Cara Menggunakan Aplikasi Pedulilindungi

Cara Menggunakan Aplikasi Pedulilindungi

Cara menggunakan aplikasi pedulilindungi – Bagaimana cara menggunakan aplikasi pedulilindungi yang benar ? Berawal dari kehadiran virus Corona yang kini sudah punya nama resmi yaitu Covid-19, setiap negara sedang berjuang keras untuk melawan serangan menular ini.

Terinspirasi dari negara Tiongkok serta negara maju lainnya, Indonesia juga kini membuat aplikasi yang bisa membantu memerangi penularan virus covid ini.

Memang tidak bisa disangkal lagi bahwa negara Tiongkok mempunyai prestasi gemilang dalam menangani virus covid-19 ini. Mulai dari pembangunan rumah sakit darurat yang hanya butuh hitungan hari saja hingga pemberian vaksin kepada 1,4 miliar rakyatnya.

Meskipun baru-baru ini ada kasus lagi di negeri tirai bambu tersebut namun jumlahnya tidak seberapa dibanding negara maju lainnya.

Bahkan negara adidaya seperti Amerika juga masih kalah jauh dengan negara Tiongkok dalam menangani pandemi covid-19. Usut punya usut ternyata keberhasilan Tiongkok ini mengandalkan teknologi sebagai bantuan utama untuk memutus rantai penyebaran covid.

Seperti kita ketahui bahwa virus corona atau covid-19 ini memang sangat mudah menular sekali dari orang ke orang. Tidak hanya bersin saja melainkan hanya menghembuskan napas dan bicara saja dalam jarak dekat sudah bisa langsung tertular.

Hal ini diperparah dengan orang-orang yang saat ini masih bandel tidak mau pake masker. Jikapun pakai hanya buat hiasan dagu saja dengan motif supaya kalau ada razia petugas covid-19 bisa cepat-cepat dipasang tanpa ketahuan.

Jika sudah begini tentu penularan bisa terjadi dengan sangat cepat dan hampir tidak mungkin jika dilacak secara manual tanpa mengandalkan teknologi sama sekali.

Untuk itulah pemerintah RI saat ini juga mengikut jejak Tiongkok untuk memutus rantai penyebaran covid-19 dengan menggunakan teknologi yang serupa.

Mengenal apa itu aplikasi pedulilindungi

Aplikasi pedulilindungi hadir sebagai inovasi pemerintah dengan harapan bisa melacak orang positif covid dan bisa memutus penularan dengan cepat.

Bisa dibilang ini adalah ide briliant untuk solusi melacak penularan covid yang begitu cepat. Teknologi adalah jawaban terbaik saat ini untuk mengungguli kecepatan penularan covid-19 yang begitu cepat.

Para petugas pelacak covid-19 kini tidak perlu lagi menginterogasi pasien covid secara manual. Sebab sudah pasti akan lama dan tidak akan terkejar untuk menghentikan penularan.

Pastinya akan terlalu lama jika harus menanyakan satu per satu kapan gejala muncul, tgl berapa pasien berkerumun, lokasinya dimana dan sebagainya.

Dengan hadirnya aplikasi pelacak canggih yang menyerupai negara Tiongkok ini diharapkan bisa melacak jauh lebih cepat. Seorang yang positif covid bisa dilacak lokasi nya yang menggunakan teknologi GPS dan bisa juga mengetahui telah berkontak dengan siapa saja secara cepat.

Petugas yang bersangkutan hanya perlu duduk saja depan monitor untuk mengamati titik merah atau si positif covid ini telah berpergian.

Lalu ada juga petugas yang bergerak cepat dilapangan untuk mengunjungi suspek covid berikutnya agar tidak menular ke lebih banyak orang lagi.

Dan tidak hanya itu saja, aplikasi pedulilindungi ini juga bisa bermanfaat untuk masyarakat karena bisa memberi tahu potensi zona merah covid-19.

Dengan demikian jika anda menggunakan aplikasi ini maka bisa menjauh dari terjadinya penularan covid yang bisa mengancam jiwa orang banyak.

Cara menggunakan aplikasi pedulilindungi

Cara Menggunakan Aplikasi Pedulilindungi

Untuk bisa memakai dan menikmati semua fitur dari aplikasi pedulilindungi maka pertama anda harus buat akun terlebih dahulu. Silahkan akses terlebih dahulu web resminya dengan menggunakan url berikut ini :

https://www.pedulilindungi.id/

Buka dengan microsoft edge, opera, chrome, firefox atau web browser yang anda punyai saat ini bisa dari ponsel maupun laptop anda.

Setelah web terbuka pilihlah menu register yang biasanya terdapat di pojok kanan atas layar. Klik tombol register tersebut untuk membuat akun pedulilindungi yang baru secara gratis.

Pada bagian atas sendiri terdapat dua opsi yang bisa anda pilih yaitu mau menggunakan email atau nomor telepon. Jika menggunakan alamat email maka anda harus isikan nama lengkap serta alamat email yang valid.

Namun jika menggunakan nomor telepon maka gunakan kode negara +62 yang merupakan kode dari nomor negara Indonesia lalu isikan nomor dengan benar dan lengkap.

Isikan nama lengkap anda dengan benar, harap anda perhatikan bahwa isikan nama sesuai dengan nama KTP anda. Selanjutnya agar lebih pasti anda bisa baca ulang kebijakan privasi dan syarat penggunaan dari aplikasi pedulilindungi ini.

Untuk anda yang ingin waspada sebaiknya baca dahulu aturan mainnya hingga akhir agar tidak sampai salah paham. Jika sudah maka bisa centang sebagai tanda sudah baca dan menyetujuinya.

Centang juga kode captcha bahwa anda bukan robot dan terakhir klik tombol daftar. Selanjutnya tunggu beberapa saat dan anda bisa cek inbox sms dari ponsel atau inbox dari email anda.

Server pedulilindungi akan mengirimkan kode otp yang harus anda masukan kembali sebagai bukti bahwa data yang anda berikan saat pendaftaran tadi adalah benar adanya.

Dan Selamat ! Akun pedulilindungi sudah aktif dan anda bisa langsung login untuk menggunakan layanan full-nya.

Keunggulan dan fitur-fitur aplikasi pedulilindungi

Cara Menggunakan Aplikasi Pedulilindungi

Terdapat beberapa fitur berguna yang masih berhubungan erat dengan pandemi covid-19. Contohnya seperti daftar vaksin dan mendapat sertifikat vaksin yang bisa anda dapatkan dengan mudah berkat adanya aplikasi pedulilindungi.

Fitur yang menjadi kampanye pemerintah saat ini yaitu wajib Scan QR Code. Jadi buat anda yang masih belum tahu, kedepannya pemerintah akan mewajibkan pada tempat-tempat umum untuk scan qr code dari aplikasi pedulilindungi.

Jika anda pernah mengujungi Taiwan atau Tiongkok daratan pastinya sudah tidak asing lagi dengan hal ini. Nantinya setiap warga negara RI yang ingin keluar dari rumah apapun aktivitas dan tujuannya wajib melakukan scan QR sebelum masuk ke gedung atau tempat umum.

Hal ini berfungsi untuk meninggalkan jejak agar petugas covid dari pemerintah bisa dengan mudah melacak anda apabila tempat yang anda kunjungi terdeteksi ada yang positif covid.

Dengan sistem yang canggih melalui aplikasi pedulilindungi ini maka jika ada yang positif nanti dapat mendeteksi penggunanya yang pernah kontak dengan pasien terserbut .

Apabila anda adalah salah satu orang yang pernah berkontak langsung dengan orang positif maka pihak berwenang akan menghubungi anda.

Tidak perlu khawatir sama sekali karena hal ini justru dapat membantu anda dan orang lain agar bisa memutus mata rantai covid-19 ini.

Anda bisa mulai melakukan isolasi mandiri apabila terdeteksi pernah berkontak langsung dengan orang positif. Hadirnya aplikasi peduli lindungi memang sangat membantu sekali.

Sebab kita tahu bahwa seorang yang positif covid belum tentu mengalami gejala pada umumnya. Sebab beberapa justru muncul tanpa gejala sekali.

Sehingga tidak heran jika banyak orang yang positif namun sama sekali tidak sadar bahwa dirinya sedang membahayakan orang lain.

Nah, itulah pembahasan mengenai cara menggunakan aplikasi pedulilindungi ini semoga dapat membantu anda untuk memahaminya.

Baca Juga : 5 Aplikasi Kesehatan Online, Dapatkan Resep Obat Dan Konsultasi Gratis!

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

17 − 11 =