Cara Mengubah Tulisan di HP

Cara Mengubah Tulisan di HP

Cara Mengubah Tulisan di HP yang Efektif – Pernahkah Anda merasa bosan dengan tampilan font bawaan hp yang begitu-begitu saja? Jika iya, maka sudah saatnya Anda mengubah tulisan tersebut menjadi lebih menarik. Kini, ada beberapa cara mengubah tulisan di HP yang bisa membuat Anda tidak merasa jenuh lagi.

Cara Mengubah Tulisan di HP Melalui Launcher

Ada beberapa hal yang bisa ditempuh untuk mengubah tulisan pada hp, salah satunya yaitu dengan memanfaatkan keberadaan launcher. Launcher atau peluncur adalah sebuah aplikasi yang akan membantu kita untuk mengubah tulisan secara cepat, karena peluncur khusus akan menggantikan layar beranda utama ponsel dan mempengaruhi seluruh elemen UI di sistem ponsel.

Karena itu, peluncur khusus ini hadir dengan membawa banyak manfaat untuk membuat tampilan ponsel kita menjadi lebih indah lagi. Berikut ini adalah beberapa launcher yang bisa digunakan untuk mengubah tulisan yang sangat praktis.

Action Launcher : Pixel Edition

Cara Mengubah Tulisan di HP

Peluncur yang cukup kuat untuk digunakan perihal membuat ponsel tampil menarik adalah Action Launcer. Bahkan, launcher yang satu ini seringkali disebut sebagai peluncur luas biasa karena kemampuannya menyesuaikan dengan perangkat Android yang begitu bebas.

Karena itu tidak mengherankan jika peluncur ini menjadi sangat populer di kalangan pengguna. Untuk mengubah font pada peluncur khusus ini, Anda hanya perlu memasuki menu pengaturan lali pilih Appearance > Font. Kemudian, pilihlah jenis font yang memang Anda inginkan. Meskipun Anda tidak diberi pilihan font yang bervariasi layaknya ketika mengunduh di internet, namun hal ini lebih baik daripada font yang terlalu biasa.

iFont

Sebenarnya iFont bukanlah peluncur khusus, melainkan sebuah aplikasi yang memang digunakan untuk mengganti font yang ada di perangkat Android. Aplikasi ini gratis dan tidak memungut biaya apapun sehingga banyak yang memakainya untuk mengubah format tulisan di hp.

Pada perangkat yang memang tidak di-root sebelumnya, maka bisa memakai tab Online untuk mencari font yang tersedia. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengganti font di aplikasi ini.

  • Aktifkan pemasangan aplikasi dari sumber asing terlebih dahulu
  • Jalankan aplikasi iFont lalu buka tab FIND atau RECOM untuk mencari font
  • Pilihlah nama font yang ingin dipasang
  • Klik tombol Unduh, lalu Set untuk memasang font tersebut
  • Bukalah di Settings > Display > Font Size & Style lalu cari font yang sudah diunduh
  • Ketuk font baru agar bisa memakainya sebagai font sistem
  • Tulisan akan segera diterapkan tanpa harus di-reboot

Cara Mengubah Tulisan di HP dengan Smart Launcher 5

Cara Mengubah Tulisan di HP

Peluncur yang selanjutnya ini juga sangat bermanfaat untuk mengganti font baru pada perangkat Android. Untuk menggantinya, Anda bisa menuju ke menu Pengaturan lalu pil Global Appearance > Font. Ada beberapa pilihan font  cocok bagi Anda yang ingin mengekspreksikan diri dengan lebih baik.

Apex Launcher

Cara Mengubah Tulisan di HP

Apex Launcher adalah salah satu peluncur khusus di Android yang sangat populer di seluruh dunia. Akan tetapi, untuk mengubah tulisan di ponsel menggunakan Apex Launcher

hanya bisa dilakukan pada beberapa bagian saja. Salah satunya yaitu jika ingin mengubah tulisan pada layar beranda, maka Anda hanya perlu memilih opsi Home Screen > Layout &Style. Kemudian, jika Anda ingin mengubah tulisan untuk folder ponsel maka bisa mengunjungi menu Setting pada aplikasi Apex Launcher. Selanjutnya pilihlah opsi Folder, lalu  menuju ke bagian bawah. Cari pilihan Label Font lalu pilih opsi tersebut, klik font yang memang ingin digunakan untuk folder Anda.

Cara Mengubah Tulisan di HP dengan GO Launcher

Peluncur khusus yang terakhir ini memang ditujukan bagi para pengguna Android yang hobi menyesuaikan ponsel agar terlihat estetik. Untuk mengubah font di GO Launcher, Anda harus menyalin file font TFF pada ponsel terlebih dahulu. Pilih Pengaturan GO > Font > Select Font, lalu ketik Scan untuk menambahkan file font yang tadi.

Cara Mengubah Tulisan di HP yang Paling Mudah

Jika Anda merupakan sosok yang tidak suka ribet dan ingin mengubah tulisan ponsel dengan lebih praktis tanpa menggunakan aplikasi tambahan, maka tidak perlu khawatir. Sebab sudah ada cara mengubah tulisan di posel yang paling mudah seperti beberapa cara yang ada di bawah ini.

Persiapkan Ponsel Terlebih Dahulu

Cara pertama yang harus Anda lakukan untuk mengubah tulisan tanpa menggunakan aplikasi adalah dengan menyiapkan ponsel Anda terlebih dahulu dalam keadaan terbuka dan hidup. Apabila ponsel tidak segera menyala, maka sudah pasti langkah berikutnya terpaksa tidak bisa berlanjut.

Selain itu, pastikan bahwa ponsel Anda dalam keadaan baterai penuh sehingga tidak mengganggu proses pengubahan gaya tulisan pada ponsel Anda. Jangan gunakan ponsel saat sedang di-charge karena hal ini akan berpengaruh pada kondisi ponsel sehingga tulisan ponsel tidak akan bisa diubah dengan tepat.

Masuk Menu Pengaturan

Langkah yang selanjutnya yaitu Anda bisa memasuki menu Pengaturan yang posisinya bisa ditemukan dengan mudah. Apabila ponsel Anda memakai pengaturan bahasa Inggris, maka carilah menu Setting.

menu ini, Anda bisa melakukan berbagai macam perubahan terhadap perangkat yang Anda gunakan pada saat ini, termasuk mengubah gaya tulisan atau font yang sesuai dengan keinginan Anda. Anda bisa melakukannya dengan memasuki menu Display atau Tampilan.

Masuk ke Menu Font Style

Setelah Anda memasuki menu Tampilan atau Display, maka Anda akan disuguhi oleh beberapa pilihan menu seperti Brightness, Wallpaper, Notification Panel, dan Font Style.

Dari seluruh menu tersebut, masuklah pada menu Font Style karena pada menu itulah tempat yang tepat untuk mengubah font hp. Tersedia berbagai macam pilihan gaya huruf dengan keunikan tersendiri yang bisa Anda pilih sendiri, namun pilihlah jenis gaya huruf yang memang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Seperti jika ponsel ini digunakan untuk orang tua, maka berikanlah model gaya huruf yang besar dan nampak jelas hurufnya satu per satu sehingga mereka bisa membaca dengan mudah.

Simpan Pilihan Gaya Huruf

Jika sudah memilih gaya huruf yang sesuai, maka jangan lupa untuk menyimpan gaya tulisan tersebut. Dengan begitu, kita bisa mengubah gaya huruf sesuka hati sewaktu-waktu tanpa harus takut pilihan gaya huruf tersebut hilang dari perangkat kita.

Cek Apakah Font Sudah Diterapkan

Langkah terakhir yang perlu dilakukan yaitu Anda harus mengece apakah font tersebut sudah diterapkan pada ponsel dengan benar. Jika sudah benar, maka menu dan segala sistem yang ada di layar utama pasti akan mengalami perubahan tertentu yang tampak jelas

Itulah beberapa cara mengubah tulisan di HP yang benar dan sangat praktis serta tidak memakan terlalu banyak waktu. Membaca tulisan yang tampak menarik dan indah pasti akan menjadi kesenangan tersendiri bagi kita semua serta tulisan yang menarik juga terlihat menyenangkan tentu saja.

Baca Juga : Tips Mengganti font di HP Xiaomi yang Mudah dan Hasilnya Bagus

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

sixteen − one =