Cara Hapus Background Foto Online

Bagaimana cara hapus background foto online tanpa aplikasi?

Pertanyaan demikian memang sering saya jumpai, background memang salah satu komponen yang menjadikan foto terlihat lebih indah, akan tetapi tak jarang pula ada yang ingin menggantinya karena tidak cocok atau dengan alasan yang lain. Solusi yang perlu dilakukan ialah menghapus background.

Umumnya untuk menghapus background pada foto, harus menggunakan bantuan aplikasi editing photo seperti adobe photoshop aplikasi editing lainnya. Lalu bagaimana jika saya tidak memiliki keahlian editing?

Tenang saja karena kabar baiknya, kamu tetap dapat melakukannya meskipun belum mempunyai PC. yakni menggunakan hp android serta tanpa aplikasi tambahan lagi.

Cara Hapus Background Foto Online Tanpa Aplikasi

Ada bebrapa website editing online yang dipakai untuk menghapus background pada foto, umumnya sebagian besar tutorial yang beredar menggunakan layanan situs remove.bg, namun pada tutorial kali ini kami melalui situs yang berbeda.

Cara Hapus Background Foto Online Tanpa Aplikasi slazzer

Ikuti langkah – langkah dibawah ini :

  • Buka aplikasi browser favoritmu, direkomendasikan google Chrome
  • Kunjungi situs penghaps background online di slazzer.com
  • Setelah terbukan klik upload image
  • Pilih gambar yang akan diubah lalu tunggu proses upload
  • Klik Download dan pilih kualitas gambar sesuai dengan yang di inginkan
  • Selesai

Bagaimana cukup mudah bukan? kamu dapat melakukannya tanpa perlu keahlian editing sedikitpun. Sebenarnya situs slazzer.com hampir sama seperti remove.bg namun menurut kami situs ini lebih simple dan prosesnya lebih cepat.

Selain itu kecepatan koneksi internet juga berpengaruh, tetapi jika gambar berukuran dibawah 2 Mb prosesnya biasanya relative lebih cepat.

Oh iya, biasanya kegiatan menghapus background foto sering kali kita lakukan saat ada kebutuhan foto resmi, semisal untuk persyaratan lamaran kerja, foto surat nikah dan lainnya, dan biasanya foto juga berbackground polos dengan warna merah dan biru.

Sedangkan untuk melakukan hal tersebut sebagian orang lebih mempercayakan kepada jasa desain dengan alasan untuk mendapatkan hasil yang maksimal, yah memang tak sepenuhnya salah sih, akan tetapi kamu juga harus tahu, ternyata kamu juga dapat melakukannya sendiri dengan bermodalkan HP Android dan hasilnya juga nggak kalah rapi.

Cara Mengganti Background Foto Polos

Dalam hal ini kamu juga tidak perlu tambahan aplikasi apapun karena akan menggunakan bantuan dari situs penghapus background foto online akan tetapi lebih lengkap dari sebelumnya , yakni remove.bg

Untuk langkah – langkahnya, yuk langsaung saja simak dibawah ini.

  • Kunjungi webite remove.bg melalui browser chrome
  • Klik Upload or Drop a File
  • Pilih gambar yang akan dihapus backgroundnya serta ingin diganti dengan background polos
  • Setelah selesai klik ikon seperti pensil / Edit
  • Setelah itu biasanya akan ada beberapa opsi untuk memilih background, Klik saja TAB Color dan pilih warna background sesuai yang kamu inginkan lalu Download
  • Selesai

Sekarang kamu sudah dapat melakukannya sendiri jika ada kepentingan resmi tanpa bantuan jasa desain, itung – itung menghemat pengeluaran, iya kan!

Wahh asyik nih, nggak perlu lagi belajar editing menggunakan aplikasi komputer yang bisa dibilang ribet banget seperti photoshop dan kawan – kawannya.

Eits tunggu dulu, memang sih kamu sudah dapat melakukan dengan bantuan situs online, akan tetapi perlu disadari, fitur editing di website tersebut biasanya sangat terbatas tidak seperti software editing pada umumnya, seperti photosop, coreldraw dll.

Jadi tetap butuh aplikasi photoshop dong ? Yups, benar sekali kamu harus tetap mempertimbangkan untuk belajar editing menggunakan photoshop, “Wahh sulit kayaknya deh, nggak bakalan mampu

Stop jangan salah dulu, tak ada yang sulit jika memang dipelajari. Memang sih jika pertama kali membuka aplikasi buatan adobe tersebut terkesan sangat sulit apalagi ditambah lagi fitur – fitur kelihatannya njelimet.

Namun sebenarnya tidak seperti yang kamu fikirkan, agar dapat memberi sedikit gambaran buat kamu, yuk kita belajar membuat background foto polos menggunakan photoshop.

Cara Membuat Foto Background Polos di Photoshop

Dalam tutorial kali ini kami akan menggunakan adobe photoshop CS6, jika teman – teman belum menginstall disarankan untuk menginstalnya terlebih dahulu.

Cara Hapus Background Foto Online Tanpa Aplikasi photoshop

Akan tetapi jika sudah terinstall hanya saja versi yang berbeda, teman – teman dapat tetap menggunakannya karena tutorial kali ini sangat mendasar jadi kemungkinan besar caranya tidak jauh beda walaupun berbeda versi.

  • Buka Aplikasi Adobe Photoshop
  • Buka foto Ctrl + O atau bisa juga ke File > Open
  • Setelah terbuka klik Magic eraser tool
  • Klik pada background yang akan dihapus. (Dalam contoh ini mimin menggunakan foto dewi persik, karna emang mimin fans banget sama do’I:P )
  • Setelah background hilang sisa foto, selanjutnya buat dokumen baru dengan cara tekan Ctrl + N sesuaikan ukurannya dan Enter
  • Ubah warna dokumen yang barusan dibuat dengan cara klik Paint Bucket Tool lalu pilih warnanya dan selanjutnya klik dokumen yang dibuat barusan, lihat gambar dibawah ini.
  • Kembali ke foto sebelumnya lalu pindahkan pada lembar yang telah dibuat
  • Save As dan Selesai

Bagaimana menurutmu cukup mudah bukan?

Ingat ini hanyalah tutorial dasar photoshop, untuk belajar lebih mendalam kamu bisa belajar melalui video tutorial yang beredar di internet secara gratis.

Kenapa menggunakan software adobe photoshop?

Jawabannya simple, karena photoshop adalah termasuk salah satu daftar software editing foto terbaik dan disamping itu juga dapat dinikmati secara gratis walaupun ada keterbatasan.

sebenarnya ada banyak aplikasi editing foto lain yang dapat digunakan secara gratis yang tak kalah keren dari adobe photoshop. Penasaran ?

Aplikasi Editing Foto PC Gratis

Berikut Daftar Aplikasi Edit Foto Gratis :

#1. CorelDraw

Siapa sih yang nggak kenal dengan software yang satu ini, Corel adalah software editing yang banyak digandrungi oleh para desainer profesional dan bahkan sangat cocok untuk pemula yang ingin belajar sekalipun. Selain itu corel draw juga dapat digunakan secara gratis walaupun ada beberapa fitur yang dibatasi.

#2. PaintShop Pro

Kedengarannya sih memang cukup asing,  tapi siapa sangka ternyata software tersebut sudah ada sejak 30 tahun yang lalu, menurut Wikipedia PaintShop Pro telah dirilis pada tahun 1990. Tak kalah keren dari adobe photoshop dalam 1 aplikasi ini terdapat banyak fitur yang memungkinkan kamu untuk mendapatkan hasil desain yang maksimal.

#3. PhotoScape

Berbeda dengan kedua software sebelumnya, software yang satu ini memiliki menu yang cukup simple serta ukuran aplikasinya pun cukup ringan, sangat cocok buat laptop atau PC berkapasitas rendah.

Didalamnya terdapat beberapa fitur yang mudah dimengerti seperti menambah text, efek, mengubah ukuran dan menu lainnya.

Akhir Kata

Kegiatan editing foto selama ini memang terkesan membosankan dan sesuatu yang sulit dilakukan. Namun dengan adanya tutorial Cara menghapus background foto online yang kami berikan semoga dapat mengubah presepsi teman – teman.

Semoga bermanfaat danjangan lupa share ya 🙂

Baca Juga : Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk Android dan IOS

5/5 - (456 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

five × 3 =