Cara Mengatasi Iphone yang Lemot Agar Cepat Kembali

Cara Mengatasi Iphone yang Lemot

Cara Mengatasi Iphone yang Lemot Agar Cepat Kembali – Kelemahan Iphone dan handphone lainnya sama yaitu terletak pada menurunnya performa handphone setelah masa pemakaian yang lama. Menggunakan aplikasi ketiga yang tidak direkomendasikan oleh Apple, menggunakan iPhone dengan bermain game dalam waktu yang tidak wajar. Ketika Iphone anda mengalami penurunan performa anda perlu mengetahui Cara Mengatasi Iphone yang Lemot Agar Cepat Kembali.

Selain itu, masalah juga terkadang datang dari iOS itu sendiri, dimana terdapat bug di iOS. Bisa dibilang iOS tidak sempurna untuk digunakan oleh semua pengguna iPhone, iPad atau iPod Touch. Kelemahan Iphone dan handphone lainnya bisa dibilang sama, dimana performa yang dimiliki akan menurun seiring berjalannya waktu.

Sebenarnya kinerja iPhone menurun karena penggunaan yang melebihi kemampuan iPhone, seperti jailbreaking iPhone, iPad atau iPod Touch, menginstal aplikasi yang berlebihan. Menggunakan aplikasi ketiga yang tidak direkomendasikan oleh Apple, menggunakan iPhone dengan bermain game dalam waktu yang tidak wajar.

Selain itu, masalah juga terkadang datang dari iOS itu sendiri, dimana terdapat bug di iOS. Bisa dibilang iOS tidak sempurna untuk digunakan oleh semua pengguna iPhone, iPad atau iPod Touch. Ketika terjadi masalah dengan iOS yang lama maka Apple akan dengan cepat merilis Iphone model terbaru sekaligus memperbaiki masalah yangterjadi pada Iphone keluaran sebelumnya..

Apabila anda ingin dalam masa pemakaian Iphone anda lebih lama, oerlu dilakukan perawatan atau penggunaan aplikasi yang sesuai dengan standart Apple. Beberapa tips di bawah ini akan menjaga kesehatan iPhone, iPad atau iPod Touch Anda, sehingga kinerja iPhone, iPad, atau iPod Touch Anda tetap terjaga seperti pertama kali Anda membelinya.

Cara Memperbaiki Iphone yang Lambat




Nonaktifkan Aplikasi Latar Belakang

Cara Mengatasi Iphone yang Lemot

Salah satu penyebab utama iPhone lemot adalah karena ada aplikasi yang terkadang tetap berjalan meski dalam keadaan tertutup. Aplikasi ini masih berjalan di belakang sistem yang sedang dibuka (background app), misalnya menyinkronkan data atau memperbarui konten tanpa disadari.

Alangkah baiknya untuk mematikan background app, dengan membuka menu Setting > General > Background App Refresh. Anda dapat mematikan semua aplikasi yang sedang berjalan, atau hanya beberapa — tergantung kebutuhan Anda.

Hapus Foto, Video, dan File Lainnya

Penyebab lain iPhone lambat adalah memori penyimpanan yang semakin penuh. Hal ini berkaitan dengan file seperti foto, video, dan lain-lain yang mengisi memori internal iPhone Anda.

Untuk itu, Anda perlu secara rutin menghapus file-file tersebut, terutama file-file lama. Dengan cara membuka menu setting – pilih general – pilih storage&icloud usage –  kemudian pilih manage storage.

Selain file seperti foto, video, dan audio, Anda juga bisa mengosongkan cache pada aplikasi yang terinstal di iPhone Anda. Caranya, cukup uninstall aplikasi dari iPhone Anda, lalu instal ulang — maka file cache akan hilang dengan sendirinya.

Selain file seperti foto, video, dan audio, Anda juga bisa mengosongkan cache pada aplikasi yang terinstal di iPhone Anda. Caranya, cukup uninstall aplikasi dari iPhone Anda, lalu instal ulang — maka file cache akan hilang dengan sendirinya.

Cara Mengatasi Iphone yang Lemot, Hapus File Cadangan.

File yang sudah dibackup di iCloud, bisa Anda hapus seperti foto atau video dan lainnya di galeri foto. Dengan begitu sistem bisa bekerja lebih cepat, dan jika suatu saat Anda membutuhkan file yang sudah terhapus, Anda bisa mendownloadnya kembali dari iCloud yang sudah Anda backup sebelumnya.

Hapus Aplikasi yang Jarang Digunakan.

Periksa kembali aplikasi dan game yang jarang digunakan, karena setiap aplikasi dan game yang diinstal pada iPhone akan mengikuti kerja sistem dan mengakibatkan kinerja sistem yang buruk dan lamban. Kemudian pilih dan cek beberapa aplikasi yang diinistal yang jarang di pakai.

Gunakan Efek Visual Sederhana

Cara Mengatasi Iphone yang Lemot

Alasan kenapa iPhone lemot adalah efek visual yang dinamis (bergerak), dan admin membuktikannya sendiri. Saat pertama kali admin membeli iPhone, admin menggunakan background yang dinamis, baik saat iPhone dalam keadaan standby maupun saat digunakan. Akibatnya, iPhone menjadi lambat dan baterai cepat habis.

Nonaktifkan Fitur Unduh Otomatis

Fitur download otomatis menurut admin sangat mengganggu. Selain menyebabkan iPhone menjadi lemot, fitur ini juga bisa menyebabkan kuota internet cepat habis. Dengan cara menonaktifkan fitur tersebut maka kinerja Iphone tidaklah terlalu berat hal ini juga bertujuan agar kuota internet lebih hemat.

Cara menonaktifkan fitur Automatic Downloads adalah, buka menu Settings > App and iTunes Stores. Kemudian matikan fitur Automatic Downloads yang tersedia disana (jika ingin menonaktifkan fitur automatic download).  Alangkah baiknya lagi, biar otomatis download terus – dengan syarat hanya menggunakan koneksi internet via Wi-Fi. Silakan gunakan opsi itu jika Anda mau.

Hapus Riwayat Penelusuran dan Data Situs Web Secara Rutin

Buat Anda yang sering browsing lewat browser bawaan iPhone, Safari, pernahkah Anda membersihkan browsing history Anda.

  • Jika belum, silahkan buka menu Setting > Safari > Clear History and Website Data.
  • Dengan melakukan ini secara teratur, kinerja iPhone Anda akan stabil dan lancar.
  • Cara termudah, restart iPhone Anda

Cara Termudah adalah Me-Restart Iphone Anda.





Cara Mengatasi Iphone yang Lemot

Namun, bukan berarti cara-cara sebelumnya tidak ada gunanya jika Anda menggunakan cara ini. Cara ini seperti “menyempurnakan” proses penghapusan lambat pada iPhone Anda yang telah dijelaskan sebelumnya. Restart sendiri adalah cara tercepat dan termudah untuk memperbaiki iPhone Anda yang lambat. Dengan me-restart iPhone Anda, semua jenis cache secara otomatis akan dihapus.

Untuk melakukannya, tekan dan tahan tombol Tidur/Bangun dan geser sakelar di layar untuk mematikan iPhone. Setelah mati, tekan dan tahan kembali tombol Sleep/Wake hingga logo Apple muncul. iPhone menyala kembali, dan biasanya akan lebih mulus dari sebelumnya.

Perbarui iOS.

Sebagian besar pengguna iPhone, iPad, atau iPod Touch sering mengabaikan ketika sistem ingin memperbarui iOS ke yang lebih baru. Memperbarui iOS ke yang lebih baru akan meningkatkan kinerja iPhone dan memperbaiki masalah sistem pada iOS sebelumnya.

Cara Mengatasi Iphone yang Lemot, Matikan Siri

Siri asisten virtual, memiliki keunikan yang membuatnya berbeda dari Android. Namun, fitur ini membuat iPhone lambat, terutama pada perangkat yang lebih tua. Untuk mematikannya, Anda dapat membuka Pengaturan > Umum >- Saran Spotlight > Saran Siri.

Mengunduh Ulang Aplikasi

Jika sudah berhasil membatalkan proses download maka hapus aplikasi yang bermasalah. Kemudian Anda dapat mengunduh ulang aplikasi. Saat Anda mengunduhnya lagi, Anda akan melihat apakah aplikasi kembali bermasalah atau terus memuat. Jika ini masalahnya, Anda harus menghapus aplikasi. Anda bisa menunggu beberapa saat sebelum melakukannya lagi. Jika masalah masih berlanjut, Anda harus mengunduh aplikasi lain di App Store.

Cara Mengatasi Iphone yang Lemot, Unduh Aplikasi Lain

Di App Store, Anda dapat mencoba mengunduh aplikasi iOS lainnya. Cukup unduh aplikasi kecil untuk menguji apakah ada masalah di server Apple atau tidak. Jika Anda mengunduh aplikasi lain yang dapat berjalan normal tanpa memuat, maka Anda dapat mengunduh aplikasi sebelumnya.

Namun, jika Anda masih mengalami masalah unduhan gagal, macet atau masih memuat. Saatnya Anda memeriksa status sistem di perangkat Apple Anda. Anda dapat memeriksa secara berkala untuk melihat apa masalahnya dengan server Apple Anda.

Demikian ulasan tentang Cara Mengatasi Iphone yang Lemot Agar Cepat Kembali, semoga bermanfaat.

Baca Juga : Beberapa Cara Mengatasi iPhone Bootloop

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *