Kesalahan Saat Mengecas HP

Kesalahan Saat Mengecas HP

Kesalahan Saat Mengecas HP – Tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan smartphone Android, pasalnya perangkat mungil yang satu ini memang sangatlah populer di seluruh dunia. Bahkan tidak bisa dipungkiri lagi bahwa smartphone bersistem operasi Android telah menjadi bagian yang tidak bisa terpisahkan dari kehidupan masyarakat di jaman modern ini, pasalnya perangkat mungil tersebut telah bisa Anda gunakan untuk melakukan berbagai macam hal yang sangat beragam mulai dari hiburan hingga untuk urusan bisnis.

Namun beragam fungsi yang bisa dilakukan oleh smartphone tersebut tentu saja akan membuat baterainya cepat habis sehingga Anda harus sering mengecas atau mengisi ulang daya baterainya. Terlebih lagi saat ini ada semakin banyak smartphone yang telah dibekali dengan spesifikasi canggih seperti layar beresolusi tinggi, prosesor canggih, dan lainnya yang akan semakin menguras daya baterai. Meskipun terlihat simpel, namun ternyata mengecas HP tidak boleh dilakukan secara asal – asalan, berikut ini beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan saat mengecas HP.

Kesalahan Saat Mengecas HP

Kesalahan Saat Mengecas HP

1. Kesalahan Saat Mengecas Hp yang Pertama, Mengecas Handphone dari 0 Persen

Salah satu kesalahan umum yang sangat sering dilakukan oleh sebagian besar pengguna handphone adalah membiarkan perangkatnya kehabisan baterai terlebih dahulu baru mengecasnya. Padahal perlu Anda ketahui bahwa membiarkan baterai Anda hingga 0 persen akan memperpendek umur pemakaiannya, pengisian yang dianjurkan adalah pada saat daya baterai minimal 20 persen.

2. Melakukan Pengecesan di Suhu Ekstrem

Kesalahan berikutnya yang juga sangat umum dilakukan oleh para pengguna handphone adalah melakukan pengecesan di suhu ekstrem, pasalnya hal ini akan bisa merusak baterai handphone. Perlu Anda ketahui bahwa baterai berjenis lithium ion tidak baik berada di suhu yang terlalu panas ataupun terlalu dingin sehingga Anda tidak boleh mengecas di tempat yang terlalu dingin ataupun di bawah sinar matahari langsung.

3. Tidak Menggunakan Charger Original

Tentunya Anda pernah mendengar anjuran untuk melalukan pengecesan menggunakan charger bawaan yang original, namun sayangnya anjuran ini sering diabaikan oleh para pengguna handphone. Padahal perlu Anda ketahui bahwa mengecas handphone menggunakan charger palsu yang beredar di pasaran akan bisa memperpendek usia pemakaian baterai.

4. Menggunakan Handphone Saat Dicas

Kesalahan umum yang juga masih banyak dilakukan oleh para pengguna handphone adalah menggunakan handphone pada saat dicas. Hal yang satu ini sebenarnya tidak akan merusak handphone, hanya saja Anda akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk melakukan pengisian daya baterai jika Anda tetap menggunakannya, alangkah baiknya jika Anda mematikan handphone yang sedang dicas.

5. Kesalahan Saat Mengecas HP Terakhir, Mengecas Handphone Baru Hingga 100 Persen

Masih banyak orang yang memiliki anggapan bahwa handphone yang baru dibeli harus dicas hingga 100 persen terlebih dahulu sebelum digunakan, hal ini benar adanya jika handphone masih menggunakan baterai nikel. Namun saat ini hampir semua handphone telah menggunakan baterai lithium ion yang mana akan bisa langsung Anda gunakan setelah melakukan pembelian.

Mengecas handphone sering dianggap sebagai hal yang sepele, padahal ada beberapa kesalahan yang harus Anda hindari agar tidak merusak baterai.

Baca Juga : Pertolongan Android Mengalami Hardbrick.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *