Rekomendasi Aplikasi Edit Video

Rekomendasi Aplikasi Edit Video

7 Rekomendasi Aplikasi Edit Video PC Ringan – Mengedit video merupakan aktivitas yang menyenangkan, namun juga memerlukan kreativitas tinggi untuk mendapatkan hasil sempurna. Untuk dapat melakukannya, tentu membutuhkan sebuah aplikasi dengan berbagai fitur bawaan. Kali ini kami akan membagikan beberapa aplikasi edit video PC ringan yang akan sangat berguna jika dipakai di komputer yang mempunyai spesifikasi rendah.

Biasanya orang yang mengedit video mempunyai jenis pekerjaan tertentu, misalkan di perkantoran yang membutuhkan presentasi, seseorang yang ingin mengabadikan kenangan, atau bahkan konten kreator media sosial. Ada juga beberapa orang yang menjadikan kegiatan video editing sebagai hobi.

Aplikasi Edit Video PC Ringan Terbaik

Rekomendasi Aplikasi Edit Video

Mengedit bisa diartikan dengan mengurangi atau memotong tangkapan video yang tidak penting, bisa juga menambah beberapa efek agar video terlihat lebih menarik dan layak ditonton.

1. Rekomendasi Aplikasi Edit Video, Shotcut

Aplikasi edit video yang pertama adalah Shotcut, tampilan yang sederhana dan user friendly menjadi daya tarik tersendiri bagi pemula. Kalian dapat melakukan editing dengan format video, suara dan audio. Kalian dapat menyesuaikan beberapa hal untuk mendapat hasil yang sempurna, seperti mengatur warna dan menyesuaikan audio dengan video. Jika ingin menggunakan aplikasi ini, kalian setidaknya membutuhkan memori 4GB dan VGA 1GB.

2. Adobe Premiere Pro

Tidak bisa diragukan lagi, Adobe adalah salah satu perusahaan vendor software yang mempunyai produk unggulan. Adobe Premiere Pro sangat cocok digunakan untuk professional dalam melakukan editing video. Fitur yang lengkap dan sudah dipakai oleh beberapa konten kreator youtube ternama. Spesifikasi komputer yang diperlukan juga terbilang tidak harus bagus, kalian hanya membutuhkan minimal RAM 2GB dan VGA 1GB untuk dapat menggunakannya.

3. Cyberlink PowerDirector

Fitur unggulan dari produk Cyberlink ini adalah Express Projects yang memungkinkan kalian melakukan video editing secara otomatis. Jadi, bisa dikatakan bahwa Cyberlink termasuk dalam aplikasi edit video pc ringan dan mudah digunakan. Namun tentu saja mungkin ada beberapa yang tidak sesuai dengan keinginan.

4. Blender

Bukan alat untuk memasak tentunya, namun blender adalah salah satu aplikasi video terbaik yang bisa kalian gunakan untuk memotong, menggabungkan dan menyamarkan video. Kelebihan utama dari aplikasi yang satu ini adalah tanpa harus melakukan instalasi dulu, alias portable. Setidaknya kalian harus memiliki 4 GB RAM dan 1 GB VGA pada PC yang kalian pakai.

5. Rekomendasi Aplikasi Edit Video, Hitfilm Express

Aplikasi ini sangat cocok bagi konten kreator, terutama youtuber, karena ada fitur khusus yang tidak dimiliki oleh video editor lain. Fitur yang dimaksud adalah “upload” yang memungkinkan kalian untuk mengunggah hasil video langsung dari sana.

6. Lightworks

Edit video dengan software Lightworks sudah mulai banyak dilakukan oleh sebagian besar konten kreator. Fitur yang lengkap seperti menambahkan efek, membuat grading dan juga VFX menjadi nilai plus tersendiri. Apalagi kalian tidak membutuhkan spec PC yang tinggi untuk dapat menggunakannya, memory 2 GB dan VGA 512 MB sudah bisa menjalankan aplikasi ini.

7. Openshot

Bagi kalian yang sudah lama berkecimpung dalam dunia video editing, Openshot mungkin tidak asing kalian dengar namanya. Aplikasi ini sempat menjadi pemenang award dalam kategori video editor gratis terbaik. Tidak heran, karena kalian akan menemukan banyak fitur menarik di dalamnya, seperti sudah terintegrasi dengan desktop sehingga sangat mudah digunakan, unlimited track dan layers, efek animasi 3D dan masih banyak lagi.

Kesimpulan

Dari beberapa software diatas, kita dapat mengambil kesimpulan, bahwa saat ini sudah banyak yang menyediakannya dan dapat digunakan gratis. Bahkan beberapa  aplikasi edit video PC ringan diatas hanya membutuhkan spec komputer rendah.

Baca Juga : Aplikasi Baca Novel Terbaik.

5/5 - (33 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

2 × two =