Cara Mudah Mengecek Kuota Indosat

2-Cara-Mengecek-Kuota-Indosat-IM3-di-HP

Cara Mengecek Kuota Indosat IM3 ? – Sebenarnya pertanyaan tersebut sangatlah mendasar, akan tetapi tak sedikit dari pengguna provider kuning (Indosat) tersebut yang mengalami kesulitan atau bahkan tidak tahu bagaimana caranya.

Indosat termasuk dalam daftar provider ternama yang popular di Indonesia, banyak sekali promo dan penawaran menarik lainnya. disisi lain provider ini juga menawarkan harga kuota yang sedikit lebih murah daripada kompetitornya.

Oh iya, balik lagi ke topik pembahasan, metode pengecekannya ada dua cara, yang pertama melalui Dial up dan yang kedua menggunakan aplikasi My indosat. Yuk langsung saja ke tutorialnya.

Cara Mudah Mengecek Kuota Indosat IM3

Cara-Mudah-Mengecek-Kuota-Indosat-IM3

Cek kuota Melalui Dial up

    • Buka aplikasi panggilan
    • Ketik *123# Tekan Call / Yes
    • Setelah itu akan muncul beberapa menu, pilih INFO dengan ketik lagi angka 7
    • Pilih Kuota Internet dengan mengetik angka 1 dan Kirim
    • Tunggu sebentar karena informasi mengenai kuota internet akan dikirim melalui SMS

Cek  Kuota Internet Melalui Aplikasi My IM3

Sebelum mengikuti tutorial ini kamu harus mendownload aplikasi my im3 terlebih dahulu melalui google playstore.

Jika sudah selesai yuk langsung saja ikuti tutorialnya.

    • Buka aplikasi Myim3 dan jangan lupa izinkan akses telepon beserta akses lokasi saat ini
    • Daftarkan terlebih dahulu nomor indosat ke aplikasi
    • Setelah selesai akan muncul informasi mengenai sisa kuota internet
    • Selesai

Melalui aplikasi tersebut kamu tidak hanya dapat mengecek kuota internet melainkan juga dapat mengetahui sisa kuota nelpon dan SMS serta juga dapat membeli paket data internet dengan mudah dengan cara Tekan logo keranjang  pastikan pada tab paket internet, lalu pilih paket yang akan dibeli.

Bagaimana cukup mudah bukan ? tentunya kamu dapat melakukannya sendiri, memang sih jika dilihat dari segi tulisan kayaknya sedikit njelimet ya 🙂

Tetep nggak bisa mengecek nih bang, kartu SIMku tidak terbaca ?

Wah jika demikian beda lagi, tapi itung – itung buat nambah pengetahuan yuk kita bahas bersama.

11 Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca

Cara-Mengatasi-Kartu-SIM-Tidak-Terbaca

Periksa Masa Aktif SIM Card

Mengapa demikian, sebelum memeriksa pada hal yang lebih dalam alangkah baiknya memastikan masa berlaku simcard terlebih dahulu, karena menurut pengalaman pribadi kartu SIM yang sudah masa berlakunya habis terkadang tidak terbaca di merek HP tertentu. Sudahkah kamu mengecek ?

Pastikan pemasangan pada dengan benar

Ada beberapa kasus yang menyebabkan kartu sim tidak terbaca diantaranya karena kesalahan pemasangan pada soketnya, alhasil simcard tidak terdeteksi.

Matikan Mode Pesawat

Mode pesawat merupakan fitur bawaan Hp android yang jika diaktifkan HP tidak akan menerima sinyal dari provider. Untuk itu pastikan menonaktifkan fitur tersebut sebelum melakukan pengecekan ke hal yang lebih serius

Atur ulang jaringan

Mengatur ulang jaringan bisa kamu lakukan, Caranya pun cukup mudah akan tetapi setiap HP memiliki perbedaan tata letak pada pengaturan ini. Namun yang umum terdapat pada Pengaturan > Internet & Jaringan > Jaringan Seluler > Acces point selanjutnya setting sesuai denga operator yang sedang dipakai

Periksa IMEI android

Permasalahan ini jarang terjadi kecuali anda suka mengotak – atik system android. Yang menyebabkan error sehhingga menyebabkan IMEI tidak ada/hilang, hal tersebut juga dapat menyebabkan kartu SIM tidak terbaca.

Untuk mengetahui IMEI pada android kita masih ada atau sudah hilang sebaiknya kita cek aja yuk, caranya pun cukup mudah

Ikuti langkah dibawah ini :

Cara mengecek IMEI Android

    • Buka menu “Call/Panggilan”
    • Ketikkan Kode “ *#06#
    • Jika terdapat 2 kode baris biasanya tidak ada masalah pada IME android kita, permasalahannya jika tidak terdapat kode tersebut segeralah ke tukang service untuk memperbaikinya
    • Cek kecocokan IMEI pada Kardus

Jika hasilnya tidak sama dengan apa yang ada pada kardus awal membeli, secepatnya hubungi Customer service jika masa garansi masih berlaku

Cek tipe Kartu SIM CDMA/GSM

Hal ini dikarenakan human error, memasang tipe kartu yang berbeda menyebabkan kartu sim tidak dapat terdeteksi oleh system.

Namun untuk saat ini sudah terdapat beberapa model HP yang dapat menggunakan tipe GSM dan CDMA secara bersamaan.

Setting Jaringan Ke Mode Otomatis

Diera sekarang terdapat beberapa tipe jaringan diantaranya 2G 3G 4G/LTE. Namun yang jadi masalah adalah tidak semua lokasi/daerah dapat menjangkau jaringan yang kita sebutkan diatas.

Tentunya hal tersebut menjadi permasalahan jika HP tersetting di Mode 4G saat berada di daerah yang tidak terjangkau jaringan 4G/LTE, biasanya handphone tidak akan menerima sinyal.

Jika demikian solusinya ialah menyetting HP pada Mode Otomatis. Lalu bagaimana cara setting mode otomatis ? caranya pun cukup mudah ikuti saja langkah dibawah ini

    • Buka Pengaturan
    • Tekan pilihan “Kartu SIM
    • Klik pada pilihan “Jenis jaringan Pilihan
    • Biasanya terdapat beberapa pilihan diantaranya, 4G only 2G pilih saja LTE/WCDMA/GSM

Restart HP

Kenapa harus memulai ulang handphone? Kedengarannya sih sedikit nggak nyambung, ternyata metode ini ada hubungannya loh. Karena saaat hp di restart system android secara otomatis akan dimuat ulang sehingga dapat meminimalisir error sistem

Update OS Android

Menurut pengalaman pribadi cara ini cukup mambantu, karna pernah sekali mendapati permasalahan tiba – tiba kartu SIM tidak terbaca, setelah melakukan berbagai cara seperti diatas akan tetapi belum juga membuahkan hasil lalu kami mencoba mengupdate system, dan alhasil ternyata setelah selesai bari sinyal pun muncul kembali. Menurut analisa kami hal tersebut bisa juga dikarenakan BUG pada system android.

Coba kartu SIM pada HP lain

Langkah ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah permasalahan terletak pada SIM Card yang sedang dipakai atau kerusakan pada HP.

Jika hal serupa terjadi di HP lain maka dapat disimpulkan  permasalahannya terdapat pada SIM card itu sendiri akan tetapi jika pada HP lain tidak mengalami masalah atau bisa dibilang normal, berarti permasalahannya terdapat pada ponsel yang sedang kamu pakai.

Service HP

Jika semua langkah diatas belum juga tak kunjung berhasil, mungkin saja kesalahannya terletak pada komponen hardware, biasanya kerusakan terletak pada socket SIM Card dan dalam hal ini kamu perlu bantuan orang yang memang sudah ahli dibidangnya yakni tukang service.

Diatas adalah beberapa tips yang bisa kamu coba jika mendapati permasalahan kartu SIM tidak terbaca.

Baca Juga: Cara Membuat Linktree

Akhir Kata

Demikian tutorial cara mengecek kuota indosat IM3 bisa disimpulkan melakukan pengecekan melalui aplikasi my im3 lebih mudah karena selain mengetahui sisa kuota internet kamu juga dapat mendaftar paket internet tanpa perlu melalui metode lama (Dial up).  Semoga dapat membantu dan jangan lupa share yah 🙂

 

5/5 - (456 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

12 − eleven =