Ketahui Cara Mengatasi Laptop Blank Hitam Tapi Hidup dan Penyebabnya di Windows 10

Cara Mengatasi Laptop Blank Hitam

Ketahui Cara Mengatasi Laptop Blank Hitam Tapi Hidup dan Penyebabnya di Windows 10 – Laptop merupakan sebuah perangkat komputer portable yang mudah dibawa-bawa karena ringkas dan juga ringan. Meskipun terdengar sangat bagus, namun benda ini bukan tanpa celah. Banyak masalah yang bisa muncul dari benda ini seperti layar yang tiba-tiba blank hitam. Untuk itu, berikut ini adalah cara mengatasi laptop blank hitam tapi hidup dan beberapa penyebabnya:

Cara Mengatasi Laptop Black Screen

Bagi yang mengalami masalah pada laptopnya yaitu berupa layar hitam dan tidak menampilkan apa-apa, jangan panik. Ada beberapa cara yang bisa dicoba terlebih dahulu untuk mengatasi hal tersebut. Berikut ini adalah cara mengatasi laptop blank hitam yang ampuh:

1. Masuk Ke Safe Mode

Cara Mengatasi Laptop Blank Hitam

Cara pertama yang bisa dilakukan ketika menemui kondisi laptop yang menyala namun tidak menampilkan apapun adalah dengan memasuki Safe Mode. Safe Mode ini memang sengaja disediakan oleh pengembang untuk mengatasi ketika ada masalah pada sistem operasi.

Untuk memasuki Safe Mode, cukup menyalakan laptop seperti biasa, tetapi sambil menekan tombol F8 sampai memunculkan daftar program. Cari pada daftar tersebut yang bernama Safe Mode lalu tekan saja enter agar bisa masuk ke menu safe Safe Modeyang dituju. Dalam Safe Mode inilah perbaikan akan dilakukan.

Jika sudah berada dalam Safe Mode, pengguna akan merasa familiar karena seperti berada dalam Windows seperti biasa. Tekan menu start kemudian menuju ke system restore yang berada di bagian system tools. Pilih system restore dan akan didapati pilihan dari mana system akan di restore, apakah dimulai dari awal ataupun di restore dari point yang sudah dibuat sebelumnya.

2. Gunakan Task Manager

Jika melalui cara pertama masih belum menemui titik terang, cara kedua ini mungkin bisa jadi solusi untuk cara mengatasi laptop blank hitam tapi hidup. Cara ini terbilang cukup mudah karena tidak perlu memasuki mode apapun, cukup menyalakan laptop seperti biasa saja. Pada Task Manager ini akan terlihat apa saja yang sedang berjalan pada sistem. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Tekan tombol ctrl + alt + delete bersamaan sekaligus.
  • Pilih menu Task Manager, karena memang itu yang dituju.
  • Klik menu File dan Run New Task.
  • Ketikkan C:windowsexplorer.exe. pada kolom yang muncul
  • Klik Enter dan Windows akan muncul seperti biasa jika berhasil.

3. Masuk ke BIOS

Cara Mengatasi Laptop Blank Hitam

Cara lain yang bisa dicoba untuk mengatasi masalah laptop yang layarnya hitam blank adalah dengan memasuki mode BIOS. Ini adalah suatu sistem yang ada dalam motherboard setiap laptop atau komputer. Melalui mode ini pengguna bisa mengatur berbagai komponen dalam laptop seperti RAM dan Storage.

Gunakan mode ini untuk mengatur ulang BIOS dalam keadaan semula untuk mengatasi masalah booting yang menjadi penyebab blank screen. Bisa jadi ada beberapa pengaturan yang berubah dari BIOS yang menyebabkan gagalnya booting dari Windows. Hal tersebut mengakibatkan sistem tidak bisa menjalankan Windows dengan normal.

4. Cek Layar

Cara keempat dalam mengatasi laptop yang bermasalah untuk menampilkan Windows adalah dengan mengecek kondisi layar. Pastikan layar laptop dalam keadaan normal dan tidak rusak. Untuk mengeceknya disini membutuhkan monitor tambahan agar bisa mengetahui Windows bisa berjalan apa tidak.

Layar yang tidak menyala, dari awal pastinya tidak akan menampilkan apa-apa. Berbeda dengan laptop normal yang pasti akan menampilkan sedikit cahaya meskipun hanya berwarna hitam. Jika pada monitor eksternal laptop berjalan normal, bisa dipastikan jika layar laptop mengalami masalah.

5. Cara Mengatasi Laptop Blank Hitam, Cek Storage

Saat storage yang digunakan rusak, maka otomatis sistem pada laptop tidak akan bisa berjalan. Storage merupakan satu bagian penting yang menyimpan sistem operasi untuk laptop. Sistem operasi merupakan software penting yang membuat laptop bisa digunakan untuk mengerjakan berbagai pekerjaan.

Storage yang rusak tidak bisa membaca file sistem operasi yang tersimpan didalamnya, inilah yang mengakibatkan layar hitam dan tidak menampilkan apa-apa. Cek terlebih dahulu apakah storage memiliki masalah atau tidak. Biasanya kendala seperti ini terjadi pada device laptop yang masih menggunakan harddisk sebagai penyimpanan utamanya. Hal ini karena harddisk lebih rentan mengalami kerusakan daripada storage ssd.

6. Servis Laptop

Cara Mengatasi Laptop Blank Hitam

Cara terakhir ini adalah cara pamungkas ketika semua cara mengatasi laptop blank hitam tapi hidup diatas sudah dicoba, namun dengan cara ini pengguna memerlukan sedikit biaya untuk perbaikan. Tidak ada cara lain lagi selain membawanya ke tempat servis karena jika tidak, mungkin keadaan laptop bisa semakin memburuk jika tidak secepatnya diperbaiki.

Bisa jadi jika terlalu lama dibiarkan akan terjadi file-file penting yang hilang. Untuk itu segeralah bawa ke tempat servis agar secepatnya diperbaiki. Tidak hanya diperbaiki, membawanya ke tempat servis, maintenance bagian lainnya juga bisa dilakukan untuk menjaga bagian lain dalam kondisi terbaik. Lebih baik merawat daripada memperbaiki.

Penyebab Laptop Mengalami Black Screen

Setelah mengetahui cara mengatasi laptop blank hitam tapi hidup, selanjutnya cari tahu juga apa penyebabnya. Dengan mengetahui apa penyebabnya, bisa jadi pelajaran agar kejadian serupa ini tidak terulang kembali. Sekaligus menjadi pengetahuan tambahan tentang bagaimana merawat laptop dengan baik:

1. Cara Mengatasi Laptop Blank Hitam, Gagal Update

Para pengguna Windows 10 pasti pernah mengalami yang namanya update Windows. Ya, Windows 10 seringkali memberikan update untuk para penggunanya untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan saat penggunaan. Selain itu juga seringkali adanya beberapa perubahan lain disisi ikon dan tampilan.

Proses update akan berjalan dibelakang layar, pengguna bisa menundanya jika tidak ingin melakukan update. Jika sudah selesai, update akan bisa diterapkan dan Windows akan meminta pengguna melakukan restart. Masalahnya, tidak semua update berujung mulus dan terkadang beberapa error terjadi setelah update. Salah satunya adalah masalah layar yang menjadi blank dan hitam.

2. Masalah GPU

GPU merupakan komponen penting dalam suatu perangkat komputer termasuk laptop. Jika GPU bermasalah, maka layar tidak bisa menampilkan gambar, karena GPU-lah yang memproses gambar untuk ditampilkan pada layar monitor. Pada laptop sendiri, GPU ada dua tergantung spesifikasi laptop. Ada yang memiliki dual GPU dan ada yang memiliki GPU integrated saja seperti Intel UHD Graphics.

Bagi yang menggunakan GPU tambahan seperti NVIDIA atau Radeon, resiko black screen lebih tinggi karena GPU tersebut memerlukan driver yang terbaru untuk berjalan. Namun tidak perlu khawatir karena penyebab kedua ini kurang sering terjadi. Langsung saja unduh driver terbaru agar GPU berjalan normal kembali.

3. Cara Mengatasi Laptop Blank Hitam, Gagal Fast Booting

Fast Booting adalah suatu fitur yang dimana bisa membuat laptop melakukan booting dengan lebih cepat dari biasanya. Terdengar seperti suatu fitur yang menjanjikan, namun ketika digunakan, perubahannya tidak terlalu signifikan. Namun adanya fitur ini cukup membantu meningkatkan performa laptop.

Tidak selamanya fitur fast boot ini berjalan mulus, terkadang timbul masalah lain seperti gagal booting. Inilah yang bisa menyebabkan adanya blank screen pada laptop yang menyebabkan Windows tidak bisa berjalan dengan maksimal. Layar hanya menampilkan warna hitam tanpa ada menu apapun dalam tampilannya

Nah itu dia bagaimana cara cara mengatasi laptop blank hitam tapi hidup dan penyebabnya di Windows 10. Untuk mengatasi hal tersebut ada beberapa cara yang bisa dicoba seperti yang sudah disebutkan diatas. Pastikan memperhatikan setiap langkahnya dengan detail agar tidak terlewat.

Baca Juga : 9 Cara Mengatasi Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi dengan Mudah

5/5 - (368 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × one =