Cara Menghapus Virus Iklan Android

Cara Menghapus Virus Iklan Android

Cara Menghapus Virus Iklan Android – Android meruapakan salah satu operating system yang digunakan di berbagai macam HP atau smartphone jaman sekarang.

Merek-merek besar seperti Samsung, Xiaomi, Oppo juga menggunakan Android sebagai OS di seluruh handphone (HP) mereka.

Serta saat ini, HP dapat melakuan berbagai maca hal seperti browsing internet, bermain game, atau menonton film di berbagai macam aplikasi.

Dengan berbagai macam aplikasi gratis yang ada di Play Store, terkadang muncul beberapa iklan. Iklan ini dipasang oleh provider aplikasi tersebut untuk mendapatkan uang.

Tidak hanya diaplikasi gratisan saja, iklan juga terdapat di beberapa website, tentunya juga dengan tujuan yang sama, yaitu mendapatkan uang jika kamu mengklik iklan tersebut.

Iklan tidak selamanya buruk, namun terkadang iklan bisa sangat mengganggu jika kamu sedang buru-buru dan tidak sengaja mengklik iklan tersebut, karena akan diarahkan ke website lain.

Atau juga diarahkan ke Play Store untuk mengunduh suatu aplikasi yang memasang iklan. Tentunya hal tersebut sangatlah mengganggu kenyamanan dan membuat kesal.

Namun, kamu gak perlu khawatir lagi karena terdapat beberapa cara yang dapat kamu coba agar tidak ada iklan lagi di HP Android kamu!

5 Cara Menghapus Virus Iklan Android

  1. Mengatur Setting di Google Chrome

Cara Menghapus Virus Iklan Android

Bagi kamu yang sering menggunakan HP untuk browsing, pasti udah gak asing lagi dengan aplikasi Google Chrome ini dan banyaknya iklan yang muncul di websitewebsite tertentu.

Google Chrome adalah internet browser yang diciptakan oleh Google. Google Chrome ini dapat kamu gunakan di laptop atau pun HP.

Kelebihan dari Google Chrome ini lebih mudah dan cepat dibandingkan dengan browser lainnya, karena akan terhubung langsung ke Google.

Dengan terhubung langsung ke Google, maka pencarian yang akan dilakukan akan lebih mudah dan cepat.

Tidak sampai di situ saja, dengan Google Chrome, kamu juga bisa block iklan yang muncul di website-website tertentu loh!

Caranya adalah kamu membuka terlebih dahulu aplikasi Google Chrome, lalu pilih tanda titik tiga di pojok kanan atas untuk masuk ke menu pengaturan.

Setelah itu, kamu harus scroll ke bawah di bagian Advanced, kamu akan menemukan Site Settings. Tap menu tersebut dan pilih “Ads”.

Setelah masuk ke pengaturan Ads, lalu aktifkan Allowed dengan melakukan tap. Niscaya setelah itu iklan-iklan yang ada di website tidak akan mengganggu kamu lagi.

Namun perlu diperhatikan, bahwa tidak semua iklan mengandung virus, tetapi ini merupakan langkah pencegahan yang harus kamu lakukan demi kenyamanan.

  1. Mengunduh Aplikasi dari Sumber Resmi

Cara Menghapus Virus Iklan Android

Di Android, kamu dapat mengunduh banyak aplikasi dari Playstore. Tetapi juga kamu dapat mengunduh aplikasi yang tidak tersedia di Playstore dengan mencarinya di internet.

Sumber resmi yang dimaksudkan adalah Playstore atau pun website resmi dari aplikasi tersebut, namun saat ini sudah jarang aplikasi yang menyediakan download dari website.

Hal itu dikarenakan akan diarahkan langsung menuju Playstore sehingga ujungnya kamu juga akan mendownload melalui Playstore.

Setelah mengetahui sumber resmi, terdapat juga sumber tidak resmi yang dapat kamu gunakan untuk mendownload sebuah aplikasi.

Sumber ini biasanya berupa website berupa kumpulan APK-APK dari aplikasi. Biasanya, menawarkan versi-versi terdahulu dari aplikasi yang sudah tidak dapat diunduh di Playstore.

Mengunduh dari APK atau sumber dari tidak resmi ini juga meningkatkan adanya berbagai macam virus, termasuk virus iklan karena tidak adanya pengamanan.

  1. Mengatur Keamanan di HP

Seperti yang sudah dijelaskan di poin ke dua, mengunduh berbagai macam APK dari sumber tidak resmi sangatlah beresiko untuk munculnya virus di HP kita.

Sumber tidak resmi ini biasanya dikenal sebagai sumber yang tidak dikenal di HP yang berasal dari internet browser.

Terkadang secara tidak sadar, terdapat iklan dari website yang langsung mengarahkan HP kamu untuk mengunduh begitu iklan tersebut diklik.

Untuk mencegah hal itu terjadi, sebetulnya kamu bisa banget mengaturnya dari HP kamu tanpa mengunduh aplikasi apapun.

Caranya adalah dengan membuka menu pengaturan di HP kamu, lalu scroll sampai ketemu “Security”.

Di dalam menu tersebut, kamu harus memilih opsi “Jangan izinkan mengunduh/menginstall dari sumber yang tidak dikenal”. Setelah mengaktifkan opsi tersebut, maka kamu tidak akan menginstall kecuali dari Play Store atau pun aplikasi lain yang sudah ada di HP kamu.

  1. Install Ulang HP

Install ulang tidak hanya dapat dilakukan di komputer atau laptop saja, namun HP juga dapat melakukan install ulang atau biasanya lebih dikenal dengan restart HP seperti awal membeli.

Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara masuk ke menu pengaturan lalu scroll sampai bawah dan temukan pilihan “About Phone”.

Setelah masuk ke menu about phone ini, kamu harus scroll lagi sampai bawah ya. Selanjutnya, kamu akan menemukan pilihan “Reset”.

Setelah kamu tap menu reset dan menyetujuinya, maka HP kamu akan masuk ke dalam proses booting beberapa saat.

Pastikan juga baterai kamu tidak dalam kondisi yang low ya, karena proses ini membutuhkan waktu yang cukup lama.

Serta berbahaya jika proses ini terhenti di tengah jalan, karena dapat menyebabkan bug di HP kamu.

Cara ini adalah cara yang paling ampuh yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan virus iklan di HP kamu.

Namun, perlu diketahui juga bahwa seluruh data yang ada di HP kamu juga akan ikut terhapus jika kamu melakukan cara ini.

Oleh karena itu, pastikan kamu sudah melakukan back up data sebelum melakukan proses install ulang ini ya!

  1. Cara Menghapus Virus Iklan Android, Memasang Anti Virus

Setelah melakukan cara tanpa mengunduh aplikasi apapun, kali ini akan dijelaskan cara yang termasuk kedalam pencegahan bagi virus masuk ke HP kamu.

Caranya adalah kamu dapat mengunduh anti virus di HP kamu. Anti virus ini dapat  diunduh di Playstore.

Beberapa Anti Virus yang direkomendasikan seperti: Avast Antivirus, AVG Antivirus & Security, Kaspersky Mobile Antivirus, dan KeepClean.

Tentunya, kamu tidak perlu memasang semua aplikasi anti virus yang disebutkan, cukup 1 saja dan sesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Memasang anti virus tentunya akan menambah beban ke HP kamu, namun hal ini sangat diperlukan mengingat kenyamanan dan data yang ada di HP kamu lebih penting.

Begitu anti virus dipasangkan, kamu dapat membuka salah satu aplikasi yang kamu download dan tap scan. Proses scan akan melihat keseluruhan file yang ada di HP kamu.

Setelah proses scan selesai, aplikasi anti virus akan otomatis memperlihatkan beberapa file yang terdeteksi sebagai virus yang dapat kamu hapus langsung dari aplikasi tersebut.

Berikut 5 cara untuk menghapus virus iklan Android yang termasuk ke dalam beberapa pencegahannya. Seperti kata-kata bijak yang sering kita dengar “Lebih baik mencegah dari pada mengobati”.

Mengingat fungsi HP saat ini begitu penting untuk kehidupan sehari-hari dan krusial karena banyaknya data yang disimpan. Semoga berhasil ya!

Baca Juga : Tips Menghilangkan Virus Shortcut

5/5 - (456 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × 3 =