Cara Menghilangkan Iklan di YouTube Tanpa Aplikasi Melalui Pengaturan

Cara Menghilangkan Iklan di YouTube

Cara Menghilangkan Iklan di YouTube Tanpa Aplikasi Melalui Pengaturan – Munculnya iklan di video YouTube apalagi iklan di tengah-tengah video pastinya banyak membuat orang merasa terganggu. Untuk menghilangkan iklan di YouTube, orang-orang biasanya memilih untuk berlangganan premium atau menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ternyata ada cara menghilangkan iklan di YouTube tanpa aplikasi maupun tanpa mengeluarkan uang untuk berlangganan premium.

Fitur ini ternyata sudah ada dari dulu di menu Pengaturan YouTube yang mungkin saja tidak banyak orang menyadarinya. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menghilangkan iklan di YouTube tanpa aplikasi, tanpa langganan premium melalui pengaturan YouTube. Cara ini bisa dilakukan baik melalui aplikasi YouTube di smartphone maupun YouTube yang dibuka di browser perangkat komputer:

Cara Menghilangkan Iklan di YouTube Tanpa Aplikasi Melalui Pengaturan

1. Login ke Akun YouTube

Cara Menghilangkan Iklan di YouTube

Hal pertama yang harus dilakukan oleh pengguna adalah login ke akun YouTube. Banyak orang yang menonton video di YouTube bahkan tanpa login ke akun YouTube. Jika ingin menonton video tanpa iklan, wajib untuk login ke akun YouTube terlebih dahulu. Apabila pengguna belum mempunyai akun, bisa langsung membuat akunnya dengan akses cepat menggunakan email Gmail dari Google.

2. Membuka Fitur YouTube Studio

Cara Menghilangkan Iklan di YouTube

Langkah selanjutnya dari cara menghilangkan iklan di YouTube tanpa aplikasi ini adalah membuka halaman profil. Pada halaman profil akun ini akan ada fitur YouTube Studio. Fitur ini adalah fitur yang mengatur jenis video dan konten yang muncul pada timeline pengguna. Sekaligus pengaturan video yang muncul pada akun.

3. Memilih Video yang Ingin Dinonaktifkan Iklannya

Cara Menghilangkan Iklan di YouTube

Setelah membuka YouTube Video, di dalam menu tersebut ada menu ‘Konten’. Klik menu ‘Konten’ untuk memunculkan video-video yang bisa pengguna non-aktifkan iklannya. Pengguna bisa memilih video mana yang ingin dinonaktifkan iklannya. Memang tidak bisa menonaktifkan fitur iklan secara sekaligus, namun layanan ini juga bisa membantu pengguna agar tidak gegabah dalam menonaktifkan sistem monetisasi pada YouTube.

4. Cara Menghilangkan Iklan di YouTube, Menonaktifkan Fitur Monetisasi pada Video

Seperti yang sempat disebutkan sebelumnya iklan termasuk dalam sistem monetisasi pada YouTube. Jadi, jika ingin menghilangkan iklan, pengguna harus mematikan fitur monetisasi ini pada video. Setelah memilih video mana yang akan dinonaktifkan iklannya, klik pada menu kiri pada pilihan ‘Monetisasi’. Kemudian ubah pengaturan di bagian atas kotak dari ‘Aktif’ menjadi ‘Nonaktif’.

5. Menyimpan Perubahan Pengaturan

Mengubah pengaturan dari aktif menjadi nonaktif pada sistem monetasi tidaklah cukup. Pengguna juga tidak boleh melewatkan tombol konfirmasi untuk menyimpan perubahan yang telah dibuat. Pada bagian bawah akan ada tombol ‘Terapkan Perubahan’, tekan tombol tersebut kemudian tunggu sampai proses selesai.

Setelah itu, tekan tombol ‘Simpan Perubahan’ yang biasanya juga berada di bagian bawah menu pengaturan untuk keluar dari menu Pengaturan. Apabila perubahan berhasil disimpan, maka video yang dipilih sebelumnya tidak akan memunculkan iklan kembali seperti sebelumnya. Akun pengguna terbebas dari iklan yang mengganggu.

Itulah cara menghilangkan iklan di YouTube tanpa aplikasi. Dengan langkah-langkah di atas para pengguna tidak perlu lagi mengeluarkan biaya tambahan untuk berlangganan YouTube Premium. Pengguna juga tidak perlu memenuhi memori smartphone lagi dengan aplikasi pihak ketiga untuk menghapus iklan. Menghapus iklan dari YouTube melalui pengaturannya memang terkesan rumit dan lama.

Apalagi video harus dinonaktifkan satu per satu sistem monetisasinya. Cara ini tetaplah efektif, aman, dan tidak memerlukan biaya tambahan lagi. Fitur ini juga membantu pengguna untuk lebih mempertimbangkan lagi dalam mematikan iklan pada video YouTube. Hal ini karena, mematikan fitur iklan pada video YouTube sekaligus bisa saja menyebabkan kerugian pada pihak video creator yang menciptakan video tersebut.

Baca Juga : Cara Membuka Video Youtube yang Dikunci Tidak Sampai 5 Menit

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

four × five =