Cara Mengubah Foto ke PDF di HP Tanpa Aplikasi Melalui 2 Situs

Cara Mengubah Foto ke PDF

Cara Mengubah Foto ke PDF di HP Tanpa Aplikasi Melalui 2 Situs – Untuk mengirimkan dokumen resmi, biasanya instansi atau perusahaan memberikan ketentuan bahwa dokumen tersebut harus berformat PDF. Lalu, bagaimana dengan foto yang biasanya memiliki format JPG, PNG atau JPEG? Tentu permasalahan ini dapat diselesaikan dengan cara mengubah foto ke PDF di HP tanpa aplikasi yakni memanfaatkan situs.

Penggunaan aplikasi yang akan ikut menyusutkan memori ponsel terkadang membuat pengguna enggan mengunduhnya. Hadirnya situs yang dapat mengubah berbagai format dokumen ke dalam format PDF tentu sangat membantu. Pasalnya, dokumen yang berformat PDF terkesan lebih rapi dan tidak akan mudah untuk berubah saat dikirimkan. Berikut situs yang menyediakan layanan ini dan cara penggunaannya.

Ubah Format Foto Menjadi PDF dengan Situs Small PDF

Cara Mengubah Foto ke PDF

Jika tidak ingin menggunakan aplikasi bantuan, cara mengubah foto ke PDF di HP tanpa aplikasi bisa dengan memanfaatkan berbagai situs online. Situs yang akan diusut cara penggunaannya kali ini adalah smallpdf.com. Merupakan situs terkenal yang sering kali digunakan untuk mengubah format dokumen dengan cara berikut ini:

  • Bukalah mesin pencari pada ponsel pengguna.
  • Masukkan alamat situs Small PDF yang akan langsung tertuju pada layanan ubah format JPG ke PDF yakni https://smallpdf.com/jpg-to-pdf.
  • Pada laman yang telah terbuka, masukkan foto yang akan diubah formatnya melalui tombol “Choose file” yang tersedia di tengah laman.
  • Selain melalui tombol tersebut, cara lain untuk insert foto adalah dengan menarik atau drag foto dari foldernya ke laman situs. Cara ini dapat digunakan jika pengguna membuka situs melalui komputer.
  • Foto yang sukses masuk dalam situs Smallpdf akan ditandai dengan proses unduhan yang telah selesai. Tahap ini memerlukan waktu sesuai kecepatan jaringan yang dimiliki pengguna.
  • Jika proses tersebut selesai, aturlah format PDF sesuai kebutuhan. Terdapat beberapa pengaturan seperti size kertas, posisi landscape atau portrait, hingga margin.
  • Akhiri proses pengaturan kertas dengan menekan “Create PDF Now” agar sistem segera memproses foto menjadi format PDF.

Cara Mengubah Foto ke PDF dengan Bantuan Situs I Love PDF

Cara Mengubah Foto ke PDF

Situs lain yang menawarkan jasa mengubah format dokumen atau foto menjadi PDF adalah situs I Love PDF. Dengan tema berwarna merah dan putih, situs ini cukup mudah digunakan dan tidak memiliki pengaturan yang terlalu rumit. Langsung saja, ikuti tutorial berikut ini untuk memperoleh foto berformat PDF dari situs I Love PDF:

  • Buka browser dan masuklah pada situs I Love PDF. Agar lebih cepat masuk ke laman ubah format foto, tuliskan tautan https://www.ilovepdf.com/jpg_to_pdf ini pada kolom pencariannya.
  • Tunggu browser memproses perintah pengguna dan akan muncul laman situs yang langsung mengarahkan pengguna untuk mengunggah dokumen.
  • Masukkan fotonya dengan menekan tombol merah bertuliskan “Select JPG Images” dan carilah folder tempat foto berada. Jika pengguna mengakses melalui komputer, foto dapat dimasukkan dengan cara menyeretnya ke laman situs.
  • Kelebihan aplikasi ini adalah dapat memasukkan lebih dari satu foto sekaligus dengan menekan tombol plus di sebelah kanan layar.
  • Jika foto yang diinginkan telah masuk pada laman, tekanlah tombol “Convert to PDF” yang terdapat pada bawah layar.
  • Tunggu proses selesai dan unduh filenya dengan menekan “Download PDF” yang tersedia. Pengguna juga dapat menyimpannya pada Google Drive atau Dropbox dengan menekan pilihan disamping tombol download.

Itulah cara mengubah foto ke PDF di HP tanpa aplikasi dengan memanfaatkan dua situs yang memberikan layanan ini. Pengguna bisa memilih akan menggunakan situs yang mana karena keduanya sama-sama memberikan hasil berformat PDF. Jika smallpdf.com memiliki fitur mengubah format kertas PDF-nya, situs ilovepdf.com memberikan kemudahan bagi pengguna yang ingin mengubah banyak foto sekaligus.

Baca Juga : 5 Cara Mengecilkan Ukuran PDF di Laptop dengan Mudah dan Cepat

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

14 − 3 =