Inilah Cara Mengganti Ikon Aplikasi untuk Smartphone Android dan iOS

Cara Mengganti Ikon Aplikasi

Inilah Cara Mengganti Ikon Aplikasi untuk Smartphone Android dan iOS – Ikon merupakan sesuatu yang bisa mempermudah pengguna smartphone dalam mencari aplikasi maupun game yang ingin dijalankan. Melalui ikon, pengguna tidak perlu lagi membaca judul dari aplikasinya, karena ikon yang dibuat biasanya mewakili nama aplikasi tersebut. Jika sudah bosan dengan ikon dari aplikasi yang ada, ada beberapa cara mengganti ikon aplikasi yang bisa dicoba.

Cara-cara tersebut memungkinkan pengguna smartphone bisa mengganti ikon-ikon aplikasi di smartphone-nya sesuai dengan keinginan kapanpun rasa bosan datang. Selain itu, dengan merubah ikon aplikasi, pengguna dapat melaksanakan personalisasi di home screen smartphone-nya. Berikut adalah panduan dalam mengubah ikon aplikasi, baik pada Android maupun pada iOS. Mengganti ikon disini bahkan dapat dilakukan tanpa root:

Inilah Cara Mengganti Ikon Aplikasi untuk Smartphone Android dan iOS

Cara Mengganti Ikon Aplikasi di Android

Cara Mengganti Ikon Aplikasi

Agar dapat mengubah ikon aplikasi yang ada di smartphone Android, pengguna harus download serta menginstal aplikasi pihak ketiga. Jangan khawatir, karena aplikasi tersebut dapat dicari di Play Store. Berikut cara-caranya:

1. Cari Paket Ikon pada Samsung Galaxy

Apabila Android yang dimiliki bermerk Samsung, pengguna dapat menelusuri ikon gratisan serta menggunakannya dalam mengubah ikon yang lama. Caranya, ketuk serta tahan daerah kosong di home screen lalu klik “Themes”. Selanjutnya, klik “Icons”. Scroll ke bawah agar dapat menyaksikan seluruh ikon. Beberapa dapat dipakai gratis, namun beberapa berbayar.

Klik “Download” ataupun bagian harga kemudian ikuti petunjuknya. Agar dapat mengubah ikon, ketuk lalu tekan daerah kosong pada layar, klik “Themes”, klik “Icons”, kemudian klik “My page”. Selanjutnya, pilih “Icons” pada bagian “My Stuff“, lalu tentukan ikon barunya, kemudian klik “Apply”.

2. Instal Aplikasi Launcher Pihak Ketiga

Cara lainnya adalah dengan menginstal aplikasi launcher pihak ketiga. Ini merupakan aplikasi pengganti layout home screen di Android. Saat menggunakan aplikasi launcher pihak ketiga, umumnya ikon semua aplikasi di smartphone juga akan berubah.

3. Download Paket Ikon yang Diperuntukkan bagi Launcher yang Digunakan

Setelah menginstal aplikasi launcher, telusuri bagian setting guna mencari fitur yang dapat men-download paket ikon. Apabila tidak dapat download paket ikon langsung dari aplikasi launcher, bukalah Play Store lalu inputkan nama launcher diikuti dengan “icon packs“. Lalu jika launcher yang digunakan termasuk yang populer, maka pengguna dapat melihat berbagai pilihan paket ikon gratisan. Hanya saja, akan ada yang berbayar.

4. Apply Paket Ikon di Launcher

Agar dapat menggunakan ikon, ketuk serta tahan daerah kosong di home screen. Lalu ketuk “Customize” maupun “Icons”. Walaupun sebagian besar launcher mempermudah penggunanya dalam mengganti ikon namun pada dasarnya langkahnya akan berbeda bagi semua launcher.

Cara Mengganti Ikon Aplikasi di iOS

Cara Mengganti Ikon Aplikasi

Pengguna iOS dapat mengubah ikon aplikasi tanpa memerlukan aplikasi pihak ketiga. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menyimpan ikon yang akan dipakai di galeri. Lalu, bukalah aplikasi Shortcuts kemudian klik tanda plus. Berikutnya ketuk ‘Add Action’ lalu ketikkan ‘open app’ pada bagian searching. Apabila telah muncul, ketuk aksi ‘Open app’. Ketuk ‘Choose’ lalu pilih aplikasi.

Selanjutnya, ketuk simbol titik tiga lalu ketuk ‘Add to Home Screen’. Tentukan ikon barunya dengan mengetuk ikon papan gambar lalu klik “Choose Photo” agar dapat melihat foto. Pilih foto yang akan digunakan menjadi ikon. Apabila foto belum memiliki dimensi persegi, ikutilah panduan yang muncul pada layar agar dapat memangkasnya.

Demikianlah panduan singkat mengenai cara mengganti ikon aplikasi, baik di Android maupun di iOS. Pada dasarnya, mengubah ikon aplikasi di iOS memang lebih mudah, karena sudah ada aplikasi bawaan yang memfasilitasinya. Pengguna perlu mencari foto sendiri untuk setiap aplikasinya. Pada Android, pengguna harus men-download aplikasi pihak ketiga dan ikon aplikasinya tersedia dalam bentuk sudah terpaket.

Baca Juga : Aplikasi Pengubah Background Foto

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *