Mudah! Inilah Cara Menggabungkan Subtitle dengan Film di Android Tanpa Aplikasi

Cara Menggabungkan Subtitle dengan Film

Mudah! Inilah Cara Menggabungkan Subtitle dengan Film di Android Tanpa Aplikasi – Selain untuk menghibur dan menghilangkan rasa jenuh, ada juga sebagian orang yang menjadikan nonton film sebagai salah satu hobinya. Sekarang, kegiatan menonton film sudah amat mudah dilaksanakan dan hanya menggunakan smartphone. Bahkan film luar negeri sekalipun. Agar dapat menonton film luar negeri yang tidak ada subtitle, penonton harus mengetahui cara menggabungkan subtitle dengan film di Android tanpa aplikasi.

Sebagian film di internet memang telah disematkan subtitle-nya dalam videonya, tapi terdapat pula yang tidak. Jadi, penonton perlu mengunduh subtitle dari luar dahulu supaya dapat nyaman menonton film. Masih terdapat sejumlah orang yang bingung saat subtitle tidak muncul serta tidak mengetahui cara menggabungkan subtitle. Jika begitu, maka ikutilah panduan untuk melakukannya tanpa aplikasi berikut ini:

Mudah! Inilah Cara Menggabungkan Subtitle dengan Film di Android Tanpa Aplikasi

1. Unduh Subtitle

Terdapat banyak sekali website yang menyediakan subtitle film gratis di internet. Satu dari beberapa website terkenal yang lumayan bagus ialah subscene.com. Selain subscene.com, ada pula sejumlah website lainnya untuk mengunduh subtitle film bagus yang dapat digunakan. Beberapa di antaranya adalah subdl.com, subtitles.hr, isubtitlesdl.net, softsub.net, subtitles.org, podnapisi.NET, yifysub.net, dan sf4.industry.com.

2. Pastikan File Subtitle Berada dalam Format .srt

SubRip atau .srt sebenarnya adalah program software berlisensi gratis untuk Windows yang mengekstrak file berekstensi subtitle dan timing-nya dari video. Program tersebut dirilis dalam naungan GNU GPL. Sampai saat ini, .srt sudah menjelma format file subtitle yang terbanyak digunakan. Hal itu dikarenakan format tersebut adalah yang paling kompatibel serta bisa digunakan pada sebagian besar media pemutaran video.

Apabila file yang sudah diunduh masih berformat Zip ataupun RAR, maka ekstrak dulu file itu. Jika format subtitle berupa .vvt, Web VVT, maupun format lain selain .srt, maka penonton perlu meng-convert-nya. Caranya, buka subtitletools.com kemudian pilih file subtitle yang akan diubah ke format .srt. Lalu pilih tombol ‘Convert’. Selanjutnya file .srt sudah bisa di-download dan siap digunakan.

3. Letakkan File Video serta File Subtitle pada Folder yang Sama

Cara Menggabungkan Subtitle dengan Film

Cara menggabungkan subtitle dengan film di Android tanpa aplikasi berikutnya adalah meletakkan file video serta file subtitle pada folder yang sama. Usahakan pula menghapus atau memindahkan semua file yang tak berhubungan dengan film dari folder tersebut. Jadi, pada folder itu hanya boleh berisi file video beserta subtitlenya.

4. Cara Menggabungkan Subtitle dengan Film Gantilah Nama File Subtitle

Cara Menggabungkan Subtitle dengan Film

Gantilah nama file subtitle agar persis dengan nama videonya. Tujuan step tersebut sama dengan tujuan pada step sebelumnya. Hal tersebut dilaksanakan untuk memudahkan media pemutaran video pada Android dalam mencari subtitle dari video yang tengah diputarnya.

5. Gabungkan Subtitle dan Film

Cara Menggabungkan Subtitle dengan Film

Sekarang, masuk ke media pemutaran video pada Android. Tekan simbol titik tiga pada kanan atas layar. Lalu klik ‘Subtitle’. Setelah itu aktifkan ‘Tautkan otomatis subtitle’. Biasanya, jika sudah, pemutar video akan otomatis mencari serta memasukan subtitle pada film itu.

Jika subtitle belum juga muncul, penonton dapat memasukan subtitle-nya dengan manual. Caranya, pilih file subtitle lalu cari file subtitle yang nama beserta folder-nya sama seperti file video film sebelumnya Setelah itu, ketuk file subtitle itu agar dapat menggabungkannya dengan film.

Demikianlah panduan tentang cara menggabungkan subtitle dengan film di Android tanpa aplikasi. Setelah membacanya, tentunya sekarang sudah tidak ada lagi yang menjadi kendala untuk menonton film luar negeri. Baik itu anime, drama Korea, drama China, ataupun Hollywood, semua bisa ditonton dan dinikmati dengan leluasa. Tidak akan ada lagi perkataan aktor atau aktris yang tidak bisa dimengerti.

Baca Juga : Rekomendasi Aplikasi Subtitle Otomatis untuk Berbagai Tontonan

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

4 × 4 =