Cara Sharing Account Steam

Cara Sharing Account Steam

Cara Sharing Account Steam dan Library Dengan Teman – Salah satu cara untuk bisa membeli game di Steam dengan lebih hemat adalah dengan cara sharing account Steam. Dengan sharing account, anda bisa “patungan” dengan teman untuk membeli game AAA di Steam.

Namun masalahnya, apakah hal ini aman? Apakah ini cara yang legal? Sharing account di Steam sangat aman. Bahkan ini merupakan fitur resmi dari Steam sendiri.

Jadi sekarang anda bisa berbagi semua game yang sudah pernah anda beli kepada orang lain yang memiliki akun Steam juga.

Penasaran bagaimana caranya untuk melakukan sharing account Steam? Jika anda tertarik ingin mencoba berbagi game Steam, anda bisa pelajari bagaimana cara melakukannya dengan benar di artikel ini.

Beragam Kekurangan Sharing Account di Steam

Cara Sharing Account Steam

Sebelum membahas mengenai bagaimana cara share account Steam, ada baiknya anda ketahui terlebih dahulu bahwa fitur dari Steam ini memiliki beberapa kekurangan.

Berikut ini merupakan beberapa kekurangan dari fitur Sharing Account:

· Ada batasan berbagi game di Steam

Meskipun anda bisa berbagi Library Game dengan menggunakan fitur Sharing Account, namun anda tidak bisa seenaknya berbagi dengan semua orang yang anda kenal.

Fitur Steam ini terbatas hanya untuk digunakan di 10 device dan 5 akun saja. Jadi anda sudah tidak bisa lagi menggunakan fitur Sharing Acccount ini jika sudah melebihi batas penggunaan tersebut.

· Tidak semua game bisa dimainkan dengan fitur Sharing Account

Selain ada batasan jumlah device dan akun, tidak semua game yang ada di Steam bisa anda mainkan dengan fitur ini.

Ada beberapa game yang tidak bisa berjalan ketika anda mainkan dengan fitur Sharing Account ini.

Beberapa jenis game yang tidak mendukung fitur ini adalah game yang membutuhkan akun ataupun subscription khusus untuk memainkannya.

· Tidak bisa memainkan game secara bersamaan

Kekurangan berikutnya dari fitur Steam ini adalah anda tidak bisa bermain game secara bersamaan dengan mereka yang mendapatkan Sharing Account dari akun anda.

Jadi game hanya bisa anda mainkan secara bergantian. Dan sebagai pemilik utama, anda mendapatkan prioritas untuk memainkan game di Steam.

Jika game sedang dimainkan oleh akun yang mendapatkan Sharing Account, kemudian anda sebagai pemilik utama juga memainkan game tersebut, maka akun Sharing Account akan mendapatkan notifikasi untuk keluar dari game atau membeli game tersebut untuk bisa melanjutkan bermain.

· Tidak bisa memainkan game dengan region restriction

Meskipun sudah mendapatkan Sharing Account, andapun tidak akan bisa memainkan game yang masuk dalam kategori region restriction.

Jadi jika pemilik akun utama dan Sharing Account berada di region yang berbeda, maka ada kemungkinan penerima Sharing Account tidak bisa memainkan game tertentu di dalam Library Game.

Langkah-Langkah Sharing Account Steam dan Library Game

Bagi anda yang tertarik mencoba menggunakan fitur Sharing Account di Steam dan tidak mempermasalahkan kekurangannya, anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk mencobanya:

  1. Pertama, akses akun Steam utama dari PC atau laptop.
  2. Masuk ke dalam akun dari aplikasi atau software Steam.
  3. Aktifkan terlebih dahulu fitur Steam Guard di akun pemberi Sharing Account.
  4. Cara mengaktifkan fitur tersebut adalah dengan masuk ke menu Setting>Account>Manage Steam Guard Account Security.
  5. Tentukan bagaimana anda mau melakukan verifikasi setiap kali masuk ke dalam akun Steam anda. Anda bisa memilih menerima kode verifikasi melalui Email maupun melalui Telepon.
  6. Setelah fitur Steam Guard di akun utama aktif, maka selanjutnya login dengan akun tersebut di PC atau laptop yang mau menerima Sharing Account.
  7. Login ke PC atau laptop penerima Sharing Account menggunakan akun utama.
  8. Pastikan untuk login menggunakan software Steam juga di PC atau laptop tersebut.
  9. Setelah bisa login di akun utama melalui PC atau laptop penerima Sharing Account, masuk ke dalam menu Settings>Family.
  10. Kemudian centang pada bagian “Authorize Library Sharing on This Computer”.
  11. Jika sudah, logout dari akun utama anda dari PC atau laptop penerima Sharing Account.
  12. Terakhir, login menggunakan akun Steam teman yang PC atau laptopnya sudah anda berikan ijin untuk Sharing Account.

Bila anda mengikuti langkah-langkahnya dengan benar, maka seharusnya anda sudah bisa melihat semua game yang dimiliki akun utama muncul di Library Game teman yang anda berikan ijin untuk Sharing Account.

Hanya saja, sekali lagi, game yang bisa anda share dengan akun Steam lain ini tidak bisa dimainkan secara bebas. Ada beberapa pembatasan untuk memainkan game-game tersebut.

Bagaimana? Apakah cara sharing account Steam ini cukup mudah? Kira-kira, game apa yang nantinya mau anda share dengan teman anda?

Baca Juga : Cara Backup Game Steam Dengan Mudah dan Cepat

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

5 × 1 =