagaimana cara mendownload game di Steam? Cukup mudah bukan sebenarnya?

Baca Juga : Cara Sharing Account Steam

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

7 + sixteen =