10 Cara Menghilangkan Iklan di Google Chrome Terbaru 2022

Cara Menghilangkan Iklan Di Google Chrome – Google Chrome merupakan salah satu browser yang dikembangkan oleh Google dan dirilis pertama kali pada tahun 2008. Awalnya, browser ini hanya untuk Microsoft Windows saja, tetapi kini telah merambat di berbagai platform, salah satunya Android. Browser ini telah menjadi salah satu aplikasi yang sangat diminati karena memiliki banyak keunggulan di bidang peramban web. Fitur-fitur yang disediakan sangat lengkap dan menarik.

Cara Menghilangkan Iklan di Google Chrome

Ketika kita berselancar di internet menggunakan Chrome, baik itu di HP atau Laptop, pasti ada saja situs yang memiliki iklan. Iklan tersebut sebenarnya masih terbilang wajar, khususnya iklan dari Google itu sendiri. Tetapi apabila jenis iklan tersebut adalah pop-up yang sering muncul setiap kali reload situs atau mengklik link di dalamnya, maka iklan tersebut akan sangat mengganggu. Kemudian ada beberapa situs juga yang memiliki banyak slot iklan di antaranya banner, video streaming, pop-up, dan lainnya. Biasanya iklan tersebut muncul pada situs download atau streaming ilegal.

Sebagai pengguna Chrome yang tidak ingin terganggu saat berseluncur di internet, Anda pastinya ingin menghilangkan semua iklan yang mengganggu. Anda mengunjungi situs yang tepat karena di sini kami akan memberikan cara bagaimana menghilangkan iklan Google Chrome di HP atau Laptop di bawah ini.

Menghilangkan Iklan di Google Chrome Smartphone

Tidak hanya di dekstop saja, Chrome juga tersedia di smartphone, baik itu Android atau IOS. Chrome di smartphone cukup menarik dan menawarkan fitur-fitur bagus. Akan lebih bagus apabila iklan yang mengganggu di Chrome bisa hilang sepenuhnya. Berikut ini adalah cara menghilangkan iklan di browser Chrome HP.

1. Menggunakan Security Setting

Cara pertama dalam mengatasi iklan adalah mengatur di bagian menu settings di Google Chrome. Caranya cukup mudah dan dapat diterapkan sendiri. Pertama, buka Chrome pada HP Anda kemudian pergi ke menu peraturan yang terdapat pada pojok atas layar. Kemudian cari menu “Jangan izinkan sumber tak jelas” dan pastikan menu tersebut aktif. Dengan begitu, iklan tidak akan muncul lagi, terutama iklan yang mengharuskan perangkat untuk meng-install aplikasi tertentu secara otomatis.

2. Dengan Aplikasi AdClear

Seperti namanya, AdClear adalah aplikasi yang dapat diunduh secara gratis dan memiliki fitur-fitur untuk mengatasi dan menghilangkan iklan di HP, termasuk pada aplikasi tertentu. Aplikasi ini juga dapat diterapkan pada Google Chrome dan penggunaannya sangat mudah. Anda hanya perlu mendownload aplikasi tersebut kemudian buka aplikasinya. Di dalam aplikasi, klik menu power dan klik OK saat ada notifikasi VPN. Jika ada iklan yang muncul, klik saja menu “Enable advance protection” untuk memberikan perlindungan tingkat lanjut.

3. Menggunakan Chrome Langsung

Di dalam aplikasi Chrome, terdapat cara untuk mengatasi munculnya iklan menggunakan peraturan bawaan browser tersebut. Caranya cukup mudah yaitu mengklik menu setting yang bisa diakses dengan mengklik ikon titik tiga di kanan atas layar. Kemudian gilir ke menu “Setelan” dan pilih menu “Izin”. Di halaman ini, Anda akan menemukan menu “Pop up pengalihan” dan non-aktifkan menu tersebut untuk mengatasi iklan pop-up yang sering muncul dan mengganggu.

Menghilangkan Iklan Chrome Dengan Membasi Mallware

Mallware merupakan salah satu bentuk virus yang mengganggu sistem operasi. Mallware bersifat merusak dan salah satu akibat dari mallware ini adalah membawa aplikasi tidak jelas yang akan menginstall aplikasi lain secara otomatis. Aplikasi yang terinstall akan mendatangkan iklan-iklan yang mengganggu di sistem operasi smartphone. Tidak hanya itu, mallware juga bisa menampilkan iklan secara random sebagai penghasilan pemilik iklan.

Untuk menghapus mallware, Anda bisa menggunakan aplikasi atau dengan chrome secara langsung. Jika menggunakan aplikasi, Anda bisa menggunakan aplikasi bernama Mallwarebytes yang dapat diinstall secara gratis. Jika Anda ingin menggunakan Chrome saja, masuk ke menu settings dengan mengklik ikon titik tiga di kanan atas layar. Kemudian arahkan ke menu “Advance” dan cari menu setel ulang atau pabrik. Kemudian klik “Search” dan apabila ditemui adanya software yang terindikasi mallware, klik “Hapus” untuk menghilangkannya.

Menghapus Iklan Google Chrome Dengan Pengaturan Browser

Iklan yang mengganggu dapat langsung dinonaktifkan melalui pengaturan browser Chrome khusus di Laptop atau Komputer. Caranya cukup mudah, yaitu Anda harus pergi ke menu “Settings” atau “Pengaturan” yang dapat diakses melalui icon titik tiga yang ada di pojok kanan atas kemudian klik menu “Advanced”. Kemudian cari menu “Content Settings” dan pilih opsi “Ads”. Di dalam menu Ads, Anda bisa memblokir iklan pada suatu website dengan mengklik menu “Allowed” yang tadinya berwarna biru menjadi abu-abu. Untuk iklan jenis top-up, Anda bisa memblokirnya melalui menu “Pop-up” yang masih terdapat di menu concent settings dan mengubah allowed yang berwarna biru menjadi abu-abu.

1. Menggunakan Plug-in AdBlock

Plug-in merupakan salah satu fitur yang disediakan oleh browser-browser ternama, termasuk Chrome. Dengan plug-in, Anda dapat menambahkan fitur baru yang dibuat khusus oleh pihak atau developer ketiga untuk Chrome. Salah satu manfaat plug-in adalah memblokir iklan saat berselancar di internet. Salah satu plug-in ternama untuk mencegah iklan adalah AdBlock yang memiliki ikon berwarna merah dengan simbol tangan menandakan “Berhenti”.

Cara menginstalnnya sangat mudah. Pada menu Chrome, masuk menu “Extension” yang bisa diakses di menu settings atau bisa melalui Chrome Web Store yang bisa diketik langsung di mesin pencari Google. Setelah berada di store, pastikan Anda sudah log-in ke akun g-mail dan ketikkan nama “AdBlock” di bilah pencarian Chrome Web Store. Selanjutnya, akan ada tiga jenis plug-in AdBlock yang dapat diinstall, yaitu AdBlock secara universal, AdBlock khusus YouTube, dan AdBlock Plus. Anda bisa menginstall yang paling atas yaitu AdBlock.

Caranya mudah, klik plug-in tersebut dan klik tombol biru yang bertuliskan “Tambahkan ke Chrome”. Plug-in tersebut akan secara otomatis terpasang dan bisa dinikmati. Untuk memudahkan akses, Anda bisa menempatkan plug-in tersebut di menu ekstension di bagian bar Chrome Anda.

2. Menggunakan AdBlock Plus

AdBlock Plus memiliki nama yang sama dengan plugin AdBlock yang telah kami bahas di atas. Dengan embel-embel Plus membuat plug-in yang satu ini nampak seperti versi Pro dari AdBlock. Tapi faktanya, kedua plug-in berbeda dan tidak memiliki hubungan dari plug-in di atas. Fungsi keduanya sangat bagus dalam memblokir iklan di semua situs Chrome. Selain menggunakan situs Chrome Web Store untuk menginstalnnya, Anda juga dapat menginstallnya melalui situs resmi yaitu adblockplus.org kemudian klik menu “Agree and install for Chrome” yang terdapat pada bagian kanan situs kemudian install seperti biasa.

Cara Menghilangkan Iklan Chrome di Laptop atau Komputer Windows 10

Windows 10 merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft yang sampai detik ini menjadi OS dekstop yang paling banyak digunakan, bahkan telah mengalahkan Windows 7. Meskipun sekarang Microsoft telah memiliki Windows 11, OS ini masih menjadi primadona banyak orang. Ada banyak tips dan trik bagaimana cara mengatasi iklan di Chrome melalui Windows 10 secara langsung seperti di bawah ini.

1. Melalui Menu Settings Windows 10

Pengaturan di Windows 10 tidak hanya mengurusi tentang hal-hal dasar pada sistem operasi ini, tetapi mengatur secara mendetail, termasuk iklan di browser tertentu yang terinstall. Untuk mengatasi iklan di Chrome, Anda bisa masuk ke menu Settings Windows 10, kemudian mengarah ke tab “Sistem” dan mencari menu “Notification”. Pada kolom “Show me the window..”, pilih opsi “Off”.

Selanjutnya, Anda menuju ke menu “Personalization” dan klik “Start” dan aktifkan mode “Off” pada menu Showing Suggestion”. Selanjutnya, kembali ke menu “Notification” dan pilih opsi “Off” pada menu “Get Tips,…”. Langkah terakhir adalah menonaktifkan menu “Sync provider notification” yang dapat diakses melalui menu “Explorer” kemudian ke menu “New”.

2. Menginstall Ulang Windows 10

Apabila Anda telah mencoba seluruh cara menonaktifkan iklan di Chrome khusus Laptop atau Komputer yang telah kami berikan di atas, tetapi tidak ada satu pun yang berhasil, maka langkah terakhir yang bisa Anda terapkan adalah install ulang Windows pada desktop Anda. Dengan begitu, sistem operasi dapat lebih segar, mallware atau virus semuanya terhapus, sehingga dapat mencoba metode-metode di atas kembali.

Kuncinya adalah jangan biarkan satu virus pun atau file aneh terdapat di Windows Anda. Selain install ulang, Anda juga bisa melakukan scan virus menggunakan software anti-virus terbaik pilihan Anda. Karena virus terus berkembang seiring pergantian tahun, pastikan anti-virus yang Anda gunakan selalu up to date dan terus dikembangkan oleh developer. Apabila Anda terserang oleh mallware yang mengubah format file, sebaiknya dihapus atau dibackup sementara.

Baca Juga: 22 Cara Menghilangkan Iklan di Google dengan Cepat dan Mudah 2022

Kesimpulan : Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika Anda ingin mengetahui bagaimana cara menghilangkan iklan Chrome di HP dan Laptop seperti pengaturan sistem operasi, Chrome, dan pemasangan aplikasi serta plug-in pihak ketiga untuk mengatasinya.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin