Cara Transfer DANA ke OVO 2021

Cara Transfer DANA ke OVO 2021 – Pada era modern dan serba maju seperti sekarang, berbagai kegiatan sehari-hari sering mengandalkan digital wallet atau dompet digital. Berbeda dengan beberapa tahun tahun lalu, kini transaksi sudah menerapkan cashless atau minim pemakaian uang tunai. Termasuk kegiatan mengirim uang antar digital wallet. Cara transfer DANA ke OVO 2021 misalnya, membuat pengiriman yang jadi lebih efisien.

Anda yang kerap menggunakan aplikasi-aplikasi dengan produk layanan digital, penggunaan digital wallet pasti sudah tidak asing lagi. Apalagi banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan, mulai dari voucher cashback, hingga adanya poin yang bisa Anda kumpulkan. Di Indonesia sendiri, keberadaan digital wallet sudah sangat banyak dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Meski dari segi pengguna masih pada pasar kalangan menengah ke atas, serta kalangan tertentu yang menyadari betapa banyak kelebihan dari pemakaian digital wallet, dalam penggunaannya semakin dikenal oleh lebih banyak masyarakat. Didukung oleh semakin meluaskan jangkauan internet ke banyak daerah.

Cara Transfer DANA ke OVO 2021

bagaimana Cara Transfer DANA ke OVO

Perbedaan DANA dengan OVO

Dari sekian banyak digital wallet, DANA dan OVO merupakan dua macam yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. DANA adalah aplikasi digital wallet yang dinaungi perusahaan PT Espay Debit Indonesia Koe, sedangkan OVO merupakan digital wallet yang dinaungi perusahaan PT Visionet Internasional.

Berbeda dengan beberapa aplikasi serupa lain, kedua aplikasi ini bisa saling melakukan transaksi satu sama lain seperti transfer uang dari DANA ke OVO, maupun sebaliknya. Setiap ragam aplikasi dengan layanan digital wallet memiliki sistem dan bentuk fitur yang berbeda, sehingga masing-masing memiliki daya tarik tersendiri.

Hal tersebut yang membuat masyarakat bisa memilih aplikasi sesuai dengan kebutuhan dan keinginan, berdasarkan pertimbangan pribadi. Baik DANA atau juga OVO, fitur yang ditawarkan sangat beraneka ragam, contohnya pada merchant-merchant yang bekerjasama.

Layanan-Layanan dari DANA dan OVO

Karena setiap aplikasi dilengkapi layanan dan fitur berbeda, Anda bisa lebih dulu mengamati dan pertimbangkan mana aplikasi yang paling memenuhi kebutuhan. Beberapa layanan dari setiap aplikasi digital wallet di antaranya layanan kirim dan minta pengiriman dana, lakukan pembayaran di banyak toko, pembayaran tagihan, pembayaran iuran bulanan, dan masih banyak lagi.

Utamanya digital wallet ini akan bantu permudah transaksi dalam berbagai bentuk, mulai transaksi di toko offline, maupun online dengan langkah lebih praktis. Anda tidak perlu lagi mengeluarkan uang tunai atau harus menunggu proses pengembalian sisa dari transaksi dengan tunai. Cukup gunakan ponsel pintar Anda, segala transaksi bisa diselesaikan dengan lebih efisien.

Cara Transfer Uang dari Dana ke OVO

Untuk mengirim uang ke rekening OVO, Anda bisa membuka lebih dulu aplikasi DANA, lalu ikuti langkah singkatnya berikut ini.

Kirim Uang dari DANA ke OVO

  1. Gunakan fitur ‘kirim’.
  2. Pilih kirim ke rekening bank lain.
  3. Pilih ‘Bank National Nobu’ dengan kode angka ‘9’, lalu sambung dan cantumkan nomor ponsel OVO.
  4. Masukan angka jumlah saldo yang ingin dikirim.
  5. Lakukan konfirmasi dan masukan PIN akun DANA Anda.

Kirim Uang dari OVO ke DANA

  1. Klik fitur ‘transfer’.
  2. Pilih transfer ke rekening bank yaitu Bank CIMB Niaga.
  3. Masukan angka 8059 ditambah angka nomor HP dari akun DANA.
  4. Ikuti petunjuk selanjutnya dan lakukan konfirmasi.

Selain mengirim dari menu kirim atau transfer, Anda bisa juga memanfaatkan menu ‘tarik saldo’ yang kemudian memilih menu ‘transfer antar bank atau ke rekening bank’. Anda bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan dan mana cara termudah.

Untuk transaksi pengiriman uang ataupun penarikan saldo terdapat potongan biaya, sehingga Anda tidak bisa mengirim atau menarik dengan jumlah maksimal (seperti yang tertera pada jumlah saldo). Anda harus siapkan potongan biaya transaksi dengan mengurangi jumlah uang yang akan dikirim.

Setiap transaksi dari masing-masing aplikasi bisa saja alami masalah atau kendala yang mana dilandasi berbagai kondisi, mulai dari jaringan internet yang sedang tidak stabil, hingga sistem yang sedang gangguan. Oleh karenanya, Anda bisa langsung konsultasikan kepada pihak aplikasi bila menghadapi masalah pada kegiatan transaksi.

Kelebihan Menggunakan Digital Wallet

Sebenarnya apa saja kelebihan dan keuntungan dari menggunakan aplikasi-aplikasi digital wallet? Kelebihan pertama adalah dalam hal cashless. Saat ini banyak masyarakat yang coba bertransaksi secara cashless dengan berbagai tujuan, seperti menghindari perpindahan bakteri dari uang tunai.

Selanjutnya kelebihan menggunakan digital wallet lain adalah untuk bantu mengatur keuangan. Banyak dari penggunanya yang memang merasa dompet digital lebih membantu dalam mengatur pengeluaran setiap harinya. Semua transaksi bisa terekam jelas, termasuk transaksi bulanan. Seperti pembayaran tagihan-tagihan bulanan.

Kelebihan ketiga yaitu Anda bisa lebih menghemat waktu dan tenaga. Pada kegiatan bertransaksi, Anda hanya tinggal lakukan scan di kode yang sudah disediakan pihak toko offline. Sedangkan pada transaksi di toko online, Anda hanya tinggal menyambungkan website atau aplikasi dengan digital wallet. Transaksi pun bisa berlangsung secara lebih cepat dan praktis.

Kelebihan yang akan sangat berpengaruh terhadap keseharian berupa bagaimana Anda mampu memanfaatkan perkembangan dan kemajuan teknologi yang mana mempengaruhi produktivitas para penggunanya.

Memilih Aplikasi Terbaik yang Mampu Penuhi Kebutuhan

Karena keragaman aplikasi digital wallet sangat banyak, Anda bisa memilih aplikasi terbaik yang paling memenuhi kebutuhan. Seperti melihat merchant apa saja yang bekerjasama dengan aplikasi tersebut. Lalu bisa pula melihat layanan dan fitur apa saja, serta penawaran menarik seperti apa yang ditawarkan masing-masing aplikasi.

Beberapa aplikasi juga menawarkan dan melakukan kerjasama dengan layanan ojek online. Seperti yang kita tahu bersama, keberadaan ojek online sendiri sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian orang. Tidak hanya itu, Anda bisa pilih aplikasi dengan sistem yang paling praktis dan menghemat waktu dalam penggunaannya.

Tips Penggunaan Digital Wallet

Tentu setiap bentuk kemajuan dan perkembangan teknologi tidak lepas dari adanya kekurangan, serta risiko di balik penggunaannya. Begitu pula dengan penggunaan digital wallet seperti DANA ataupun OVO, maka dari itu Anda bisa menggunakan dengan lebih cerdas dan berhati-hati.

Untuk menghindari risiko dari pemakaian dompet digital, berikut beberapa tipsnya untuk Anda.

  • Memahami Kebutuhan

Memahami kebutuhan sangat penting ketika menggunakan digital wallet. Banyak pengguna yang merasa kurang efektif hanya karena tidak memahami kebutuhan dirinya sendiri.

  • Pertimbangkan Kelebihan dan Kekurangan

Anda harus mempertimbangkan mengenai kelebihan dan kekurangannya. Sebab belum semua transaksi di Indonesia menyediakan pembayaran dengan digital wallet. 

  • Hindari Menggunakan Terlalu Banyak Aplikasi

Meski cara transfer DANA ke OVO 2021  mudah, supaya Anda tidak bingung dalam mengelolanya, coba hindari menggunakan terlalu banyak aplikasi dompet digital. Selain akan mempersulit pengelolaannya, Anda bisa dekat dengan risiko menghadapi masalah pengeluaran yang berlebihan. 

  • Perhatikan Data pribadi dan PIN

Wajib bagi Anda untuk memperhatikan data-data pribadi yang terdapat pada aplikasi. Selain itu wajib pula melakukan pengaturan PIN berkala, menggantinya setiap dua sampai tiga bulan sekali demi menghindari hal-hal yang tidak Anda inginkan.

Itulah ulasan mengenai cara transfer DANA ke OVO 2021 beserta informasi lengkap lainnya. Kini, Anda sudah tahu bahwa DANA bisa mengirimkan uang ke aplikasi OVO secara mudah dan cepat.

Jika Anda ingin mentransfer dari OVO ke ShopeePay, Anda bisa cari tahu melalu artikel kami disini.

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eight − 2 =