Kirim File Besar Lewat WA

Intip-Cara-Kirim-File-Besar-Lewat-WA-Di-Sini

Cara Kirim File Besar Lewat WA – WhatsApp atau WA merupakan aplikasi berkirim pesan yang tersedia di smartphone. Berbeda dengan SMS, aplikasi WA tanpa pulsa melainkan menggunakan paket data dari internet. Melalui WA kita dapat bertukar pesan kabar layaknya SMS, video, foto hingga dokumen. Pengoperasian aplikasi ini pun mudah dan praktis, tak heran jika WA menjadi salah satu aplikasi yang wajib ada di setiap smartphone.

Kendati demikian, WA memiliki keterbatasan, yaitu terdapat pembatasan ketika mengirim file berukuran besar. WA hanya membatasi maksimal 100MB untuk dokumen dan foto,  sedang untuk rekaman video batas maksimal adalah 16 MB. Apabila, pengguna  ingin mengirimkan file yang berukuran lebih besar daripada itu maka akan muncul peringatan error.

Tentu saja, hal ini cukup meresahkan penggunanya. Lantas bagaimana trik agar Kamu tetap bisa mengirimkan file berukuran besar melalui WA?

Nah, intip cara kirim file besar lewat WA berikut ini, yuk!

4 Cara Kirim File Besar Lewat WA

Perlu Kamu ketahui, bahwa pengembang aplikasi WhatsApp memang memberikan batasan pada ukuran maksimal file. Kamu hanya dapat mengirim video melalui WA tidak lebih dari 16 MB atau  berdurasi maksimal 3 menit saja.

Nah, jika ingin mengirimkan video dengan durasi yang lebih panjang, biasanya Kamu harus merekam dari aplikasi lain dengan resolusi yang lebih rendah. Lalu menggunakan fitur lampiran yang terdapat di dalam chat sebelum mengirimkan kepada kontak Kamu.

Begitu juga untuk pengiriman dokumen/ foto maksimum 100 MB. Kamu juga membutuhkan pihak ketiga. Tapi tenang saja, di sini kami akan membagi trik / cara mengirim file besar lewat WA. Apa saja itu?

Unggah File Ke Google Drive

Intip-Cara-Kirim-File-Besar-Lewat-WA-Di-Sini-Upload-Google-Drive

Trik mengirim pesan berukuran besar melalui WA yang pertama adalah menggunakan pihak ketiga seperti Google Drive. Kamu harus mengunggah file terlebih dahulu ke google drive, selanjutnya salin link dan bagikan kepada orang lain.

Berikut langkah-langkah mengunggah file ke google drive :

  1. Coba buka Google Drive terlebih dahulu. Silakan klik tombol / ikon “+” yang terletak di pojok kanan bawah.
  2. Nah, selanjutnya pilih menu “Upload” atau unggah file.
  3. Jika Kamu berhasil mengunggahnya, silakan klik ikon “titik tiga”, maka akan muncul beberapa menu.
  4. Perlu Kamu ketahui, untuk mengirim file berukuran besar menggunakan google drive ada 2 cara, yaitu  “copy link” atau  “share”. Sesuaikan saja dengan kebutuhan.
    • Memilih Menu Copy Link / salin link

Setelah Kamu berhasil mengunggah file, silakan klik “copy link”. Selanjutnya,  Kamu bisa membuka aplikasi WA dan memilih kontak penerima file. Tempelkan link yang telah Kamu salin sebelumnya, kemudian kirim.

Setelah terkirim, maka penerima link tersebut dapat mengakses file secara otomatis ke Google Drive  Kamu.

    • Memilih Menu Share

Nah, apabila Kamu memilih menu “share” maka atur terlebih dahulu siapa saja yang dapat mengakses link. Ubah menjadi “anyone with the link” dan salin link tersebut.

Selanjutnya, Kamu bisa membagi link tersebut kepada penerima melalui aplikasi WA. Maka siapa saja yang mempunyai salinan link dapat mengakses pesan tersebut.

Mengompres Ukuran File

 Intip-Cara-Kirim-File-Besar-Lewat-WA-Di-Sini-Compress-file

Cara yang kedua untuk mengirim file berukuran besar melalui WA adalah dengan mengompres ukuran filenya. Kamu bisa mengunduh salah satu aplikasi compress file dari Play Store atau menggunakan browser.

Tapi kali ini, kami akan membagi langkah-langkah mengompres file lewat browser, ya!

  1. Buka browser terlebih dahulu,  lalu ketik “compress file” pada kolom pencarian. Maka akan muncul beberapa rekomendasi  aplikasi yang bisa Kamu pakai secara online.
  2. Salah satu aplikasi yang bisa Kamu pilih adalah “Compress PDF” . Kemudian klik aplikasi tersebut.
  3. Maka akan terlihat perintah untuk memilih file. Klik “pilih file / choose file”.  Dan secara otomatis akan mengarahkan untuk mencari file yang hendak Kamu kompres ukurannya.
  4. Selanjutnya, klik “open”. Maka akan muncul pilihan ukuran file pada akhir proses, yaitu  “basic compression” atau “strong compression” .

Bedanya terletak pada ukuran file dan kualitas hasilnya. Jika menginginkan ukuran file terkecil, silakan pilih strong compression namun berbayar.

Jika Kamu menginginkan yang gratis, silakan memilih basic compression dengan ukuran file sedang. Setelah itu, file akan otomatis terkompres. Tunggu beberapa saat hingga proses kompresi selesai. Selanjutnya unduh file tersebut dan kirim melalui WA.

Begitulah cara mudah mengompres file menggunakan “Compress File”,  meskipun aplikasi ini masih mempunyai kekurangan. Yup, aplikasi ini belum dapat Kamu gunakan untuk mengirim video. Sehingga, jika Kamu ingin kompres ukuran video, maka bisa menggunakan aplikasi “video compressor”. Untuk aplikasi “Video Compressor” Kamu harus mengunduh terlebih dahulu di PlayStore. Kurang lebih caranya sama dengan di atas.

Unggah Video Melalui Youtube

 Intip-Cara-Kirim-File-Besar-Lewat-WA-Di-Sini-Upload-youtube

Lantas bagaimana cara jika ingin mengirim video yang berukuran lebih dari 16MB. Nah, solusinya adalah dengan menggunakan Youtube.

Tapi sebelumnya, Kamu harus pastikan sudah mempunyai akun youtube, ya!.

Langkah kesatu : Unggah video ke kanal Youtube

Ketik icon kamera yang berada di bagian atas, lalu pilih video Kamu.  Jangan pula isi keterangan lengkap pada bagian judul, deskripsi dan privasi sebelum mengunggahnya, lalu klik “ upload”.

Langkah kedua : share dan copy link video

Setelah Kamu berhasil mengunggah video ke kanal youtube, klik titik tiga dan pilih share. Lalu klik “ copy link” dan kirim pada penerima yang terdapat di kontak WA kamu.

Masuk Ke Aplikasi WA dan Menggunakan Attach Document

Tips lain untuk mengirim file besar lewat WA adalah langsung masuk ke aplikasi WA dan pilih kontak penerima. Nah, cara ini lebih mudah karena Kamu tidak memerlukan aplikasi tambahan ataupun mengunggah file di tempat lain.

Ikuti langkah berikut ini :

  1. Buka aplikasi WA, dan pilih kontak yang akan kamu bagikan file tersebut.
  2. Kemudian klik ikon “attachment” di samping ikon camera.
  3. Setelah itu klik galeri dan pilih file video mana yang akan kirim
  4. Tanpa menunggu selesai, Kamu sudah bisa langsung klik “kirim”
  5. Ada dua hasil akhir dari video yang akan terkirim, di mana dapat terkirim tanpa terpotong atau terpotong. Jika terpotong, maka Kamu harus mengirim sisa video tersebut atau mengirim menjadi beberapa bagian.

Baca Juga: Cara Melihat Hasil Google Form

Kesimpulan

Nah, itulah tadi beberapa cara mengirim file besar lewat WA yang dapat Kamu coba. Untuk Kamu yang ingin praktis tanpa ribet link atau aplikasi tambahan, mengirim file lewat Attach document kami rasa sudah cukup. Apalagi jika ukuran file masih di bawah 1 GB.

Namun jika Kamu ingin menghemat memori internal ponsel, sebaiknya menggunakan Google drive atau Youtube saja, sebab mengompres file juga mempunyai sisi negatif. Karena kebanyakan file yang dikompres kualitas gambarnya menjadi jelek.

Semoga informasi tentang cara kirim file besar lewat WA di atas dapat bermanfaat dan mempermudah pekerjaanmu, ya! Selamat mencoba.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

eleven + eleven =