Download Game PPSSPP

Download Game PPSSPP

Download Game PPSSPP – Saat ini, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memainkan berbagai game yang ada di luar sana. Jika dahulu para gamer harus memiliki console atau PC untuk bermain game, sekarang tidak lagi.

Dengan kemajuan teknologi, game-game jaman dahulu bisa kembali dinikmati melalui smartphone yang kita genggam setiap hari menggunakan aplikasi bernama emulator.

Kehadiran emulator membuat para pecinta game dapat bernostalgia dan memainkan kembali berbagai permainan yang dulu hanya bisa dijalankan di Playstation maupun PSP. Salah satu emulator yang cukup populer dan banyak dijadikan pilihan adalah PPSSPP.

Untuk menggunakan emulator ini, kamu hanya perlu mendownload dan menginstallnya di smartphone. Setelah itu, kamu bisa mulai download game PPSSPP yang ingin dimainkan.

Lalu bagaimana cara download dan install aplikasi PPSSPP beserta game yang akan dimainkan? Ketahui lebih lanjut lewat penjelasan berikut ini.

Lebih Jauh Tentang PPSSPP

Download Game PPSSPP

Pada bagian sebelumnya, telah dijelaskan secara singkat bahwa PPSSPP adalah aplikasi emulator yang memungkinkan penggunanya untuk memainkan game Playstation atau PSP.

Emulator ini tak hanya kompatibel untuk perangkat Android saja, melainkan juga bisa digunakan pada perangkat iOS, Mac, Windows, Symbian, dan masih banyak lagi.

Dengan menginstall aplikasi emulator ini, pengguna akan dapat memainkan game-game jaman dahulu seperti Smackdown, Kamen Rider, God of War, naruto, dan lain sebagainya.

Hampir semua perangkat Android cocok untuk menjalankan emulator PPSSPP ini. Hanya beberapa perangkat lama yang tidak memenuhi spesifikasi minimum saja yang tidak mampu menjalankan aplikasi ini.

Cara Download Game PPSSPP

Jika kamu ingin bernostalgia dan memainkan kembali game-game yang mewarnai masa kecilmu dengan emulator ini, tentu hal pertama yang harus dilakukan adalah mendownload PPSSPP terlebih dahulu.

Kemudian dilanjutkan dengan mendownload ISO dari game yang diinginkan tersebut. Di bawah ini adalah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk mendownloadnya:

  1. Download Game PPSSPP dari Android

  • Pertama-tama, buka Google Playstore untuk mencari aplikasi PPSSPP – PSP Emulator dan aplikasi ZArchiver atau RAR. Silahkan download dan install kedua aplikasi tersebut.
  • Jika kedua aplikasi tadi sudah terpasang di smartphone, sekarang waktunya untuk mendownload game yang akan dimainkan. Buka browser, lalu masuk ke situs Emuparadise.
  • Silahkan ketik judul game yang ingin kamu download pada kolom pencarian di Emuparadise. Misalnya, kamu ingin mengunduh Dragon Ball Z. Maka, ketikkan Dragon Ball Z di kolom pencarian.
  • Jika sudah menemukan game tersebut, ikuti instruksi untuk mendownload file ISO yang dibutuhkan.
  • Tunggu hingga download selesai. Setelah selesai, kamu akan melihat file terfownload dalam keadaan terkompresi. Silahkan ekstrak tersebut dengan aplikasi ZArchiver atau RAR yang sudah didownload sebelumnya.
  • Buka folder Download dan silahkan ekstrak file yang sudah didownload tadi ke folder tersebut. Caranya adalah kamu perlu centang pada game PSP yang sudah didownload, kemudian klik opsi Ekstrak.
  • Kamu akan melihat banyak pilihan file yang memiliki format berbeda-beda. Cari dan pilihlah file yang memiliki format rar.
  • Selanjutnya kamu akan melihat RAR ISO dari game yang ingin dimainkan itu. Silahkan langsung ekstrak file tersebut.
  • Selesai diekstrak, sekarang bukalah aplikasi PPSSPP. Klik tab Games dan pilih folder Download tempat kamu mengekstrak game yang sudah didownload sebelumnya. Kemudian klik nama folder dari game PSP tersebut.
  • Setelah itu klik file yang berformat ISO. Biasanya file dengan format ISO akan memiliki gambar.
  • Sekarang kamu sudah bisa memainkan game yang diinginkan lewat emulator PPSSPP.
  1. Cara Download Lewat Laptop atau PC

  • Langkah pertama, tentu kamu harus download dan install emulator PPSSPP di Laptop atau PC terlebih dahulu.
  • Kemudian pergilah ke situs untuk mengunduh game PSP, salah satunya adalah CoolRom.
  • Lalu carilah game yang akan kamu unduh, contohnya saja game Grand Theft Auto atau GTA.
  • Ketikkan judul game pada kolom pencarian. Selanjutnya klik link Tautan Pengunduhan Alternatif.
  • Selanjutnya klik opsi Unduh Berkas Anda, dan silahkan tunggu hingga proses mengunduh selesai.
  • Setelah game sudah selesai terunduh, sekarang waktunya kamu ekstrak file dari game tersebut. Caranya, klik kanan pada file, kemudian pilih opsi Extract File.
  • Pilihlah folder tempat kamu ingin menyimpan hasil ekstrak tersebut. Kemudian jalankan proses ekstraknya.
  • Apabila file sudah berhasil diekstrak, silahkan buka aplikasi PPSSPP yang ada di PC. Silahkan buka cari direktori atau folder tempat kamu menyimpan game yang sudah didownload tadi.
  • Contohnya apabila kamu menyimpan file di D:/Game/PSP, maka silahkan pilih disk D:/ kemudian klik pada folder bernama PSP. Di sana kamu akan menemukan file dari game GTA tadi.
  • Jika sudah ditemukan, silahkan klik game tersebut dan game akan bisa kamu mainkan.

Spesifikasi Minimum untuk Menjalankan PPSSPP

Meski aplikasi PPSSPP bisa digunakan di berbagai perangkat, namun bukan berarti semua perangkat yang ada akan bisa menjalankan emulator ini.

Hal itu karena perangkat yang digunakan harus memenuhi spesifikasi minimum yang dibutuhkan. Karena itu, pastikan kamu mengecek spesifikasi smartphone atau komputer yang akan digunakan.

Untuk smartphone Android, spesifikasi minimumnya adalah sebagai berikut:

  • CPU : Quad core 91.7 GHz)
  • RAM : 1 GB
  • OS : KitKat 4.4

Sedangkan untuk komputer, berikut ini adalah spesifikasi minimumnya:

  • CPU : Quad Core
  • GPU : 512 MB
  • RAM : 1 GB
  • OS : Windows 7

Nah, seperti itulah spesifikasi minimum yang dibutuhkan untuk masing-masing perangkat. Jangan lupa untuk memastikan perangkat kamu memiliki spesifikasi yang cocok sebelum mengunduh PPSSPP.

Rekomendasi Situs untuk Mengunduh Game PPSSPP

Download Game PPSSPP

Pada bagian sebelumnya, sudah disebutkan dua situs untuk mengunduh game PPSSPP yaitu Emuparadise dan CoolRom. Akan tetapi, masih banyak situs lainnya yang bisa kamu gunakan untuk mengunduh game PPSSPP.

Apa saja situs-situs tersebut? Berikut ini rekomendasinya:

  1. Free Roms

Free Roms memungkinkan kamu untuk mendownload berbagai macam game PSP dengan mudah dan cepat. Selain itu, tersedia juga game-game untuk Gameboy, nintendo, PSX, dan masih banyak lagi.

  1. PSP FileZ

Rekomendasi situs selanjutnya adalah FileZ. Di sini, kamu dapat menemukan banyak koleksi game dengan berbagai genre mulai dari RPG, action, adventure, survival, dan lain sebagainya.

FileZ juga menyediakan berbagai jenis emulator lainnya selain PPSSPP. Ditambah lagi, ada pula berbagai tips dan trik, serta cara cheat untuk berbagai game di situs ini. Cukup lengkap juga, ya?

  1. PSP Indonesia

Situs terakhir adalah PSP Indonesia. Situs ini memungkinkan pengguna untuk mendownload berbagai macam game PS2 untuk Android tanpa harus melakukan root terlebih dahulu.

Selain game PS2, ada pula game PSP yang terdiri dari berbagai bahasa dan tentunya bisa didownload secara gratis.

Seperti itulah cara download game PPSSPP beserta rekomendasi situs-situs yang bisa digunakan untuk mendownload game. Selamat bernostalgia dengan game-game jaman dahulu, ya.

Baca Juga :

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

eighteen − six =