Inilah Cara Mempercepat Koneksi Internet Wifi, Simple dan Praktis

Cara Mempercepat Koneksi Internet Wifi

Inilah Cara Mempercepat Koneksi Internet Wifi, Simple dan Praktis – Dewasa ini, banyak kegiatan dilakukan menggunakan internet. Untuk mengunjungi banyak website di internet, banyak orang memakai wifi. Namun, terkadang koneksi wifi menjadi lambat karena berbagai faktor. Tentunya hal ini akan merepotkan dan membuat pemakainya tidak sabar, terutama apabila wifi sangat dibutuhkan saat itu juga. Berikut adalah beberapa cara mempercepat koneksi internet wifi:

Inilah Cara Mempercepat Koneksi Internet Wifi, Simple dan Praktis

1. Memindahkan Router ke Tempat Lain

Sinyal wifi dari router dapat terpancar sampai jarak tertentu sehingga bisa digunakan. Namun, sinyal ini dapat terhalang oleh hambatan yang ada di dalam ruangan, misalnya tembok, perabotan, atap, dan sebagainya. Selain itu, posisi router wifi yang terpencil juga menyebabkan sinyalnya sulit menjangkau tempat lain yang lebih jauh. Karena itu posisi router sangatlah penting untuk diperhatikan.

Letakkanlah router di ruangan terbuka yang minim halangan tempat orang-orang biasanya berkumpul untuk menggunakan wifi. Jauhkan wifi dari benda-benda yang dapat mengganggu penyebaran sinyal, seperti telefon dan microwave. Selain itu router juga sebaiknya diletakkan di tempat yang lebih tinggi, misalnya tembok, karena sinyal wifi cenderung menyebar dari tempat tinggi ke rendah.

2. Menetapkan Wireless Security

Kesal karena koneksi wifi menjadi lambat karena dipakai banyak orang yang tidak dikenal? Menetapkan wireless security adalah salah satu cara mempercepat koneksi internet wifi. Peningkatan keamanan wifi penting dilakukan untuk menghalau koneksi berlebihan yang menyebabkan jaringan lambat. Selain itu, hal ini juga bermanfaat untuk melindungi dari serangan hacker.

Cara paling sederhana untuk meningkatkan keamanan adalah dengan menetapkan nama wifi berikut passwordnya yang sulit dipecahkan. Jangan sembarangan memberitahukan password wifi ini ke orang lain agar tidak disalahgunakan. Selain itu, tetapkanlah metode enkripsi WAP2 atau enkripsi AES yang paling aman dan paling ramah terhadap kecepatan wifi.

3. Memutus Koneksi dengan Gawai yang Tidak Digunakan

Bila ada banyak gawai yang terkoneksi dengan wifi, tentu akan membuat jaringannya melambat. Cara mempercepat koneksi internet wifi untuk menanggulangi hal ini adalah dengan memutus koneksi wifi yang terhubung gawai yang tidak digunakan. Pengguna cukup mengganti password wifi lalu login ke wifi tersebut menggunakan wifi yang betul-betul digunakan.

Selain itu, router wifi masa kini mempunyai fitur atau setting canggih yang bisa dimanfaatkan untuk membatasi koneksi gawai dengan wifi. Setting ini biasa disebut dengan Quality of Service (QoS). Melalui QoS, pengguna dapat mengontrol atau menetapkan gawai dan aplikasi mana saja yang penting. Dengan demikian, gawai dan aplikasi tersebut akan diprioritaskan untuk mendapat jaringan wifi.

4. Memperbaiki Antena Router

Cara Mempercepat Koneksi Internet Wifi

Antena router sangat penting sebagai media untuk menyalurkan sinyal wifi. Apabila antena ini rusak, sebaiknya segera diperbaiki agar sinyal dapat memancar dengan lebih lancar. Jika pemilik mempunyai budget lebih dan antena tidak mudah diperbaiki, sebaiknya membeli antena baru yang berfungsi dengan lebih baik. Jenis antena yang bisa dibeli adalah amplified aftermarket dan plug-in range extenders.

Namun, jika pemilik enggan mengeluarkan uang untuk membeli antena router baru, jaringan wifi yang lambat bisa diakali dengan mengatur posisi antena router. Biasanya antena router berada di posisi horizontal dan vertikal. Posisi ini dapat mempengaruhi arah penyebaran sinyal wifi. Karena itu, pengguna dapat mencoba-mencoba mengaturnya agar sinyal wifi dapat terpancar secara optimal.

5. Cara Mempercepat Koneksi Internet Wifi, Memperluas Jaringan Wifi

Cara Mempercepat Koneksi Internet Wifi

Terkadang jaringan wifi masih lambat padahal router sudah diletakkan di ruangan yang terbuka dan bebas dari halangan. Untuk menanggulangi hal tersebut, pengguna perlu memperluas jaringan wifinya. Jaringan dapat diperluas dengan beberapa alat yaitu mesh wifi systems, powerline extender, wired access points, dan wifi boosters. Alat tersebut mempunyai kelebihan dan fungsi masing-masing.

Alat peluas jaringan wifi dapat dipilih dan dipakai sesuai kebutuhan. Booster dapat bermanfaat jika digunakan saat hanya ada satu daerah yang tidak terkena wifi di dalam ruangan. Jika rumah pengguna berukuran luas dan memiliki tampilan yang rumit, mesh systems cocok dipakai agar jaringan wifi mencakup seluruh rumah.

Cara mempercepat koneksi internet wifi penting dilakukan, terutama bagi orang yang kerap menggunakan wifi sehari-hari. Dengan wifi yang lancar, kegiatan yang membutuhkan koneksi internet pun juga dapat berlangsung dengan lancar. Cara-cara di atas dapat diterapkan untuk mencapai tujuan tersebut.

Baca Juga : Aplikasi Mempercepat Wifi

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

four × 2 =