15 Cara Menjadikan Hp Android Sebagai Modem

Cara Menjadikan Hp Android Sebagai Modem

Cara Menjadikan Hp Android Sebagai Modem – Adanya akses internet yang semakin luas baik di kota maupun desa, semakin mempermudah saat berkerja di dalam rumah ataupun di luar. Modem sepertinya menjadi pilihan utama untuk kita bisa memiliki jaringan internet sendiri yang dapat dikuasai sebebasnya tanpa hambatan.

Apa itu Modem?

Secara umum yang kita kenal modem adalah suatu hardware atau perangkat keras yang berbentuk fisik guna untuk mengubah komunikasi 2 arah yaitu menjadi sebuah sinyal internet. Modem adalah sebuah singkatan dengan kepanjangan modulator demodulator.

Konfigurasi penggunaan modem dilakukan jika sudah terhubung dengan system WAN (Wide Area Network). Konfigurasi ini nantinya akan diatur sebijak mungkin agar bisa langsung diakses, tanpa hitungan menit biasanya sudah bisa kita gunakan. Kita juga dapat menambahkan beberapa fitur router access point agar lebih memadai. Sistem yang portable memudahkan kita membawa kemana-mana.

Dari penjelasan di atas dapat kita tangkap bahwa fungsi utama modem setara seperti wifi yakni, mengubah sinyal analog menjadi sinyal dgital. Begitupun kita bisa mengakses internet. Jenis modempun beraneka macam dengan benefit yang ditawarkannya. Tapi kali ini kita tidak membahas modem melainkan memfokuskan pada handphone android yang bisa diganti memnjadi suatu modem internet. Penasaran, maka dari itu kami berharap teman-teman membaca artikel ini dari awal hingga akhir.

Sebenarnya pilihan itu berada di tangan kita. Sekarang sudah begitu banyak sekali provider yang menawarkan pelayanan jaringan internet. Dari mulai memasang wifi rumah, pengaplikasian internet untuk sekedar bermain games, membeli modem, atau juga mengaktifkan hp sebagai modem hostpot. Hal utama yang kita akan bahas pada tema kali ini adalah mengenai hotspot. Karena internet sekarang sudah menjadi kebutuhan primer setiap individu, mengharuskan kita memiliki salah satu media internet yang popular di zaman ini.

Yang kita kenal dengan wifi, modem, maupun hotspot atau biasa anak remaja muda sebutkan tethering. Pada dasarnya mereka saling berhubungan.Teruntuk kamu pengguna handphone terutama android. Disini kita akan membahas mengenai fitur yang biasa kita kenal dengan hotspot ini.

Jadi apa itu hotspot? Jadi disini kami mengartikan bahwa hotspot itu adalah suatu tempat atau wadah yang tersedia atau menyediakan jaringan internet (rata-rata wireless/WIFI) atau definisi singkatnya yakni merupakan area atau lokasi dimana manusia dapat memperoleh akses internet. Router ini menghubungkan penyedia layanan internet atau di kenal dengan sebutan ISP (internet service provider).

Jadi bagaimana dengan kelebihan yang dimiliki. Seperti kita ketahui dibandingkan dengan jaringan kabel/LAN. maka jawabannya adalah mobilitas yang tinggi dan tidak perlu repot menancapkan kabel LAN, serta infrastruktur terlihat rapi karena sangat minim sekali untuk menggunakan kabel. Dari segi performa hotspot terlihat lebih fleksibel, jika masuk ke dalam range hotspot. Semakin dekat dengan access point, maka semakin stabil koneksinya. Jika kalian menggunakan secara jauh, maka kebalikannya koneksinya akan mudah menghilang atau tak terjangkau.

Dalam segi kecepatan. Kita bisa mengatur dalam pengaturan hotspot kita. Sama seperti halnya menamai username hotspot kita berserta passwordnya dan biasanya dalam hotspot juga tersedia berapa banyak pengguna yang bisa menggunakannya serta sampai berapa masing-masing bandwith di pergunakan.

Untuk jenis handphone menggunakan hotspot kamu bisa mengakses di semua tipe handphone yang kita Yakini sudah pasti tersedia dalam handphone masing-masing pengguna. Pasti pengguna android sudah mengenal istilah “hotspot” ini dan sering menggunakannya. Namun jika kamu baru memiliki handphone android dan belum memahami letak fitur “hotspot” dimana, kamu beruntung menemukan artikel ini sebab kami akan menjelaskan bagaimana cara fitur tersebut berkerja dan di mana letak tersembunyi.

Cara Menjadikan Hp Android Sebagai Modem?

Hal-hal penting sebelum kamu akan mengubah Hp android kamu menjadi modem:

Point paling utama adalah kamu memiliki paket internet atau kita kenal dengan sebutan kuota yang kamu punya ya, jadi untuk mengaktifkan hotspot agar berjalan saat digunakan kamu harus memiliki kuota internet. Itu adalah syarat utama yang sangat penting untuk kamu catat ya!

Point kedua adalah jika kamu ingin menjadikan android sebagai bentuk modem kamu harus menggunakan kabel usb atau kabel data.

Sekarang kita akan memulai untuk membahas Langkah-langkah sukses menjadikan android sebagai modem sehingga tercipta hal untuk bisa berbagi koneksi internet ke pc atau hp lain yang ingin mengaksesnya.

Cara Menjadikan HP Android Menjadi Modem Untuk Akses WIFI Hotspot

Pada pengaturan kali ini kamu hanya memerlukan handphone tanpa harus memiliki kabel usb atau tools pendukung. Yang kamu perlukan hanyalah kuota internet yang banyak. Setelah pengaturan ini di aktifkan kamu hanya tinggal menyalakan wifi yang tersedia pada laptop atau handphone. Lalu bagaimana urutan langkahnya, berikut sudah kami rangkum dengan ringkas dan praktis agar kamu dapat memahaminya:

  1. Hal pertama yang kamu lakukan pastikan untuk mengaktifkan data seluler kamu yang sudah pastinya tersedia jaringan atau kuota internet dalam handphone kamu terlebih dahulu.
  2. Setelah itu kamu bisa langsung masuk ke dalam setting atau pengaturan yang tersedia dalam hp android kamu.
  3. Kemudian sampai ke dalam pengaturan kamu bisa menggunakan fitur search bila tersedia dan mengetikan keyword “tethering atau hotspot”. Secara otomatis keyword itu akan keluar atau kamu bisa pilih opsi selengkapnya dan kemudian klik tethering dan portable hotspot.
  4. Berikutnya yang kamu lakukan pilih aktifkan mobile hotspot.
  5. Jika kamu pertama kali menyalakan hotspot dalam perangkat handphone kamu. Kamu bisa mengatur setting pengaturan seputar wifi hotspot kamu nantinya.
  6. Kamu bisa klik configure ini merupakan cara lama biasanya untuk updatean terbaru hotspot sudah menampilkan ‘network name’ beserta ‘password’ yang dapat kamu atur dan sesuaikan.
  7. Jika sudah berhasil mengaktifkan kamu dapat langsung menyalakan wifi dalam perangkat lain dan memasukan password yang sudah kamu atur.
  8. Selanjutnya, kami akan membahas metode bagaimana menggunakan kabel usb yang bisa langsung terdeteksi ke dalam perangkat kamu, jadi mari kita simak bagaimana Langkah yang harus dilakukan.

Cara Menggunakan USB atau Kabel Data Sebagai Perantara

Hal wajib yang kamu ingat untuk hal ini adalah Kamu harus memiliki kabel data usb terlebih dahulu. Kabel ini bisa kamu dapatkan di beberapa store elektronik atau konter pulsa biasanya mereka menyediakan semacam alat perkakas seperti ini. Berikut Langkah-langkah yang bisa kamu praktekan:

  1. Masuk ke dalam menu setting dan cari mobile hotspot yang tersedia dalam handphone kamu.
  2. Colokan kabel data (usb) ke handphone kamu berserta perangkat yang ingin kamu sambungkan.
  3. Kemudian akan muncul opsi dimana bertuliskan : penyimpanan usb, perangkat media, camera, hanya isi daya, dan cd-rom internal.
  4. Kamu bisa menekan pilihan “penyimpanan usb”
  5. Kemudian kamu bisa segera masuk ke dalam menu setelan pengaturan dan pilih selengkapnya lalu kemudia pilih internet usb.
  6. Berikutnya kamu bisa memilih dimana versi pc atau perangkat yang sesuai disebutkan.
  7. Setelah itu secara otomatis pc atau computer kamu akan mengintal penggunanya. Setelah menunggu proses selesai kamu sudah terhubung langsung ke dalam internet.

Baca Juga: 5 Cara Hack Facebook Tanpa Root Terbaru Lewat Android

Nah itu dia beberapa tutorial cara tentang menjadikan hp android sebagai modem. Hal ini bisa menjadi alternatif lain Ketika kamu membutuhkan koneksi internet secara tiba-tiba dalam suatu keadaan tertentu. Perlu kamu pahami baik- baik jika cara di atas mungkin akan berbeda saat pengaplikasiannya. Karena setiap sistem pengaturan hp android juga berbeda-beda. Tapi, kedua cara tersebut menggambarkan secara garis besar penerapannya. Cukup mudah untuk dilakukan.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin