Ini Dia Cara Mudah Berjualan Di Tokopedia

Cara Mudah Berjualan Di Tokopedia

Ini Dia Cara Mudah Berjualan Di Tokopedia – Tokopedia meruapkan salah satu situs jual beli online yang laris di pasaran. Banyak orang yang senang berbelanja di sana karena banyak memberikan keuntungan. Oleh karena itu, penting mengetahui bagaimana  cara mudah berjualan di tokopedia.

Cara Mudah Berjualan Di Tokopedia

Berjualan online di Tokopedia sangat praktis karena tidak perlu memasarkan produk seperti pada cara jualan konvensional. Hal ini dikarenakan berjualan tidak lagi harus bertatap muka. Seseorang bisa membeli barang tanpa harus pergi ke toko.

Cara Mudah Berjualan Di Tokopedia

8 Cara Mudah Berjualan Di Tokopedia

Bagi yang baru memulai berjualan maka harus tahu cara mudah berjualan di tokopedia. Selain itu, pelajari juga bagaimana cara mendapatkan pelanggan untuk mendongkrak popularitas toko di tokopedia.

Cara Mudah Berjualan di Tokopedia Membuat Akun

Buka website Tokopedia atau menggunakan aplikasi yang bisa diunduh di playstore maupun Appstore. Selanjutnya klik daftar, pendaftaran bisa dilakukan menggunakan akun gmail, facebook maupun nomor handphone.

Cara mudah berjualan di tokopedia yaitu melengkapi kolom identitas diri. Nantinya akan dikirimi kode OTP yang digunakan untuk aktivasi. Akun tokopedia sudah selesai dibuat dan bisa digunakan.

Membuat Branding Toko

Langkah awal dalam mengelola toko di Tokopedia adalah membuat branding. Pastikan brand yang dibuat mudah diingat dan kuat. Artinya, siapa pun yang melihatnya langsung mengenali brand tersebut.

Cara mudah berjualan di tokopedia dengan adanya brand ternama maka jualan akan semakin lancar. Brand di sini meliputi semua merk bisa dalam bentuk logo, kemasan, pewarnaan hingga tipografi.

Memasukkan List Produk

Setelah brand selesai dibuat maka selanjutnya adalah melakukan input list produk. List produk adalah halaman yang berisi semua barang yang akan dijual melalui tokopedia. Oleh karena itu, harus dimasukkan dengan tepat agar mudah ditemukan.

Cara mudah berjualan di tokopedia ada beberapa faktor yang menjadi bahan pertimbangan pembeli apakah akan jadi membeli atau tidak. Faktor tersebut adalah nama produk, foto produk, deskripsi dan harga produk.

Sebaiknya penamaan produk mengikuti rumus jenis atau kategori lalu diikuti nama merek dan keterangan. Dengan demikian, produk di toko akan mudah ditemukan pelanggan.

Selanjutnya cara mudah berjualan di tokopedia perhatikan foto dari produk. Gunakan foto yang sesuai dengan produk aslinya dan minimal gunakan foto yang memperlihatkan bentuknya secara utuh. Adapun latar belakangnya sebaiknya menggunakan warna putih.

Setiap produk yang diunggah ke aplikasi tokopedia sertakan juga deskripsi produknya. Deskripsi yang ditulis selain unik juga harus menarik. Penjual bisa menerapkan teknik SEO yaitu dengan memasukkan kata kunci yang sering digunakan pembeli.

Cara mudah berjualan di tokopedia harus memberikan penawaran harga yang kompetitif. Biasanya harga yang murah memiliki daya tarik tersendiri bagi calon pembeli. Apalagi jika ditambah dengan adanya diskon atau promo tertentu.

Mengupload Produk

Kini di tokopedia terdapat fitur tambahan yang memungkinkan penjual untuk bisa menambahkan foto sekaligus dalam jumlah banyak. Dengan demikian, tidak memakan banyak waktu untuk mengunggah foto satu per satu.

Cara mudah berjualan di Tokopedia adanya fitur tersebut membuat penjual bisa memasarkan banyak produk yang beragam. Pembeli pun dimudahkan untuk membeli banyak produk sekaligus dalam satu toko.

Cara Mudah Berjualan Di Tokopedia Dengan Mengaktifkan Layanan Gratis Ongkir

Cara yang satu ini bisa dijadikan strategi untuk mendapatkan banyak pembeli. Strategi tersebut bisa menguntungkan  bagi pemilik toko apalagi jika mendapatkan banyak banjiran orderan.

Cara mudah berjualan di tokopedia jika melakukan  pembelian minimal Rp 50.000,00 maka tokopedia akan menanggung biaya ongkir Rp 20.000,00. Sedangkan, untuk pengiriman luar pulau biaya ongkir yang ditanggung sebesar Rp 40.000,00.

Transaksi minimal Rp 250.000,00 maka akan mendapat bebas ongkir Rp 50.000,00 untuk antar pulau. Subsidi tersebut telah berlaku mulai dari 1 Februari 2021. Hal ini sangat menguntungkan pemilik toko karena penjualannya bisa semakin meningkat.

Cara mudah berjualan di tokopedia dengan adanya subsidi maka penjualan tidak hanya menjangkau di satu pulau melainkan bisa antar pulau. Alhasil, semakin banyak orang yang akan mengunjungi toko dan melakukan transaksi.

Menghias Toko

Cara menghias toko sangat mudah yaitu bisa memakai fitur dekorasi. Misalnya dengan menambah banner, pilihan produk lebih banyak disertai dengan video dan informasi promo. Tampilan yang bagus bisa menarik pelanggan untuk membeli produk.

Aktif Beriklan

Cara mudah berjualan di tokopedia bisa menggunakan fitur TopAds. Fitur tersebut dapat membantu penggunanya ketika ingin meletakkan produk di hasil pencarian. Selain itu, penjual juga harus memberikan respon yang cepat kepada pelanggan.

Cara Merespon Adanya Pesanan

Langkah pertama yang harus dilakukan saat mendapat pesanan yaitu dengan mengecek notifikasi. Dari sinilah akan terlihat produk yang telah terjual. Selanjutnya, lihatlah stok barang yang tersedia. Segera proses pesanan yang masuk dengan klik terima pesanan.

Cara mudah berjualan di tokopedia barang dikemas dengan rapi sehingga aman selama proses pengiriman. Terakhir silahkan kirim barang melalui ekspedisi yang dipilih pembeli.  Jangan lupa untuk menginput nomor resi sehingga pembeli dapat melacak barang.

 

Tips Berjualan Di Tokopedia

Banyak orang yang ingin sukses berjualan di marketplace, salah satunya di tokopedia. Yuk intip apa saja resep sukses berjualan di tokopedia sehingga bisa meningkatkan penjualan.

Cara Mudah Berjualan Di Tokopedia, Produk Harus Bagus

Cara mudah berjualan di tokopedia harus memperhatikan kualitas baik dari segi layanan maupun produknya. Pembeli tentunya senang dengan produk-produk yang berkualitas. Penjual yang melayani dengan ramah juga lebih disenangi oleh pembeli.

Meningkatkan Popularitas Produk Dan Toko

Pembeli konsumen bisa memberikan penilaian dalam bentuk bintang. Apabila pembeli memberi bintang 5 artinya kualitas pelayanan bagus. Berbeda jika pembeli hanya memberikan bintang 1 maka pelayanan yang diberikan kurang bagus.

Memakai Fitur Official Store

Cara mudah berjualan di tokopedia  sebaiknya penjual menggunakan fitur official store atau power merchant. Tujuannya adalah agar meningkatkan kepercayanan pembeli terhadap pelayanan yang diberikan.

Membagikan Promo Menarik

Pemilik toko bisa langsung memberikan cashback kepada pelanggan. Namun, kupon cashback  ini tidak dibagikan setiap hari dan jumlahnya berbeda-beda setiap promonya. Dengan demikian, akan menarik banyak pelanggan untuk berbelanja.

 

Cara Untuk Retur Barang

Pada beberapa kasus dijumpai pembeli yang ingin mengajukan retur  karena barang yang diterima tidak sesuai dengan harapan. Cara mudah berjualan di tokopedia untuk retur pastikan kesalahan dari pihak penjual.

Apabila kesalahan berasal dari pihak pembeli maka sebagai penjual berhak untuk menolak retur. Tokopedia memfasilitasi dalam hal diskusi retur dan bisa menerbitkan keputusan pada waktu tertentu.

Cara mudah berjualan di tokopedia penjual harus meminta pembeli mengembalikan barang yang akan diretur. Setelah penjual menerima produk lama maka produk baru akan dikirim lagi kepada pembeli.

Pembeli selain meminta produk yang barus juga dapat mengajukan refund. Artinya, pihak tokopedia nantinya akan mengembalikan uang yang sudah dibayar oleh pembeli.

Cara mudah berjualan di tokopedia di atas bisa langsung dipraktekkan. Manfaatkan fitur-fitur menarik yang telah disediakan oleh tokopedia sehingga membuat pelanggan yakin untuk berbelanja.

Baca Juga : Cara Berjualan Online di TikTok Shop

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

two × three =