Cara Hapus Regristasi Kartu Dengan Mudah

Cara Hapus Regristasi Kartu

Cara Hapus Regristasi Kartu Dengan Mudah – Berdasarkan peraturan baru yang dibuat oleh pemerintah, pengguna harus mendaftarkan SIM Card menggunakan Nomor Induk Kependudukan dan Kartu Keluarga. Namun itu dibatasi maksimal tiga identitas untuk satu nomor. Oleh karena itu, diperlukan cara hapus registrasi kartu agar dapat digunakan kembali. Bagaimanakah langkahnya? Simaklah ulasan berikut:

Cara Hapus Regristasi Kartu, Dengan Mendial Kode dan Kirim SMS

Cara pertama yang bisa dicoba untuk membatalkan registrasi agar nomor identitas dapat digunakan lagi di nomor baru, yaitu dengan mendial sebuah kode. Dapat juga melakukannya dengan mengirim pesan yang berisi perintah penghapusan. Langkah ini bisa dipraktekkan ke semua SIM Card, tetapi ada beberapa tahapan masing-masing.

1. Telkomsel

Cara Hapus Regristasi Kartu

Salah satu provider yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah Telkomsel, baik itu Simpati maupun As. Apabila ingin berganti kartu tetapi NIK dan No. KK telah habis dipakai, maka perlu untuk melakukan pembatalan registrasi. Cara pertama yang bisa dicoba yaitu mendial angka *444# pada papan telepon, lalu memilih menu Unreg.

Apabila cara tersebut belum berhasil karena masalah jaringan atau hal lain, maka cobalah dengan mengirim sebuah pesan ke nomor 4444. Isi dari SMS tersebut adalah UNREG#16 digit Nomor Induk Kependudukan. Jika langkah ini diterima, akan ada pemberitahuan dari pihak provider bahwa proses pembatalan registrasi berhasil dilakukan.

2. XL dan Axis

Tidak jauh berbeda dari Telkomsel, XL dan Axis pun juga bisa melakukan dua cara tersebut. Masukkan kode USSD berupa *123*4444# di aplikasi telepon dan tunggu muncul beberapa menu yang disediakan. Pilih menghapus registrasi atau Unreg. Ketikkan pula Nomor Induk Kependudukan yang dulu dibuat pendaftaran SIM Card.

Cara lebih mudah yang dapat dicoba oleh pengguna setia XL dan Axis adalah mengirim SMS yang berisi UNREG#Nomor HP ke 4444. Langkah ini tidak dikenai biaya alias gratis. Apabila berhasil, akan ada pesan masuk berupa konfirmasi bahwa No. KK dan NIK yang dibuat registrasi dahulu telah dihapus dan dapat digunakan lagi.

Namun tidak menutup kemungkinan cara-cara tersebut bisa juga gagal. Sebab di beberapa tempat tertentu tidak cukup bagus dalam menangkap sinyal. Oleh karena itu, pergilah ke lokasi yang memiliki jaringan kuat, lalu hubungi Call Center XL di nomor 817. Nantinya akan diberikan panduan mengenai tahapannya.

3. Indosat

Berikutnya yaitu cara hapus registrasi kartu Indosat. Langkahnya pun tidak kalah mudah seperti sebelumnya. Cukup ketik UNPAIR#Nomor HP di aplikasi perpesanan lalu kirimkan ke 4444. Jika tidak tahu atau lupa berapa nomor yang sedang digunakan, bisa meminta panduan kepada pihak provider dengan menghubungi Customer Service (021)30003000.

4. Tri

Cara Hapus Regristasi Kartu

Para pengguna kartu prabayar Hutchisun Tri (3) juga bisa membatalkan registrasi yang telah dilakukan saat mendaftarkan nomor baru. Kunjungi laman resminya di https://regristasi.tri.co.id pada papan pencarian. Nantinya akan ada dua pilihan yang disediakan. Untuk menghapus No. NIK dan KK pilih saja fitur Unreg.

Setelah memilih Unreg, akan diminta memasukkan nomor tri yang digunakan dan NIK yang dulu dipakai untuk registrasi. Setelahnya akan diberikan kode rahasia dan diterima melalui SMS. Jika sudah menerimanya, masukkan dan centang captcha berupa “I’m not robot.” Lalu klik kirim.

Cara Hapus Regristasi Kartu, Pergi ke Gerai Operator Seluler

Penjelasan di atas merupakan cara membatalkan registrasi melalui SMS atau mendial sebuah kode. Namun ada langkah lain yang bisa dilakukan, yaitu pergi ke gerai operator terdekat. Perhatikan panduan berikut:

1. Bawa Semua Persyaratan

Apabila ingin menghapus registrasi dengan bantuan gerai operator seluler, maka perlu melengkapi beberapa persyaratan. Cukup membawa dokumen berupa Kartu Keluarga dan kartu identitas (bisa E-KTP atau SIM).

2. Cara Hapus Regristasi Kartu, Datangi Gerai Terdekat

Setelah semua dokumen lengkap, datangilah gerai operator terdekat. Jika belum mengetahui dimana lokasinya, bisa mencarinya melalui laman resmi provider yang digunakan. Utarakan maksud kedatangan kepada petugas dan ikuti semua panduannya.

Demikian penjelasan mengenai cara hapus registrasi kartu prabayar yang ada di Indonesia. Sebaiknya pilihlah langkah yang paling mudah. Namun jika merasa kesulitan, langsung hubungi saja Customer Service agar bisa segera memakai nomor baru.

Baca Juga : Ketahuilah 5 Cara Menghemat Paket Data untuk Semua Kartu

5/5 - (368 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 5 =