13 Cara Tarik Tunai BCA Tanpa Kartu, Mudah dan Nyaman

Cara Tarik Tunai di ATM BCA Tanpa Kartu

Cara Tarik Tunai BCA Tanpa Kartu, Mudah dan Nyaman – Pada umumnya untuk mengambil nasabah masih memerlukan kartu debit atau kartu kredit untuk diproses pada mesin ATM atau EDC. Namun perkembangan teknologi membuat perbankan, mengambil langkah maju yaitu dengan memberikan fasilitas cara tarik tunai di BCA tanpa kartu. Suatu terobosan yang memudahkan nasabah.

Perkembangan teknologi adalah salah satu yang mendasar hal tersebut. Ditambah dengan banyaknya nasabah yang merasa memiliki banyak kartu adalah hal yang merepotkan. Atau bisa saja kehilangan kartu, namun karena sesuatu dan lain hal,  perlu memiliki uang cash dengan cara menariknya menggunakan mesin ATM atau EDC.

Cara Tarik Tunai BCA Tanpa Kartu

Oleh karenanya, BCA mengadakan terobosan mutakhir yaitu memberikan kemudahan memiliki uang cash tanpa perlu menggunakan kartu. Terutama ketika akan akan menariknya melalui EDC atau mesin ATM. Suatu berita yang amat menggembirakan khususnya bagi nasabah BCA karena semakin mudah untuk mengambil uang tunai.

Aktivasi Menggunakan BCA Mobile

Tahap pertama agar Anda dapat melakukan cara tarik tunai di BCA tanpa kartu adalah memiliki BCA mobile yang sudah terpasang pada smartphone. Pasalnya, kunci untuk melakukannya adalah dengan mengaktivasi menu Cardless pada aplikasi ini. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Bukalah BCA mobil sudah terpasang pada smartphone anda
  2. Masuklah ke dalam menu Cardless
  3. Pilihlah opsi  Tarik
  4. Pilihlah rekening sumber dana yang akan ditarik tanpa kartu
  5. Tuliskan nominal uang yang akan Anda tarik
  6. Selanjutnya masukkan lah PIN m-bca sesuai dengan yang diminta
  7. Kemudian anda akan mendapatkan 6 angka kode transaksi tersebut
  8. Untuk mendapatkan uangnya datangilah hilang mesin ATM BCA terdekat
  9. Bukalah menu Transaksi Tanpa Kartu yang ada pada mesin ATM tersebut
  10. Selanjutnya ketika nomor HP yang terdaftar pada mobile BCA Anda
  11. Masukkan lah enam digit kode transaksi yang tadi telah diterima pada saat memasukkan PIN m-BCA pada aplikasi BCA mobile
  12. Setelah notifikasi selesai maka anda dapat langsung menarik uang dari mesin ATM
  13. Transaksi selesai

Untuk amannya Anda dapat melakukan transaksi awal pada aplikasi m-bca di rumah atau di tempat yang lebih aman. Baru sesudahnya mengunjungi ATM terdekat. Akan tetapi perlu diperhatikan bahwa 6 digit kode transaksi yang akan dikirimkan oleh ke aplikasi m-BCA hanya berlaku selama satu jam saja.

Oleh karenanya dalam kurun waktu tersebut transaksi menggunakan mesin ATM harus segera dilakukan. Pasalnya, lewat dari jangka waktu tersebut Anda harus mengulangi kembali aktivasi kartu Flash pada BCA mobile. Sebab 6 digit kode transaksi yang tadi dikirim tidak dapat dapat digunakan lagi.

Memanfaatkan Fasilitas yang Disediakan Oleh Minimarket

Untuk memudahkan nasabahnya BCA pun bekerjasama dengan Indomaret agar dapat menggunakan fasilitas cara tarik tunai di BCA tanpa kartu. Proses penarikan ini tidak akan dikenakan biaya namun memiliki syarat yaitu harus berbelanja minimal Rp20.000. Sementara pengambilan tunai paling sedikit adalah Rp50.000.

Langkah untuk memanfaatkan cara tarik tunai di BCA tanpa kartu melalui minimarket Indomaret adalah sebagai berikut:

  1. Bukalah aplikasi BCA mobile yang sudah terunduh pada smartphone Anda
  2. Selanjutnya, pilihlah menu Cardless
  3. Pilihlah opsi Tarik Tunai pada menu yang tersedia
  4. Lalu Tekanlah Sumber Dana yang Anda inginkan untuk menarik uang tersebut
  5. Tuliskanlah jumlah yang akan anda tarik menggunakan sumber dana tadi
  6. Akhiri dengan oke
  7. Masukkanlah verifikasi dengan mengetikkan PIN m-BCA Anda
  8. Selanjutnya anda akan mendapatkan kode penarikan tanpa kartu yang terdiri dari 6 digit.  Khusus untuk Indomaret berlaku selama 2 jam.
  9. Selanjutnya datangilah minimarket Indomaret terdekat sebelum waktu kode transaksi tadi habis
  10. Sebelum melakukan penarikan di kasir, berbelanjalah minimal Rp20.000 terlebih dahulu Baru dapat melakukan verifikasi penarikan uang
  11. Hubungi lah kasir sambil menyebutkan kode penarikan yang diperoleh tadi sambil membayar belanjaan tersebut
  12. Selanjutnya kasir akan memproses permintaan Anda sesuai dengan nominal yang tadi telah ditetapkan
  13. Selesai

Diketahui bahwa minimal penarikan tunai melalui Indomaret adalah Rp50.000 sementara untuk nominal maksimalnya adalah Rp1.000.000.  diharapkan nasabah menarik dengan kelipatan Rp50.000. Keuntungan lainnya adalah biaya tarik tunai nya adalah gratis sehingga nomor rekening hanya berkurang sesuai dengan penarikan tunai Anda.

Tarik Tunai Tanpa Kartu Melalui ATM Non-BCA

Kendati tersedia kemudahan untuk melakukan cara tarik tunai di BCA tanpa kartu dengan menggunakan fasilitas Indomaret, namun tidak dengan ATM non BCA. Sebab, fasilitas in hanya tersedia bagi merchant yang bekerjasama dengan bank BCA. Begitu juga dengan tarik tunai menggunakan ATM non-BCA, sampai sekarang belum dapat dilakukan.

Menyetor Uang Tunai Tanpa Menggunakan Kartu

Selain cara tarik tunai di BCA tanpa kartu, bank ini pun menyediakan fasilitas menarik lainnya bagi nasabah. Antara lain menyetorkan uang tanpa menggunakan kartu debit, tetapi juga tidak melalui teller. Sara tersebut adalah setor tunai tanpa kartu menggunakan mesin ATM BCA.

Dengan kemudahan yang disediakan oleh BCA, kini nasabah tidak perlu bingung jika kebetulan kartu debit miliknya hilang. Namun, yang perlu menjadi perhatian adalah mempunyai aplikas m-BCA yang aktif agar dapat melakukan transaksi tersebut.

Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Bukalah aplikasi m-BCA yang sudah terunduh pada telepon genggam Anda
  2. Pilihlah  menu Cardless di BCA mobile
  3. Tekan  Setor
  4. Pilih nomor rekening yang dituju sebagai tempat penyimpanan uang tunai yang akan disetor tadi
  5. Masukan  PIN m BCA yang telah Anda miliki
  6. Sistem akan mengirimkan 6 digit kode transaksi yang bersifat rahasia
  7. Langkah selanjutnya adalah mencari ATM Setoran Tunai BCA terdekat
  8. Lanjutkan transaksi dengan memilih Transaksi Tanpa Kartu yang tertera pada mesin ATM
  9. Ketikan no HP m-BCA Anda
  10. Masukan lah 6 digit kode transaksi
  11. Lakukanlah penyetaraan ATM tersebut dengan jumlah yang tertera sama dengan yang telah direncanakan
  12. Transaksi selesai, Uang akan langsung masuk ke dalam rekening yang dituju

Anda dapat melakukan setoran tunai dengan uang pecahan Rp100.000 atau RP50.000. Perhatikanlah sebelumnya keadaan fisik uang tersebut, karena mesin pada umumnya tidak menerima uang lembaran yang dianggapnya tidak mulus. Antara lain tertekuk, terlipat, lembab dan basah serta robek.

Dengan adanya transaksi cara tarik tunai di BCA tanpa kartu, tentukan memudahkan nasabah BCA untuk melakukan berbagai macam transaksi keuangan tanpa perlu lagi menggunakan kartu debit. Terutama jika dalam keadaan terdesak dan kartu hilang. Kendati demikian, bukan berarti keberadaannya tidak dibutuhkan lagi.

Perlu diketahui juga bahwa 6 angka rahasia memiliki masa berlaku yang terbatas padahal menjadi salah satu cara melakukan verifikasi transaksi cardless sehingga Anda perlu segera menyelesaikannya.

Baca Juga : 10 Cara Transfer BCA ke DANA Terbaru 2022

Namun yang perlu diingat adalah untuk memastikan bahwa aplikasi m-BCA Anda aktif. Sebab, kunci untuk melakukanya cara tarik tunai di BCA tanpa kartu dan setoran melalui ATM BCA serta Indomaret adalah verifikasi yang Anda lakukan terlebih melalui aplikasi tersebut.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin

Leave a Reply

Your email address will not be published.

3 × 5 =