Ketahui Cara Menghilangkan Suara Bising di Video dengan 5 Aplikasi Ini

Cara Menghilangkan Suara Bising di Video

Ketahui Cara Menghilangkan Suara Bising di Video dengan 5 Aplikasi Ini – Beragam gangguan yang biasa terjadi ketika sedang melakukan pengambilan suatu video. Tak jarang gangguan tersebut menghambat kegiatan serta menyita waktu, seperti suara bising yang tak diharapkan. Tentunya diperlukan cara menghilangkan suara bising di video untuk hasil akhir sesuai dengan yang diinginkan.

Terdapat banyak aplikasi Android maupun software untuk PC yang dapat digunakan untuk melakukan penyuntingan pada video. Mulai dari aplikasi yang direkomendasikan bagi pemula yang baru belajar editing video, hingga aplikasi untuk profesional. Berikut beberapa rekomendasi aplikasi serta cara untuk menghilangkan suara bising pada video, diantaranya:

Ketahui Cara Menghilangkan Suara Bising di Video dengan 5 Aplikasi Ini

1. Gunakan Adobe Premiere

Cara Menghilangkan Suara Bising di Video

Adobe Premiere banyak digunakan oleh pengguna yang sudah biasa melakukan editing video, termasuk cara menghilangkan suara bising di video yang mengganggu kualitas video. Fitur yang disediakan oleh Adobe Premiere ini bisa dikatakan lengkap untuk membantu editing video.

Pengguna harus melakukan import pada file yang terdapat noise pada videonya.  Kemudian pilih menu effect, lalu pilih lagi audio effect, selanjutnya pilih Noise Reduction/Restoration. Setelah itu, pengguna bisa melakukan drag and drop efek DeNoise pada timeline video yang disunting.

Lalu, pengguna bisa memilih kembali menu Effect Controls, pengguna bisa mencari sub menu fx DeNoise untuk selanjutnya membuka pilihan Edit. Sentuhan untuk hasil akhirnya, pengguna harus menyusun Amount dan Gain yang sesuai dengan keperluan.

2. Lakukan Editing Pada Filmora

Cara Menghilangkan Suara Bising di Video

Pengguna perlu melakukan double klik pada Audio di Timeline dan selanjutnya akan tampil tab baru pada monitor. Kemudian, pengguna bisa memilih Tab Audio untuk dapat melakukan centang pada kotak Remove Background Noise. Lalu tarik atau geser hingga Mid dan klik Ok.

Cara tersebut dilakukan untuk tingkat noise yang tidak terlalu banyak atau parah. Apabila setelah disunting masih terdapat noise yang mengganggu, bisa dilanjutkan editing lainnya. Pengguna bisa melakukan pengaturan pada equalizer, untuk setting pada equalizer yang perlu dilakukan secara perlahan, hingga suara bising yang mengganggu dapat dihilangkan.

3. Cara Menghilangkan Suara Bising di Video, Gunakan Noise Reducer

Cara Menghilangkan Suara Bising di Video

Pengguna perlu melakukan import berkas video yang akan disunting pada aplikasi Noise Reducer yang telah diunduh. Kemudian tunggu hingga proses denoising pada aplikasi selesai. Lalu video yang disunting akan muncul dan dapat dilakukan testing dengan cara menekan tombol Play Noiseless.

Apabila hasilnya seperti yang diharapkan, pengguna dapat menyimpan serta melakukan export berkas. Hal ini bisa dilakukan dengan klik menu Save As dan simpan berkas sesuai dengan format yang dipilih.

4. Lakukan Editing Melalui Lexis Audio Editor

Aplikasi yang tersedia bagi pengguna Android ini dapat membantu untuk menghilangkan suara bising pada video. Install terlebih dahulu aplikasi Lexis Audio Editor di Google Play Store, kemudian buka aplikasi. Kemudian klik menu Open untuk membuka file video yang akan disunting.

Setelah itu, tekan tombol dengan warna hijau untuk play dan tombol dengan warna abu-abu untuk stop pada video yang akan dihilangkan bagian noise. Klik simbol titik tiga yang terletak di pojok bagian kanan atas, lalu pilih menu Effects. Cari dan pilih fitur Noise reduction, pakai pengaturan default, setelah itu klik tombol Apply yang tersedia.

Pengguna juga bisa mengatur sesuai dengan kebutuhan dan selera pribadi, serta bisa melakukan testing terlebih dahulu dengan klik pilihan play. Ketika noise dihilangkan, pengguna harus meningkatkan suara karena hasil dari noise reduction. Kegiatan ini bisa dengan cara mengatur Equalizer/Amplifier dan tata pre amplifier, lalu klik Apply.

5. Cara Menghilangkan Suara Bising di Video, Gunakan Audacity

Apabila aplikasi telah diunduh di PC, pengguna bisa membuka berkas video yang telah dipilih. Kemudian pilih sampel noise profil, lalu pilih menu Effect dan pilih Noise Reduction, kemudian pilih lagi Get Noise Profil.

Selanjutnya, tekan tombol kombinasi Ctrl+A untuk memilih semua audio yang ada, lalu pilih menu Effect dan Noise Reduction, atur sesuai dengan kebutuhan. Setelah langkah-langkah tersebut dilakukan, proses editing telah selesai, pengguna bisa menyimpan hasilnya.

Menggunakan bantuan berbagai aplikasi dapat mempermudah cara menghilangkan suara bising di video dan menjadikan hasilnya lebih baik lagi. Aplikasi yang tersedia bisa dijalankan oleh  pemula maupun profesional, serta dapat menjadi rekomendasi siapa pun. Hasil video yang sudah diedit menjadi semakin apik tanpa suara bising yang mengganggu kualitas suara dari video.

Baca Juga : Hasilkan Kualitas Suara Seperti Profesional dengan Aplikasi Equalizer Terbaik Ini

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

eighteen + 11 =