Cara Mengatasi HP Kemasukan Air

Cara Mengatasi HP Kemasukan Air

Cara Mengatasi HP Kemasukan Air – Siapa di sini yang memiliki pengalaman tidak menyenangkan seperti Handphone (HP) tidak sengaja kemasukan air saat mencuci piring, kehujanan, atau jatuh ke dalam sungai?

Tentunya hal tersebut sangat membuat kesal karena kemasukan air di HP berpotensi membuat kamu harus membeli HP yang baru lagi nih.

Ada beberapa hal yang menjadi akibat ketika HP kemasukan air, yaitu HP mati total sehingga kamu merasa frustasi karena harus membeli yang baru.

Kedua adalah, sparepart yang rusak. Seperti kamera yang berembun atau pun speaker yang memiliki suara kresek-kresek karena kemasukan air.

Semua hal tersebut tentunya membuat kamu jengkel sekali, tapi kamu jangan khawatir karena ada beberapa cara yang dapat kamu lakuakn untuk mengatasi HP kamu yang kemasukan air, di antaranya:

10 Cara Mengatasi HP Kemasukan Air

  1. Jauhkan dari Air

Cara Mengatasi HP Kemasukan Air

Langkah awal yang kamu harus lakukan adalah menjauhkan HP kamu dari air untuk memastikan tidak ada lagi air yang dapat masuk ke HP kamu.

Apabila HP kamu basah karena kehujanan, maka segerakan untuk masukkan ke dalam tas anti air atau lapisi dengan plastik.

Ini adalah langkah penting yang harus kamu lakukan mengingat air dapat masuk melalui lobang-lobang yang ada di HP seperti lobang charger dan lobang earphone.

  1. Matikan HP

Cara Mengatasi HP Kemasukan Air

Setelah menjauhkan HP dari sumber air, cara mengatasi HP yang kemasukan air kedua adalah dengan mematikan HP.

Namun, hal ini dapat dilakukan ketika HP yang terkena air masih hidup, karena HP harus dimatikan melalui sistem turn off yang ada di HP, layaknya ingin melakukan restart.

Hal ini ditujukan untuk tidak memencet tombol apapun yang ada di HP kamu, seperti tombol on/off dan tombol pengeras suara.

Karena ditakutkan air akan berpindah tempat/semakin masuk ke bagian HP yang lainnya jika kamu mematikan HP dengan cara dipencet.

  1. Posisikan HP

Setelah kamu mematikan HP yang basah, jangan sering menggoyang-goyangkan HP tersebut. Hal ini bertujuan untuk menghindari masuknya air lebih dalam lagi ke komponen HP kamu.

Tentukan posisi HP yang kamu inginkan untuk tahap selanjutnya, yaitu mengeringkan HP. Alangkah lebih baiknya jika kamu memposisikan HP dalam keadaan berdiri karena memungkinkan air yang berada di lobang charger akan keluar.

  1. Keringkan HP

HP yang basah harus segera dikeringkan untuk meminimalisir air yang masuk akan bertambah. Bagian belakang dan depan (layar) harus dikeringkan.

Pastikan juga kamu mengeringkan lobang-lobang yang ada di HP kamu seperti lobang earphone, lobang kartu SIM, dan lobang charger.

Kamu dapat melakukan pengeringan dengan handuk yang menyerap air, jika kamu tidak sedang membawa handuk maka segeralah mencari tisu untuk mengeringkan HP kamu.

  1. Cara Mengatasi HP Kemasukan Air, Melepas Komponen HP

Cara Mengatasi HP Kemasukan Air

Begitu HP sudah dikeringkan di bagian luar, maka kamu harus melepas komponen HP. Komponen HP yang dimaksud adalah kartu kartu SIM dan kartu memori jika kamu punya.

Selain kartu SIM dan kartu memori, jika HP kamu masih memungkinkan untuk dilepas baterainya, maka segera lepas baterai HP kamu.

  1. Jangan Terkena Panas Berlebih

Cara Mengatasi HP Kemasukan Air

Begitu HP kamu basah, pasti lah kamu merasa panik dan merasa harus segera mengeringkan HP tersebut. Serta keadaan basah yang pastinya membawa lembap.

Kebanyakan orang akan segera menjemur HP yang basah dengan sinar matahari secara langsung, hal ini sangat tidak disarankan.

Dikarenakan menjemur HP secara langsung ke sinar matahari akan membuat HP kamu mengalami overheat yang tidak baik untuk baterai.

Hal ini juga berlaku dengan hair dryer, kamu juga tidak disarankan menggunakan hair dryer karena juga memiliki panas yang cukup untuk membuat HP kamu overheat.

  1. Cara Mengatasi HP Kemasukan Air, Letakkan HP di Dalam Beras

Beras adalah salah satu bahan makanan yang lumrah ada di rumah orang Indonesia. Cara ini pun sudah menjadi rahasia umum ketika HP kemasukan air.

Hal ini dikarenakan beras dipercaya dapat menyerap air, sehingga diharapkan dengan direndam dalam beras akan menarik air-air yang berada di dalam HP kamu.

Ada pun cara nya adalah, kamu harus memiliki beras setidaknya sampai seluruh HP kamu terkubur di dalam beras tersebut.

Lalu diamkan selaman mungkin yang kamu bisa, minimal 2-3 hari di dalam beras tersebut. Serta pastikan HP dalam keadaan mati.

Selanjutnya adalah, jika memungkinkan, taro beras yang di dalamnya berada di HP dalam suhu ruangan yang cukup hangat, sehingga menambah efektivitas beras.

Pastikan juga suhunya tidak panas, karena ditakutkan akan menyebabkan overheat pada HP kamu. Walaupun cara ini tidak selalu berhasil, namun lebih baik dibanding tidak melakukan apa-apa.

  1. Menggunakan Nine Lives

Nine Lives adalah nama produk yang diperuntukkan untuk menyerap air di HP yang basah. Secara basic metode ini sama dengan menggunakan beras.

Dengan dimasukkan ke dalam nine lives selama kurang lebih 24 jam lalu menyegel bagian atas yang sudah tersedia di bungkusnya.

Produk ini sangat memudahkan sebagai pertolongan pertama jika HP kamu basah dan kamu sedang tidak berada di rumah.

Sayangnya, produk ini sulit ditemukan di Indonesia. Namun jangan khawatir karena kamu dapat membelinya di Amazon.

  1. Cara Mengatasi HP Kemasukan Air, Tempatkan di Dalam Silica Gel

Cara Mengatasi HP Kemasukan Air

Apakah kamu pernah membeli sepatu dan melihat ada benda berwarna putih di dalam kotak sepatu tersebut? Jika iya maka bisa jadi itu adalah silica gel.

Silica gel sendiri merupakan zat/benda yang dapat menjaga kelembapan. Silica gel sendiri terbentuk dari penggumpalan sol natrium silikat (NaSIO2).

Silika gel ini sudah dikenal untuk menyerap kelembapan pada barang-barang elektronik. Bahkan fungsinya dapat mengihlangkan bau, mengawetkan barang tua, dan membuat perhiasan tetap berkilau.

Caranya pun masih sama dengan metode beras, yaitu dikubur di dalam silica gel. Diamkan selama beberapa hari dengan keadaan HP mati.

Beruntungnya, silica gel dapat dengan mudah ditemukan atau dibeli di Indonesia, salah satunya lewat Shopee.

  1. Kubur HP di Dalam Pasir Kucing

Pasir kucing merupakan salah satu cara mengatasi HP kemasukan air. Hal ini dikarenakan pasir kucing dapat menyerap air.

Dikarenakan pasir ini dibuat untuk menyerap kotoran-kotoran dari kucing atau peliharaan. Jika kamu memiliki kucing, maka sudah pasti tidak asing dengan pasir ini.

Begitu pasir ini terkena air, maka akan terjadi proses penyerapan yang mengakibatkan pasir akan bergumpal dan mudah untuk dipegang.

Caranya masih sama dengan metode sebelumnya, yaitu di kubur di dalam pasir kucing beberapa hari. Pastikan kamu tidak menguburnya di tempat pasir kucing kamu ya!

Demikian 10 cara mengatasi HP kemasukan air, dengan beberapa metode cara yang tersedia yang paling terpenting adalah menjauhkan HP dari sumber air dan berhati-hati.

Walaupun cara ini tidak 100% dapat berhasil, namun tidak juga dipastikan 100% gagal karena tergantung dengan kondisi HP dan banyaknya air yang masuk ke dalam HP kamu.

Jika kamu sudah melakukan cara-cara di atas dan tetap tidak berhasil, maka kamu dapat pergi ke toko service HP terdekat untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Baca Juga : 7 Daftar HP RAM Besar Terbaik Anti Lelet

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

13 + 4 =