Cara Cek Plagiarism Melalui Website

Cara Cek Plagiarism

Cara Cek Plagiarism Melalui Website – Bagi seorang penulis penting untuk melakukan pengecekan keunikan agar tulisannya orisinil. Sering kali saat membuat karya tulis seseorang melihat referensi untuk memperkuat tulisannya, sehingga perlu untuk melakukan pengecekan plagiarisme agar tidak dianggap menjiplak. Bagaimana cara cek plagiarism melalui website? Simak ulasan terkait cara untuk cek plagiarism berikut:

Cara Cek Plagiarism Melalui Website

1. Menggunakan 1text

Cara Cek Plagiarism

Cara cek plagiarism melalui website pertama yaitu menggunakan 1text.com. Para penggunanya dapat dengan mudah melakukan pengecekan terhadap tulisan dengan membuka website ini melalui laptop maupun handphone. Bahasa yang disediakan pada website ini hanya terdiri dari dua yaitu bahasa Inggris dan  Rusia.

Para pengguna dapat membuat akun pada website ini, sehingga memudahkan jika ingin membagikan hasil plagiarisme. Dengan menggunakan website ini, maka para pengguna juga dapat mengetahui jumlah kata, kata yang banyak digunakan, keunikan tulisan, dan tulisan yang sama dengan tulisan lainnya.

Tulisan yang memiliki kemiripan dengan lainnya biasanya berwarna keunguan. Jadi pengguna dapat mengganti kata yang berwarna ungu, agar keunikan tulisannya dapat meningkat.

2. Cara Cek Plagiarism, Menggunakan Plagiarisma

Cara Cek Plagiarism

Plagiarisma merupakan salah satu website yang juga banyak diminati oleh para penulis. Dengan menggunakan website ini para penulis dapat melakukan pengecekan terhadap berbagai format penyimpanan tulisan. Format yang dapat digunakan yaitu DOC, DOCX, TXT, HTML, RTF, PPTX, XLS, PDF, dan lainnya.

Bahasa pada website ini ada 7 yaitu Inggris, Prancis, Belanda, Spanyol, Italia, Portugal, dan Netherland. Selain untuk melakukan pengecekan terhadap tulisan bahasa Indonesia juga dapat dilakukan untuk pengecekan plagiarisme tulisan berbahasa Inggris.

Hasil yang diberikan baik tata bahasanya. Website ini dapat digunakan pada windows 7,8,10 dan Vista. Jika ingin menggunakan layanan berbayar agar lebih mendapatkan banyak fasilitas di website ini sangatlah mudah, cukup membayar 39,95 dollar.

3. Menggunakan PaperRater

Sama halnya dengan website sebelumnya, PaperRater juga dapat melakukan pengecekan tulisan dalam bahasa Indonesia dan juga bahasa Inggris. Untuk lebih mendapatkan kemudahan dapat terlebih dahulu melakukan login dengan menggunakan username dan password.

Penggunaan website ini secara gratis dan berbayar (premium). Dengan menggunakan PaperRater premium para pengguna mengeluarkan biaya sekitar 11,21 dollar. Kelebihan yang didapatkan jika menggunakan yang premium yaitu dapat melakukan pengecekan sekitar 200 tulisan/bulan dengan file yang dapat digunakan doc, docx, txt, dan rtf. Sedangkan untuk yang tidak berbayar sebanyak 50 tulisan/bulan.

4. Menggunakan PlagScan

Cara cek plagiarism melalui website lainnya yaitu dengan menggunakan PlagScan. Website ini sangatlah cocok bagi para pengguna yang berada di dunia pendidikan seperti menulis skripsi, tesis dan lainnya. Untuk melakukan pengecekan keunikan tulisan dapat dilakukan dengan format PDF. Pengaturan bahasa yang digunakan dalam website ini yaitu Inggris, Prancis, Belanda dan Spanyol.

5. Cara Cek Plagiarism, Menggunakan Quetext

Salah satu website yang juga banyak digunakan oleh berbagai masyarakat yaitu Quetext. Website ini memberikan 2 layanan pada penggunanya yaitu gratis dan berbayar. Untuk menggunakan secara berbayar dapat mengeluarkan biaya sebesar 9,99 dollar/bulan. Kelebihan yang didapatkan yaitu dapat melakukan pengecekan lebih dari 100.000 kata atau 20 halaman. Sedangkan untuk layanan gratis bisa 25.000 kata.

Telah diketahui beberapa cara cek plagiarism melalui website yang dapat digunakan. Pilihlah website dan layanan yang sesuai agar dapat optimal dalam mendapatkan tulisan yang orisinil. Saat menggunakan website ini, pengguna harus sabar dalam menunggu hasilnya dan pastikan jaringan internetnya lancar.

Baca Juga : Aplikasi Plagiarism Checker yang Banyak Dipakai

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

17 − eight =