Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi 12 Lite 5G, Beserta Spesifikasinya

Xiaomi mi 12 lite 5g

Kelebihan dan Kekurangan Redmi 12 Lite 5G – Xiaomi 12  5G Lite, Siapa yang tidak mengetahui keluaran terbaru Xiaomi yang dikeluarkan oleh usaha di bawah naungan Xiaomi yaitu redmi. Seri ini diketahui memiliki harga yang ekonomis dan menggunakan teknologi terbaru yang super canggih.

Xiaomi telah memperbarui produknya dari setiap sisi berdasarkan penilaian penggunanya. Selama ini redmi merupakan salah satu perusahaan terbuka yang menerima semua aspirasi masyarakat atau aspirasi pengguna-penggunanya.

Kiprah Xiaomi di Indonesia sangat cemerlang dan mampu menggeser beberapa merek besar seperti Oppo dan Samsung. Xiaomi 12 lite rilis di Indonesia pada Selasa, 19 Juni 2022.

Meski menjadi seri reguler dari seri xiaomi 12 lainnya, namun seri ini dibekali dengan teknologi canggih dan mumpuni. Seperti koneksi 5G, resolusi kamera tinggi, dan masih banyak fitur unggul lainnya.

Xiaomi 12 Lite merupakan seri termurah yang dikeluarkan oleh xiaomi dalam dekade terakhir. Xiaomi membandrol seri ini kurang lebih Rp 5.799.000 dengan spesifikasi memori mencapai 8/256GB.

Spesifikasi Xiaomi 12 Lite

Harga sebuah hp pasti harus sesuai dengan spesifikasi harga yang dikeluarkan. Meskipun dibandrol dengan harga yang relatif murah. Namun Xiaomi 12 lite dibekali dengan spesifikasi yang sangat mumpuni. Berikut spesifikasi Xiaomi 12 Lite:

  • Chipset, menggunakan chipset Snapdragon 778G 5G, Seri prosesor ini merupakan seri terbaik di kelasnya.
  • Layar, menggunakan layar 6.55 inch AMOLED 120Hz FHD + Dolby Vision, HDR10+ yang sangat menarik
  • Dimensi, 159.3 x 73,7 x 7,3 mm
  • Processor, seri terbaru dari Snapdragon 778G
  • GPU, menggunakan Adreno 642L
  • Penyimpanan, Menggunakan penyimpanan yang lebih update dari sebelumnya yaitu RAM 8 GB dan storage internal 256 GB
  • Kamera, resolusi kamera belakang (Utama) 108 MP dan kamera depan 32 MP
  • Kartu SIM, bisa digunakan untuk 2 kartu SIM
  • Fitur, banyak fitur terbaru yang dibekali seri ini seperti Dolby Vision, Dolby Atmos HDR10+
  • Kapasitas baterai, 4.300 mAh yang menggunakan teknologi fast charge
  • Jaringan, terhubung dengan jaringan 5G, WIFI, Bluetooth 5.2
  • Variasi Warna, Lite green, Lite pink, dan black
  • Harga, Rp 5.800

Kelebihan Xiaomi 12 Lite

Sebagai seri terbaru tentunya banyak kelebihan yang dibekali untuk seri ini. Inovasi terbaru dari xiaomi juga dituangkan dalam hp seri ini. Tidak heran jika Xiaomi 12 Lite 5G terjual habis di pasaran. Apa saja kelebihan Xiaomi 12 Lite? Berikut penjelasannya:

Harga Murah

Kelebihan pertama adalah harganya yang sangat murah dan mempunyai kualitas yang sangat bagus. Redmi 12 Lite merupakan seri termurah untuk smartphone dengan spesifikasi kategori flagship. Xiaomi12 Lite dibandrol dengan harga Rp 5.800, tidak heran jika produk ini laku habis di pasaran.

Dual SIM

Smartphone yang menyediakan 1 SIM mulai ditinggalkan era ini. Rata-rata smartphone keluaran tahun 2021 tidak ada yang menggunakan 1 SIM, begitu juga dengan Xiaomi 12 Lite yang memungkinka kamu untuk menyimpan dan menggunakan 2 kartu dalam satu Hp.

Mendukung Jaringan 5G

Kualitas jaringan yang digunakan pada Xiaomi 12 Lite 5G adalah 5G dan sudah meninggalkan jaringan 4G. dengan demikian kamu bisa berselancar di media sosial atau platform lainnya dengan jaringan yang super cepat.

Desain

Redmi 12 Lite mempunyai desain yang tipis dan ringan. Desain yang digunakan juga hampir mirip dengan iPhone 14 Pro yang sedang booming saat ini. Tampilan belakang yang dilengkapi 3 kamera membuat pengguna setia Xiaomi semakin tertarik. Desain yang ringan ini disebabkan karena Redmi 12 Lite menggunakan bahan plastik dengan bobot yang sangat ringan yaitu 173 gram dimensi 159,3 x 73,7 x 7,29 mm dimensi 159,3 x 73,7 x 7,29 mm

Menggunakan Layar AMOLED 120 Hz

Redmi 12 Lite merupakan sebuah smartphone yang dirancang khusus untuk bermain game, maka tidak heran jika menggunakan layar yang sedikit besar. Tidak hanya layar besar Redmi 12 Lite juga dibekali dengan teknologi canggih yang sangat mumpuni.

Layar Xiaomi 12 Lite memiliki panjang 6,55 inci. Dengan layar sebesar ini tentunya akan sangat nyaman digunakan bermain game, browsing sosial media atau menonton sebuah film. Selain itu layar Redmi 12 Lite ini menggunakan AMOLED resolusi FHD+ 1080 x 2400 piksel.

Layar ini mempunyai kecerahan yang cukup ideal dan jika dalam kondisi gelap layar akan secara otomatis diturunkan sekitar 2 nits dan layar masih bisa dilihat dengan jelas. Banyak juga penguji yang menyebutkan bahwa layar ini sudah pernah dipakai sebelumnya oleh seri Xiaomi 12 dan Xiaomi 12X yang mempunyai kecerahan maksimal dengan warna yang berimbang.

Keamanan Terjamin

Redmi 12 Lite menggunakan sidik jari sebagai alat pemindai dalam segala hal, seperti acan, password tampilan awal, maupun password aplikasi. Dengan menggunakan sidik jari tentunya lebih aman, karena dipastikan yang bisa membuka hp tersebut adalah pengguna saja.

Namun bagi kamu yang tidak suka menggunakan sidik jari, kamu masih menggunakan pilihan password lainnya seperti, PIN, POLA, atau sandi tulisan khusus. Usahakan saat membuat sandi menggunakan gabungan dari angka, simbol, dan huruf.

Speaker Jernih

Redmi 12 Lite juga dibekali dengan fitur Stereo Speaker yang sangat jernih dan cocok digunakan sound ketika bermain game. Fitur ini merupakan fitur yang dikembangan oleh Harman Kardon (Developer terkenal) untuk lebih memaksimalkan kualitas suara yang prima.

Xiaomi 12 Lite memiliki 2 buah speaker, Speaker utama pada bagian bawah dan speaker kedua pada bagian atas – menyatu dengan earpiece.

Processor

Redmi 12 Lite juga dibekali dengan processor yang sangat cepat yaitu SoC Qualcomm Snapdragon 778G. processor ini dibuat dengan menggunakan konfigurasi prosesor octa core yang kuat terdiri dari 1 unit Kryo 670 prime berbasiskan Cortex A78 (2,4 GHz) sebagai inti high performance , 3 core 670 gold cortex A78 (2,2 Ghz) dan 4 unit Kryo 670 Silver berbasiskan Cortex A55 (1.9 GHz) sebagai inti hemat daya.

Processor ini juga menggunakan core berbasis Cortex A78. Cortex A78 yang sama dengan  chipset flagship Snapdragon 888. Tidak heran jika processor ini memiliki performa yang sangat tinggi.

Snapdragon 778G juga dilengkapi dengan GPU Adreno 642L (490 MHz) yang lebih cepat dibandingkan GPU Adreno 620.

Kamera

Xiaomi 12 Lite menggunakan kamera utama 108 MP dengan ini kamu bisa memotret dan merekam sesuatu dengan hasil yang sangat bagus. Redmi 12 Lite memang mengalami update dari generasi sebelumnya yaitu pada bagian processor, kamera, dan tampilan layar yang digunakan. Karena smartphone ini lebih berfokus pada gaming.

Pada kamera utama Xiaomi 12 Lite memasang sensor Samsung ISOCELL HM2 108 MP jauh meningkat dari generasi sebelumnya yang hanya 64 MP. Kamera yang digunakan memiliki bukaan f/1.9, dilengkapi autofocus berteknologi PDAF.

Kamera kedua menggunakan resolusi 8 MP sebagai kamera ultrawide. Dengan bukaan f/2.2. Kemudian, terakhir ada kamera macro 2 MP f/2.4. Kamera ini juga banyak menawarkan mode diantaranya Portrait, Sticker, Panorama, Pro Mode, Time Lapse dan Short Video.

Pada bagian kamera selfie menggunakan resolusi yang tinggi yakni 32 MP (f/2.5). Menariknya, Xiaomi12 Lite menghadirkan fitur autofocus di kamera depan ini. Video yang dihasilkan kamera utama adalah 4K 30fps  dan kamera depan bisa menghasilkan video dengan resolusi FHD 30fps. Kamera Redmi 12 Lite cocok digunakan untuk zoom atau keperluan lainnya.

Fast Charging 67W

Redmi 12 Lite dibekali baterai dengan kapasitas 4300 mAh, namun masih dibilang kecil untuk ukuran baterai ponsel masa kini. Namun kapasitas baterai ini sangat cukup digunakan untuk bermain game atau untuk media sosial.

Yang menjadi daya tarik adalah Redmi 12 Lite dibekali dengan teknologi pengisian cepat Fast Charging 67W. kamu juga akan mendapatkan paket lengkap jika membeli hp ini, seperti charger dan lain sebagainya. Untuk menjaga kekuatan baterai hp sebaiknya kamu charge dalam waktu 40-50 menit dari 0-100%

kekurangan Xiaomi Redmi 12 Lite

Disamping banyak kelebihan yang ditawarkan Xiaomi Redmi 12 Lite, ternyata masih banyak kekurangan yang perlu di update pada generasi selanjutnya. Apa saja kekurangan Redmi 12 Lite? Berikut penjelasannya:

Tanpa Pelindung

Tampilan desain yang digunakan smartphone ini memang sangat elegan dan menarik, namun xiaomi tidak memberikan pelindung untuk produknya ini. Sehingga kemungkinan akan rentan pecah jika terjatuh atau yang lainnya.

Letak Sensor Sidik Jari

Jika kamu salah satu pengguna Redmi 12 Lite mungkin akan merasa terganggu dengan letak sidik jari yang terlalu ke bawah dan sangat mengganggu saat kita membuka hp.

Kapasitas Baterai

Dengan harga yang murah dan desain yang elegan, ternyata Redmi 12 Lite mempunyai kapasitas baterai yang masih dikategorikan kecil untuk hp yang support jaringan 5G. hal ini banyak diungkapkan oleh gamer yang menggunakan Xiaomi 12 Lite yang mengeluhkan baterainya sangat kecil

Non Slot MicroSD

Banyak fitur yang cut oleh xiaomi karena desain yang digunakan tidak mampu menampung hal itu, misalnya saja slot microSD. Walaupun menggunakan memori yang cukup besar, namun hal ini merupakan kekurangan yang sangat serius karena slot microSD sangat dianggap penting oleh sebagian pengguna smartphone untuk menyimpan data penting.

Penggunaan memori tambahan sangat berguna apabila memori internal hp sudah penuh, selain itu menggunakan memori tambahan juga membuat data penting dapat lebih aman. Karena tidak menutup kemungkinan sewaktu-waktu hp kamu bisa rusak dan kau bisa dengan mudah mengambil memori internal kamu.

Baca Juga: 15 Cara Cek HP Xiaomi Asli Atau Palsu dengan Mudah 2022

Kalah Bersaing

Redmi 12 Lite masih kalah dalam persaingan di pasar smartphone internasional. Pasalnya masih banyak smartphone merk lain yang spesifikasinya lebih besar dan dengan harga yang tidak jauh berbeda. Misalnya saja Oppo yang berhasil mengalahkan xiaomi karena harga yang murah dan kualitas baterai yang tahan lama.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin