Dua Cara Membuka WhatsApp di PC atau Laptop, Apa Saja? Simak Caranya di Sini

Cara Membuka WhatsApp di PC atau Laptop

Dua Cara Membuka WhatsApp di PC atau Laptop, Apa Saja? Simak Caranya di Sini – WhatsApp merupakan salah satu aplikasi perpesanan yang yang dimanfaatkan oleh mayoritas pengguna komunikasi yang menggunakan telepon genggam di seluruh dunia. Dengan berjalannya waktu, developer mulai mengembangkan dua cara membuka Whatsapp di PC atau laptop untuk untuk pemanfaatannya lebih baik.

Salah satu alasannya adalah memberikan kemudahan serta kenyamanan bagi para penggunanya. Pasalnya pengembangan teknologi menuntut user WhatsApp untuk mengirimkan berbagai macam dokumen baik dalam bentuk tulisan maupun video dengan cara yang paling cepat.  Salah satunya menggunakan aplikasi tersebut.

Apa Saja Dua Cara Membuka WhatsApp di PC atau Laptop

Kemudahan yang diberikan oleh developer aplikasi perpesanan ini tentu menjadi suatu berita yang menggembirakan.  karena tidak perlu lagi repot menghubungkan telepon genggam dengan TV menggunakan kabel konektor yang bisa jadi tidak cocok satu dengan yang lainnya.

Karenanya, dengan dua cara membuka Whatsapp di PC atau laptop maka dokumen yang dibutuhkan akan langsung terkaitkan menggunakan aplikasi tersebut. Kemudian dengan mudahnya pengirim akan langsung mengirimkannya kepada penerima tanpa perlu membuka aplikasi yang lain. Misalnya menggunakan email.

Menggunakan Fasilitas WhatsApp Web

Yang pertama dari dua cara membuka Whatsapp di PC atau laptop adalah dengan memanfaatkan WhatsApp web yang memang dikembangkan untuk hal tersebut. Agar dapat memanfaatkannya maka Anda perlu memastikan bahwa aplikasi WhatsApp yang akan ditawarkan menggunakan situs ini adalah yang asli.

Sebab yang membuat WhatsApp web tersebut adalah developer aplikasi perpesanan real tidak akan memperbolehkan WhatsApp mod menggunakannya. Bahkan penggunaan aplikasi modifikasi saja merupakan salah satu pelanggan yang akan membuat akun Whatsapp asli Anda ter-banned atau hilang sama sekali.

Agar dapat membuka Whatsapp tersebut menggunakan PC atau laptop maka gunakanlah langkah-langkah berikut ini:

  1. Bukalah Browser yang telah terpasang pada laptop Anda
  2. Kunjungilah situs WhatsApp web
  3. Pilihlah WhatsApp PC menggunakan fasilitas yang tersedia pada WhatsApp WhatsApp web tersebut
  4. Pada layar laptop Anda akan melihat adanya kode  QR
  5. Agar WhatsApp Anda tertawa maka langkah berikutnya adalah memindai kode QR tersebut agar terjadi koneksi antara aplikasi yang terpasang pada telepon genggam dengan laptop.
  6. Urutkan dengan membuka Whatsapp yang telah terpasang pada telepon genggam Anda.
  7. Ketuklah tombol menu yang berupa tiga titik yang ada pada sudut kanan atas layar telepon genggam.
  8. Tekanlah pilihan Perangkat Tertaut.
  9. Selanjutnya anda akan memasuki notifikasi tentang tautkan perangkat. Tekanlah kolom yang berisikan tulisan Tautkan Perangkat.
  10. Lalu Anda akan diminta untuk memindai kode QR yang tadi telah ada pada WhatsApp web. Pindailah kode tersebut.
  11. Setelah selesai melakukannya maka layar pada laptop atau PC Anda akan langsung berubah menyerupai aplikasi perpesanan WhatsApp yang ada pada telepon genggam.
  12. Selesai.

Setelah ini selesai Anda langsung dapat menggunakan WhatsApp seperti biasa kecuali melakukan telepon menggunakan video call

Agar berjalan dengan lancar maka koneksi internet antara keduanya harus aktif. Sebab jika tidak makan bisa jadi pesan yang sudah masuk di WhatsApp yang ada di telepon genggam belum dapat terbaca pada WhatsApp yang ada di layar laptop atau PC yang sudah terpasang.

Mengunduh WhatsApp Desktop

Cara kedua dari dua cara membuka Whatsapp di PC atau laptop adalah dengan mengunduh aplikasinya dari web resmi dan kemudian memasangnya pada perangkat tersebut. Pilihan ini dapat Anda gunakan jika tidak ingin memanfaatkan WhatsApp melalui browser laman tersebut.

Aplikasi WhatsApp desktop ini dapat Anda install pada PC atau laptop yang memiliki sistem operasi Windows atau Mac. Namun,  sebelumnya harus memastikan bahwa perangkat yang akan terpasang memiliki sistem operasi Windows 8.1 apa yang lebih baru.  Jika iOS, maka pilihannya adalah MacOS 10.10 atau yang lebih baru.

Tapi demikian, Anda tetap harus mempunyai aplikasi WhatsApp terinstal pada telepon genggam. Jangan sampai uninstall hanya gara-gara sudah terpasang pada perangkat laptop atau PC. Sebab sekali waktu pun pengguna harus tetap mengakses WhatsApp menggunakan smartphone tersebut.

Lakukanlah cara dibawah ini agar anda dapat menggunakan WhatsApp desktop pada perangkat yang telah dipilih:

  1. Unduhlah Whatsapp-desktop menggunakan browser yang telah terpasang pada laptop Anda melalui Microsoft Store, Apple App Store atau pada laman berikut ini  https://www.whatsapp.com/download
  2. Lalu Anda akan dibawa pada halaman Unduh WhatsApp dan tersedia berbagai macam pilihan. Pilihlah Mac atau PC Windows.
  3. Setelah terinstall, maka akan muncul tampilan kode QR pada layar laptop atau PC
  4. Buka aplikasi WhatsApp yang sudah terinstal pada smartphone Kini saatnya mentah menautkan kedua perangkat tersebut
  5. Bukalah  tanda titik tiga yang berada di pojok kanan atas aplikasi WhatsApp tersebut
  6. Lalu Anda akan melihat pilihan WhatsApp web.
  7. Tekanlah Perangkat Tertaut.
  8. Layar akan menunjukan Tautkan Perangkat. Klik.
  9. Lanjutkan dengan memindai kode QR dengan perangkat telepon genggam tadi.
  10. Jika proses sudah selesai maka layar laptop akan berubah menjadi tampilan Whatsapp seperti yang ada pada perangkat telepon genggam Anda.

Keuntungan Membuka WhatsApp di PC atau Laptop

Jika kebetulan Anda memiliki 2 buah WhatsApp yaitu bisnis dan standar maka tidak akan bisa membukanya dalam satu perangkat laptop yang sama walaupun menggunakan dua aplikasi yang berbeda yaitu WhatsApp desktop dan WhatsApp web.  Jika  ingin membuka satu akun lainnya maka salah satu harus dilepaskan.

Kendati demikian, ada cara lain Jika Anda ingin membuka dua buah WhatsApp tersebut dalam satu perangkat laptop atau PC yang sama. Caranya adalah 2 menggunakan web browser yang berbeda, antara lain Chrome ataupun Mozilla. Salah satu WhatsApp Anda ditawarkan menggunakan 1 browser tersebut.

Jika tidak memiliki 2 browser dalam perangkat laptop atau vPC maka Anda dapat memanfaatkan mode penyamaran atau incognito yang ada pada Browser yang anda miliki. Salah satu dari keduanya ditautkan pada browser yang lain sementara satu lagi di tautkan menggunakan mode incognito atau penyamaran.

Dengan menggunakan WhatsApp yang ada pada laptop atau PC,  maka akan dengan mudah melihat semua obrolan yang biasa dilakukan pada WhatsApp terpasang di telepon genggam. Bahkan kini aplikasi desktop tersebut sudah dilengkapi dengan kemampuan untuk melakukan panggilan suara.

Tentu saja hal itu didukung dengan kemampuan perangkat PC atau laptop anda yang memiliki mikrofon yang berfungsi baik. Setelah semua WhatsApp tertawa maka pekerjaan Anda akan lebih mudah karena tinggal mengetikkan seluruh percakapan yang Anda inginkan pada kolom dialog.

Bahkan Anda pun bisa mengirimkan seluruh dokumen berupa gambar tulisan maupun video yang langsung diambil dari sistem komputer. Sehingga tidak lagi memerlukan kabel konektor yang menghubungkan telepon genggam dengan laptop.

Baca Juga : 14 Cara Mengganti Nomor WhatsApp Tanpa Hapus Akun dan Chat

Jika aktif dan sering menggunakan WhatsApp sebagai aplikasi untuk mengirimkan dokumen atau yang lainnya, maka manfaatkanlah kemudahan ini. Fungsikan lah secara maksimal dua cara membuka Whatsapp di PC atau laptop untuk memenuhi seluruh kebutuhan perpesanan tersebut.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin