Jangan Keburu Direparasi! Inilah Cara Mengatasi Laptop Kena Air

Cara Mengatasi Laptop Kena Air

Jangan Keburu Direparasi! Inilah Cara Mengatasi Laptop Kena Air – Cara mengatasi laptop kena air memang tak lepas dari penggunaan teknologi. Penggunaan Teknologi di era digital ini sudah terbukti meningkat.

Apa lagi di masa pandemic, siapa pun memulai pekerjaannya dari rumah.Sering kali saat melakukan pekerjaan di rumah kita dengan santainya menyambi dengan aktivitas lain. Entah itu ngegame, makan, bahkan minum.

Sampai-sampai kalau memang tidak sengaja menumpahkan minuman ke laptop, duh! Berasa parah, kan? Nah! Kalau sudah demikian bisa lebar urusannya. Lalu, bagaimana cara memperbaiki laptop kena air?

Cara Mengatasi Laptop Kena Air Mudah

Laptop terkena air memang sudah menjadi salah satu hal yang paling diwaspadai. Sering kali kita menghindarinya lantaran laptop yang terkena air akan membuat semuanya runyam. Mulai dari bayangan biaya reparasi sampai membeli laptop baru.

Padahal laptop terkena air masih bisa diatasi dengan cara-cara dasar. Maka dari itu, artikel cara mengatasi laptop kena air ini hadir menolong Anda yang membutuhkan pengetahuan lebih. Pastinya guna menghemat penggunaan biaya yang di luar penanganan.

Nah! Ternyata karena biaya penghematan untuk membetulkan laptop terkena air tidak semahal yang dibayangkan, Anda bisa membaca artikel ini sampai selesai. Toh siapa tahu biaya mengatasi laptop terkena air justru gratis?

Mematikan Sumber Daya Listrik

Cara Mengatasi Laptop Kena Air

Laptop Anda tersiram air? Jangan panic! Cara mengatasi yang pertama adalah dengan mematikan sumber daya listrik. Terlebih saat sedang dicharger, sesegera mungkin mencabut sumber listrik.

Hal ini dikarenala arus tidak saling bekerja sama dengan air. Di mana jika Anda mengalami kesiraman air pada laptop, arus listrik akan berubaj menjadi korsleting. Hal ini juga yang nantinya akan merambat sehingga listrik pun ikut rusak.

Potensi lainnya apabila terjadi korsleting kemungkinan terbesarnya juga terjadi kebakaran jika dibiarkan begitu lama. Cara mengatasi laptop yang terkena air memang pada dasarnya sangat diperlukan.

Terlebih jika laptop kan memiliki cela-celah, nah! Saat tersiram air, maka air akan masuk di antara celah-celah menuju ke bagian dalam laptop. Biasanya bagian yang sangat berpotensi terkena adalah motherboardnya yang akan menjadi korosi.

Lalu, misalkan Anda mengalami kesiraman air pada laptop, cara mengatasi laptop kena air sebaiknya jangan buru-buru menghubungkan kabel ke sumber arus listrik. Misal supaya tahu apakah laptop Anda masih berfungsi atau tidak.

Jangan dulu, silakan tahan dulu. Kemudian jangan menyalakan computer dengan tombol power pada CPU. Hal ini justru akan membuat hantaran listrik semakin besar dan membuat perangkat Anda jauh lebih rusak.

Mengubah Posisi Laptop

Cara Mengatasi Laptop Kena Air

Perangkat laptop Anda terkena air? Salah satu cara mengatasi laptop kena air adalah dengan membalikan posisinya. Di mana yang pasti setelah Anda melepas kabel yang terhubung ke PC, silakan balikan laptop yang sudah tersiram air.

Pasalnya hal seperti ini digunakan untuk mengeluarkan kadar air yang ada di dalamnya. Di mana jika kadar air di dalamnya keluar, kemungkinan terbesarnya air akan keluar. Dengan begitu, paling tidak akan meminimalisir kerusakan yang terjadi di dalamnya.

Cara mengatasi laptop kena air seperti ini nantinya akan mengeluarkan air melalui celah-celah keyboard. Sebaiknya jangan diguncang-guncang, kami sarankan biarkan laptop dalam kondisi terbalik dalam jangka waktu 1-2 jam.

Mengelap Bagian yang Terkena Air

Jika Anda sudha mencabut seluruh arus listrik yang terhubung laptop dan sudah membalikannya sebagai upaya mengeluarkan air, lakukan pengelapan. Usahakan lap bagian laptop yang sudah terkena air agar menjadi kering.

Misal, mengelap bagian kamera, body laptop, layar, serta bagian port-port di laptop yang sekiranya sudah terkena air. Cara mengatasi laptop kena air seperti ini memang harus sedikit lebih bersabar, sebab membutuhkan waktu untuk mengeluarkan air dari dalam.

Di samping itu, Anda dapat memanfaatkan penggunaan kapas ataupun cotton bud untuk membersihkan sela-sela laptop tertentu yang basah. Cara seperti ini jelas aaja dapat dilakukan agar bagian yang basah dapat diminimalisir.

Cara Mengatasi Laptop Kena Air dengan Meletakan Laptop di Dalam Beras

Laptop Anda terkena air dan ingin segera kering agar bisa digunakan kembali? Cara mengatasi laptop kena air yang berikutnya adalah dengan meletakannya di dalam beras. Mungkin cara yang satu ini sedikit aneh, ya!

Terbilang tidak biasa, selagi beras digunakan untuk bahan makanan yang nantinya akan dimasak, kenapa sih kok laptop yang basah harus diletakan di dalam beras? Jadi, beras memiliki kandungan tepung di dalamnya.

Seperti yang sudah kita ketahui cara memperbaiki laptop kena air memang harus dikeringkan terlebih dahulu. Sehingga beras dijadikan sebagai media untuk menyerap air yang ada di dalamnya.

Pastinya setelah perangkat Anda kering setelah terkan air, maka tinggal melakukan cek berikutnya. Di mana Anda mengecek bagian dalamnya atau mengeceknya terlebih dahulu ataukan masih bisa berfungsi atau tidak.

Membawanya ke Tempat Reparasi

Inilah cara memperbaiki laptop kena air yang terakhir. Apabila Anda menemukan perangkat tidak bisa dinayalakan usai melakukan serangkaian kegiatan di atas, maka tinggal membawanya ke tempat reparasi laptop atau computer.

Membawa perangkat ke reparasi memang terkadang sedikit membuat orang berpikir. Sebab biayanya yang terbayang akan mahal, serta laptop pun tidak bisa diatasi begitu saja. Dibandingkan lebih membutuhkannya perangkat ini.

Nah! Jika Anda enggan melakukan cara mengatasi laptop kena air seperti ini, baiknya sjeumlah kegiatan dihindari agar tidak menimbulkan kejadian serupa. Lantas, apa saja kegiatan untuk mencegah tersiramnya laptop dengan air?

Cara Menghindari Potensi Laptop Terkena Air

Menghindari potensi laptop terkena air memang hal yang sangat penting. Apa lagi sebagai orang yang bekerja di bidang teknologi, sejumlah antisipasi yang enggan terjadi patut diwaspadai. Lantas, apa saja yang harus dilakukan?

Menajuhkannya dari Sumber Air

Cara memperbaiki laptop yang terkena air memang tidak semudah yang dibayangkan. Bagi sebagian orang mungkin mudah, tetapi tidak secepat proses yang dibayangkan. So, menjauhkan laptop dari sumber air memang sangat perlu dilakukan.

Terlebih sebagai orang teknologi, tidak sepantasnya Anda bekerja di depat laptop di mana di sampingnya ada sumber air. Entah itu air dari gelas, botol, mangkok, dan lain sebagainya. Usahakan Anda bekerja dengan tidak menyertakan sumber air.

Mengecek Kondisi Lingkungan Sekitar

Sebelum melakukan langkah preventif memperbaiki laptop yang sudah terkena air sebaiknya Anda mengecek kondisi lingkungan sekitar. Misalkan, Anda tinggal mengecek kondisi lingkungan sekitar lokasi Anda bekerja.

Seperti halnya atap, lantai, atau bahakan dinding sekalipun apakah ada becek air atau tidak. Meski tidak berpotensi menyiram perangkat, jika Anda lupa meletakan laptop di tempat basah tersebut sama saja membutuhkan langkah preventif untuk mengatasinya.

So, memang sebagai pengguna teknologi kita dituntut teliti. Sudah pasti hal seperti ini untuk mencegah kemungkinan yang tidak diinginkan. Seperti halnya laptop tersiram air. Maka, itulah beberapa cara mengatasi laptop kena air dan langkah menghindarinya.

Baca Juga : Ketahui Cara Mengatasi Laptop Blank Hitam Tapi Hidup dan Penyebabnya di Windows 10

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

1 × 2 =