Cara Mengatasi HP Yang Sering Lag

Cara Mengatasi HP Yang Sering Lag

Cara Mengatasi HP Yang Sering Lag – Ponsel yang sering mengalami lag tentunya akan sangat menggangu kinerja anda. Terlebih jika anda bekerja mengandalkan smartphone. Penyebab hp android sering lag ini sebenarnya beragam. Secara garis besarnya android yang sering lag dikarenakan banyaknya data yang ada di memori internal. Hal ini membuat kinerja ponsel menjadi lambat. Selain itu Operating System yang sudah kadaluarsa juga bisa menyebabkan kondisi ponsel sering lag. 

Untuk mengatasinya anda tidak perlu terlebih dulu membawa ponsel ke servis center. Cobalah atasi dengan cara manual untuk antisipasi pertama kondisi ponsel yang lag. Mulai dari membersihkan cache, menguninstall aplikasi yang tidak digunakan, hingga menggunakan wallpaper dan tema yang ringan agar kinerja memori internal dan RAM menjadi lebih ringan. Bagia anda yang mengalami masalah ponsel sering lag, berikut berbagai cara mudah mengatasinya. 

Tips Mudah Cara Mengatasi HP Yang Sering Lag

Cara Mengatasi HP Yang Sering Lag yang Pertama, Bersihkan cache

Cara paling pertama dengan menghapus cache. Cache disebabkan oleh residu aplikasi yang telah dihapus atau yang sedang berjalan. Jika makin menumpuk akan memberatkan kerja memori internal anda. Hapus cache dengan aplikasi atau manual. Anda bisa menggunakan aplikasi seperti Clean Master untuk membersihkannya atau dengan masuk ke menu pengaturan, pilih aplikasi, kemudian klik hapus cache.

Hapus aplikasi dan game

Jika anda memiliki aplikasi game atau aplikasi yang lama tidak digunakan sebaiknya copot saja pemasangannya. Tujuannya agar memori penyimpanan tidak penuh dan memperbesar ruang kosong pada android. Hal ini akan meringankan beban smartphone sehingga tidak mudah lag. Masuk ke menu pengaturan, pilih aplikasi dan masuk ke menu semua. Setelah itu cari aplikasi yang akan dihapus dan klik copot pemasangan.

Gunakan wallpaper statis

Wallpaper animasi hanya akan memberatkan beban smartphone anda. Bahkan jika ponsel anda hanya memiliki RAM 1 Gb bahkan dibawahnya, kemungkinan ponsel mudah lag. Copot penggunaan wallpaper animasi dan pilih wallpaper statis. Atau jika anda sebelumnya menginstall tema atau launcher sebaiknya gunakan tema atau launcher bawaan android karena lebih ringan.

Scan dengan anti virus

Virus yang menjangkiti perangkat bisa jadi menyebabkan ponsel mudah lag dan terasa berat. Scanning dengan anti virus adalah pilihan yang tepat untuk dijalankan. Banyak rekomendasi aplikasi anti virus yang terbaik. Seperti AVAST Mobile Security, CM Security, hingga Kapersky Internet Security. Pilih anti virus yang ringan sehingga tidak membuat ponsel makin lag.

Update OS Android

Jika lag terjadi disertai bugs atau kerusakan, cobalah cek pembaruan OS di android anda. tujuan pembaruan OS ini agar error bisa hilang karena sistem sudah kompatibel dengan aplikasi yang terpasang. Selain itu anda pun akan mendapatkan banyak fitur terbaru dari update OS ini. Pastikan semua data sudah tercover ketika akan melakukan pembaruan OS ini.

Itu dia berbagai cara mudah mengatasi ponsel yang mudah lag. Jika masih belum berpengaruh maka jalan terakhir adalah melakukan factory reset. Semoga bermanfaat. 

Baca Juga : Camera Failed Samsung Galaxy.

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *